Home » Pelajaran » Geografi » Gurun Sahara, Gurun Terbesar di Afrika

Gurun Sahara, Gurun Terbesar di Afrika

gurun sahara gurun terbesar di afrika 4540 1

Gurun terluas di Afrika adalah? Dalam istilah geografi, gurun adalah area yang menerima sedikit curah hujan atau kurang dari 250 mm per tahun. Sepertiga wilayah bumi sendiri adalah gurun.

Gurun dianggap tidak layak huni karena kecil kemungkinan lingkungan di daerah tersebut mendukung kehidupan makhluk. Berbicara mengenai gurun, ternyata ada lho gurun terluas di Afrika. Nama gurun tersebut adalah gurun Sahara.

Baca juga: Keberadaan Gurun Di Australia Terjadi Karena?

Gurun Sahara, gurun terluas di Afrika

Salah satu nama gurun yang cukup dikenal adalah gurun Sahara. Gurun yang terletak di benua Afrika ini merupakan salah satu gurun terbesar di dunia. Jika dilihat melalui gambar, Gurun Sahara terlihat indah tetapi sangat panas.

Gurun Sahara terletak di Afrika Utara yang membentang dari Senegal di barat hingga ke Kenya di timur. Oleh karena itu, gurun Sahara memiliki luas 1,9 juta km². Tidak semua daerah di Gurun Sahara adalah pasir. Karena, hanya seperlima dari Gurun Sahara yang dipenuhi dengan pasir dan sisanya adalah pegunungan, dataran tinggi berbatu, dan lembah berdebu.

Uniknya, dulu kondisi gurun ini tidak seperti sekarang dan masih ada hewan dan kehidupan di sana. Karena, 5.000 tahun yang lalu iklim di Afrika Utara dikenal lebih lembab daripada saat ini.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai gurun Sahara, gurun terbesar di benua Afrika bahkan dunia.