Home » Pelajaran » Ekonomi » 5 Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol yang Perlu Diketahui

5 Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol yang Perlu Diketahui

  • by
Management Trainee Adalah Ini 6 Penjelasannya

5 fungsi manajemen menurut Henry Fayol yang perlu diketahui, apa saja itu? Dalam sebuah perusahaan, kunci untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari manajemen adalah manajer yang berada di perusahaan harus memiliki kemampuan untuk menguasai lima fungsi manajemen.

5 Fungsi manajemen akan menjadi langkah bagi seorang manajer untuk dapat menjalankan beberapa proses manajemen yang bertujuan untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.

Oleh karena itu, fungsi manajemen harus ditingkatkan dalam sebuah perusahaan atau organisasi sehingga produk tersebut memiliki kualitas yang baik. Dengan begitu banyak manfaat dan keuntungan yang akan diambil oleh perusahaan. Dan di bawah ini akan menjelaskan apa fungsi dari manajemen.

Sebelum mengetahui apa saja itu, sesuai dengan fungsi manajemen mengenai Henry Fayol, kita perlu tahu terlebih dahulu siapa itu Henry Fayol. Henry Fayol adalah orang yang memperkenalkan fungsi manajemen pertama, ia juga ahli dalam bidang industri pada abad ke-20 dan kebangsaannya adalah Prancis.

Fayol juga merupakan orang yang paling berpengaruh dalam konsep manajemen modern dan ilmu administrasi. Nah, warisan Henry Fayol sangat terkenal adalah 5 fungsi utama manajemen. Apa saja itu? Berikut adalah 5 fungsi manajemen, menurut Henry Fayol.

1. Perencanaan (Planning)

Fungsi manajemen pertama adalah Perencanaan atau Planning, Henry Fayol menyatakan jika perencanaan sebagai bagian pertama bukan tanpa alasan. Karena menurutnya perencanaan adalah sesuatu yang memiliki peran signifikan. Dalam perencanaan sangat diperlukan untuk mengatur dan mengevaluasi tindakan lebih lanjut.

Dalam proses perencanaan memiliki sifat yang sangat dinamis, di mana perencanaan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada keadaan pada saat itu. Dan pada dasarnya proses perencanaan dalam fungsi manajemen adalah sebuah proses yang dimulai dengan:

  1. Menentukan tujuan dari perusahaan atau organisasi.
  2. Dapat menentukan strategi atau cara untuk dapat mencapai tujuan organisasi secara keseluruhan.
  3. Serta bagaimana sistem dapat merumuskan rencana secara komprehensif sehingga dapat bekerja terintegrasi satu sama lain dan juga dapat dikoordinasikan untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.

Adapun beberapa tujuan dari fungsi perencanaan, yaitu:

  1. Perencanaan untuk dapat memberikan tujuan dan sasaran lebih jelas
  2. Perencanaan untuk mengurangi ketidakpastian
  3. Perencanaan untuk mengurangi Sumber Daya
  4. Perencanaan dapat dianggap sebagai panduan untuk evaluasi mutu sesuai dengan manajemen mutu yang telah ditentukan.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian adalah cara untuk menciptakan struktur organisasi yang cocok dengan tujuan organisasi dan sumber daya yang mereka miliki, serta lingkungan sekitarnya.

Peran pengorganisasian dari fungsi manajemen yaitu mengatur dan mencocokkan sumber daya yang ada dalam organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi. sumber tersebut seperti sumber daya alam (SDA), SDM (sumber daya manusia), dan sumber daya modal.

Proses tersebut dapat dilakukan dengan tujuan membagi pekerjaan yang kompleks menjadi pekerjaan yang sederhana dan dapat dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang.

Pengorganisasian menurut oleh Henry Fayol yaitu konsentrasi pada hal kewenangan di tingkat kepemimpinan dalam sebuah organisasi. Pemimpin atau manajer dapat dibagi menjadi dua aspek utama, yaitu departementalisasi dan pembagian kerja. Departementalisasi yaitu divisi yang berperan dalam membuat grup dari berbagai kegiatan kerja dalam suatu organisasi sehingga kegiatannya berkaitan dengan yang lainnya dan dapat dilakukan secara simultan.

Sedangkan pembagian kerja adalah untuk menentukan kewajiban bahwa setiap karyawan dalam organisasi memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan dan melakukan berbagai kegiatan yang terbatas.

3. Pengarahan (commanding)

Commanding atau pengarahan dapat dilakukan dengan tujuan untuk memberikan bimbingan kepada semua pekerja harus bersedia untuk bekerja sama dengan satu sama lain dan dapat bekerja secara efektif mencapai tujuan perusahaan.

Dalam fungsi manajemen ini, Briefing yang diberikan kepada pekerja dalam bentuk motivasi, kepemimpinan dan komunikasi sehingga mereka akan melakukan pekerjaan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Prinsip ini juga memiliki tujuan untuk dapat menyesuaikan tujuan seseorang dengan tujuan organisasi yang akan dibentuk menjadi tujuan bersama. Oleh karena itu, fungsi manajemen, menurut bimbingan Henry Fayol dimaksudkan untuk memberikan arah mengenai suatu organisasi sehingga sumber daya manusia dapat mengeksekusi tujuan organisasi atau perusahaan dan dapat menyelesaikan tugas-tugas mereka dengan baik.

4. Koordinasi

Mengkoordinasikan fungsi manajemen menurut Henry Fayol adalah salah satu fungsi manajemen yang dilakukan untuk menjaga aktivitas organisasi terus bekerja sama dan juga dapat bekerja sama dengan baik. Tidak hanya itu, komunikasi juga diperlukan dalam proses koordinasi antara divisi dalam organisasi, baik dalam komunikasi formal dan informal.

5. Pengendalian (Controlling)

Mengontrol atau controlling sebagai fungsi manajemen menurut Henry Fayol adalah kegiatan untuk dapat memantau, menunjukkan dan memastikan bahwa semua kegiatan yang telah selesai sesuai dengan tujuan dan telah berjalan sesuai dengan target. Tidak hanya itu, tetapi juga saling berhubungan dan dapat memberikan solusi yang baik.

Sebenarnya ada banyak nama istilah pada controlling atau fungsi pengendali, yaitu menilai, mengoreksi dan mengevaluasi. Demikian pembahasan tentang 5 fungsi manajemen menurut Henry Fayol yang dapat kamu lihat di atas. Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan Anda tentang manajemen pengetahuan.