Rekomendasi Ide Usaha Sampingan yang Mudah Berdasarkan Hobi dan Minat

Beranda ยป Rekomendasi Ide Usaha Sampingan yang Mudah Berdasarkan Hobi dan Minat

Sudah punya pekerjaan tetap, tapi masih mencari ide usaha sampingan? Pernahkah berpikir demikian? Memiliki usaha sampingan di luar pekerjaan utama bukanlah hal tabu. Apalagi, jika usaha sampingan tersebut menghasilkan dan bermanfaat untuk sekitar. Siapa pun pasti mau, bukan?

Alasan harus memiliki ide usaha sampingan

Jika ditelaah lebih jauh, ada beberapa alasan yang membuat seseorang memiliki ide usaha sampingannya sendiri. Berikut ini beberapa alasannya.

Menambah penghasilan

Boleh dibilang, alasan ini adalah faktor utama. Memiliki usaha sampingan berarti menambah penghasilan. Seiring bertambahnya kebutuhan, tentu alasan ini sangat logis. Apalagi, jika memiliki banyak tanggungan, maka mencari ide usaha sampingan yang tepat bisa menjadi solusi.

Ada tujuan jangka panjang

Misalnya ingin resign dari pekerjaan utama saat ini. Maka untuk mempersiapkan hal itu bisa memulai dengan memiliki usaha sampingan terlebih dahulu. Siapa tahu, kedepannya akan berubah menjadi sumber penghasilan utama.

Mengisi waktu luang

Meski memiliki banyak aktivitas, namun masih punya waktu kosong. Kenapa tidak menggunakannya untuk mencari penghasilan tambahan? Banyak juga lho orang yang memulai usahanya dari sekedar mengisi waktu luang. Jika dilakukan dengan serius, kedepannya usaha tersebut bisa terus berkembang. Bahkan bisa saja mengalahkan sumber pendapatan utama.

Sarana mengekspresikan diri

Memang tidak semua orang memiliki pekerjaan sampingan hanya untuk menambah penghasilan. Alasan ingin mengekspresikan diri juga bisa. Misalnya, di pekerjaan utama tidak bisa menyampaikan ide-idenya, maka melalui usaha sampingan ia bisa menuangkan semua ide terpendamnya.

Persiapan masa tua

Masa pensiun tentu menjadi masa yang berat. Untuk meminimalisir persoalan keuangan, maka bisa mempersiapkannya dengan memiliki usaha sampingan.

Ide usaha sampingan sesuai hobi dan minat

Dari mana saja ide usaha sampingan bisa didapat? Jawabannya dari mana saja. Bisa dari hal yang disukai atau dari hal yang kuasai. Biasanya ide usaha sampingan tak jauh-jauh dari dua hal tersebut.

Berikut ini beberapa ide usaha sampingan yang bisa dipilih sesuai dengan hobi dan minat yang disukai.

Penulis/blogger

Inti dari kegiatan ini adalah menghasilkan tulisan entah itu berupa buku fisik, buku digital, script skenario, tulisan di blog, tulisan di web pihak lain (kontributor), atau bahkan tulisan yang sifatnya review.

Penerjemah

Menguasai lebih dari satu bahasa? Kenapa tidak mencoba jadi penerjemah? Tidak hanya buku yang bisa dialih bahasakan, namu dokumen, subtitle film/serial drama, apa pun itu bisa.

Editor

Suka bidang literasi, tapi tak terlalu suka menulis dan lebih suka mengoreksi tulisan orang lain? Mungkin menjadi editor adalah pilihan yang tepat.

Guru les baik online maupun offline

Menyukai bidang pendidikan? Bisa kok menjadi guru! Misalnya, mengajar bahasa Inggris secara privat di hari libur atau mengajar online setiap malam sepulang kerja. Alih-alih menjadi beban, justru bisa menjadi sarana memperlancar kemampuan bahasa.

Menjual makanan

Makanan adalah salah satu kebutuhan primer. Untuk itu, bisnis kuliner akan selalu dibutuhkan. Tinggal sesuaikan saja dengan segmen dan yang sedang trend saat ini. Mulailah dengan makanan yang sering dibuat, misalnya mie ayam, bakso atau nasi goreng. Jika memiliki kemampuan membuat kue atau bakery, maka bisa membuka toko kue dan roti.

Laundry

Untuk awalan, bisa menggunakan mesin cuci di rumah. Konsumen pun tak perlu yang jauh-jauh, bisa menawarkan teman-teman kerja. Jika sudah banyak permintaan, maka bisa meng-hire satu atau dua orang untuk mengerjakannya.

Cuci kendaraan

Apa salahnya memanfaatkan garasi yang nganggur agar produktif? Di awal, tidak perlu kendaraan roda empat. Cukup memulai dengan jasa mencuci kendaraan roda dua terlebih dahulu.

Desain interior

Untuk yang satu ini cocok bagi yang memiliki hobi dan akademis di bidang interior. Tugasnya adalah membuat desain sesuai keinginan orangnya. Desain tersebut memuat dena dan gambar rumah impian mereka.

Ilustrator dan desain

Tak hanya bisa menjadi ilustrator buku fisik, jika memiliki bakat menggambar atau ilustrasi bisa juga kok menjadi ilustrator, membuat desain, logo, bahkan buku-buku digital. Lagi-lagi, tidak semua orang bisa melakukannya. Orang tersebut harus memiliki bakat menggambar dan kemampuan menggunakan perangkat software desain.

Jasa menjahit

Senang jahit-menjahit? Mungkin memiliki bisnis sampingan yang berkaitan dengan itu bisa menjadi pilihan. Untuk konsumen awal, bisa menawarkannya kepada orang-orang terdekat, misalnya saudara yang anaknya hendak masuk sekolah. Biasanya, mereka pasti butuh jasa jahit seragam, bukan?

Salon

Ide usaha sampingan lain yang berhubungan dengan dunia wanita adalah salon. Jika memiliki ketertarikan di bidang ini, maka bisa membuka salon. Entah itu hanya untuk potong rambut atau salon kecantikan.

Makelar

Tugasnya hanya memasarkan barang atau jasa kepada orang lain. Misalnya, menjadi makelar tanah, maka tugasnya adalah menawarkan tanah yang dijual klien ke orang lain. Nantinya, mereka akan mendapat komisi sebagaimana yang sudah disepakati.

MC

Jika suka berbicara di depan umum, mungkin menjadi MC bisa dicoba. Mulailah dari hal terdekat, misalnya dengan menawarkan diri menjadi host acara atau kegiatan kecil yang diselenggarakan oleh orang-orang terdekat. Percayalah, dengan melakukannya secara rutin dan terus menerus, maka kemampuan public speaking akan terus berkembang.

Reseller

Tugasnya adalah menghubungkan produsen dengan konsumen. Untuk memulainya bisa menyetok barang terlebih dulu sebelum menawarkannya ke konsumen. Atau bisa juga mengumpulkan konsumen yang tertarik dengan barang yang jual, barulah kemudian membelinya ke produsen.

Jastip

Jika hobi traveling, mungkin jastip cocok dicoba. Tidak perlu takut uang habis karena jalan-jalan. Justru dengan usaha ini bisa malah bisa mendapatkan uang.

Menjual pakaian bekas

Daripada pakaian terus menumpuk, kenapa tidak dijual saja sebagian. Tentu saja karena sudah pernah dipakai, harga jualnya turun. Tapi jika masih bagus dan bermerk, maka bisa dijual tinggi dan mendapat untung kok.

Menjual mainan atau action figure

Tidak hanya anak-anak yang hobi membeli mainan. Orang dewasa pun banyak yang menyukainya. Jika tertarik atau memiliki hobi mengoleksi mainan, mungkin bisnis ini bisa dipilih. Akan lebih bagus jika memiliki pengetahuan dan pemahaman pada mainan tersebut. Karena ada beberapa mainan yang tergolong langka dan bisa terjual dengan harga cukup mahal.

Bagaimana? mencari ide usaha sampingan sesuai hobi dan minat itu tidak terlalu sulit, bukan? Yang terpenting adalah mau dan serius merealisasikannya. Jadi ide mana yang paling cocok dan menarik untuk dicoba?

Scroll to Top