Home » Uncategorized » Fungsi Xilem dan Floem pada Tumbuhan, Apa Saja Itu?

Fungsi Xilem dan Floem pada Tumbuhan, Apa Saja Itu?

  • by

Fungsi xilem dan floem – Fungsi xilem dan floem sangat penting dalam struktur tanaman. Keduanya adalah dua jaringan yang berfungsi mengangkut semua unsur gizi pada tanaman, seperti mineral, nutrisi, dan elemen lain yang berasal dari proses penyerapan oleh akar.

Xilem dan floem memiliki peran yang berbeda. Kedua jaringan tersebut melakukan peran masing-masing demi mendukung tumbuhan bisa berkembang seperti yang seharusnya.

Fungsi xilem dan floem dalam struktur tanaman

Mengutip dari wikipedia, xilem dan floem adalah bagian dari tanaman yang berfungsi mengangkut semua elemen yang dibutuhkan tanaman dari proses penyerapan akar. Xilem memiliki peran sebagai pengangkutan nutrisi dan juga air dari akar ke daun.

Sementara itu, floem memiliki peran yang mengatur proses penyaluran hasil fotosintesis ke semua bagian tanaman. Baik xilem maupun floem, keduanya memiliki bagian yang dan peran yang berbeda.

Namun, keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu mendukung pertumbuhan tanaman. Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa melihat beberapa ulasan mengenai fungsi xilem dan floem di bawah.

Fungsi xilem

Fungsi jaringan tanaman ini tidak lain adalah sebagai alat transportasi air dan beberapa nutrisi lain dari akar untuk naik ke daun. Nutrisi yang dibawa xilem ke daun merupakan nutrisi yang mudah dilarutkan. Misalkan ion dan mineral anorganik.

Dalam proses pengangkutannya, sel-sel pada xilem membentuk tabung panjang untuk mengalirkan air dan nutrisi ke atas. Nutrisi dan air mengalir ke arah sel-sel xilem dikenal dengan nama getah xilem.

Zat-zat ini diangkut oleh jaringan xilem secara pasif, sehingga mereka tidak memerlukan energi. Padahal, pergerakan nutrisi dari akar ke daun bertentangan dengan gaya gravitasi.

Situasi ini dapat terjadi karena tegangan pada permukaan menghasilkan cairan yang dapat bergerak ke arah tersebut. Hal itu juga dapat terjadi karena bantuan air yang melekat pada sel xilem.

Fungsi floem

Berikut ini beberapa fungsi jaringan floem pada tanaman, diantaranya:

Membantu fotosintesis

Fungsi floem pertama adalah untuk menyalurkan hasil fotosintesis. Setelah fotosintesis terjadi, unsur penting yang terbentuk akan menyebar ke semua bagian tanaman dengan bantuan floem.

Tempat menyimpan zat organik

Fungsi kedua adalah sebagai area penyimpanan zat organik. Jaringan ini memiliki beberapa bagian penting, yang salah satunya adalah parenkim floem .

Parenkim floem berfungsi sebagai penyimpanan zat seperti karbohidrat, tanin, resin, lemak, dan juga beberapa zat organik lainnya. Kemudian zat organik tersebut digunakan dalam proses pertumbuhan tumbuhan.

Mengatur hormon untuk menyembuhkan luka

Mirip dengan manusia, tanaman juga bisa terluka. Dalam prosesnya, tanaman akan menghasilkan hormon yang dapat menyembuhkan luka. Sel pengantar pada floem akan membawa hormon dan mendistribusikan ke dalam sel-sel tapis.

Melindungi sel

Fungsi xilem dan floem sangat penting dalam proses pertumbuhan. Selain itu, fungsi floem berikutnya juga untuk melindungi sel-sel pengantar pada tanaman.

Karena sel-sel tersebut memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk penyebaran nutrisi, sekaligus pelindung bagian sel tanaman.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai fungsi xilem dan floem pada tumbuhan.