Ebook Sebagai Media Pemasaran Online, Apa Bisa?

Beranda ยป Ebook Sebagai Media Pemasaran Online, Apa Bisa?

Perkembangan pengguna internet yang semakin besar, membuat viral marketing menjadi salah satu strategi cara pemasaran online yang cukup efektif.

Pengguna internet di Indonesia yang mayoritas didominasi khalayak muda, tentu lebih memudahkan kita melakukan viral marketing. Karakteristik khalayak muda yang sering berbagi dengan pengguna lainnya membuat pendistribusian konten akan lebih cepat dan luas.

Ebook atau buku digital dapat menjadi salah satu jenis content yang dapat dimanfaatkan untuk pemasaran online. Kamu dapat membuat ebook edukatif yang relevan sesuai dengan produk atau bidang yang dikuasai. Kenapa harus menggunakan ebook sebagai content marketing yang viral.

Pengertian Ebook

Ebook adalah buku yang berformat digital atau softcopy. Saat ini, ebook sudah menjadi evolusi dari buku cetak. Ebook juga tergolong content yang portable. Hanya dengan smartphone, semua orang dapat membaca ebook kapanpun dan dimanapun.

Ebook Sebagai Content Marketing, Study Case Bukalapak.com

Menjadikan ebook sebagai content viral marketing tentu tidak lepas karena proses menyebarkan dan menerimanya sangat cepat. Konsep ebook sebagai content marketing, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan blog yang biasa ditulis oleh seorang content writer. Hanya saja, cara pendistribusiannya sedikit berbeda.

Kita dapat mendistribusikan ebook ini dengan mem-publish link download di blog, forum-forum online, email, atau media online lainnya.

Sebelum mempublishnya, pastikan forum tersebut memiliki nice atau relevan dengan produk atau bidang yang dikuasai. Kita dapat mengambil contoh ebook seputar tips dan cara berjualan di Bukalapak.com yang dipublish di forum Bukalapak.

Jika saya adalah seorang yang ingin berjualan online, tentu saya akan mendownload ebook tersebut. Karena ebook tersebut membahas tentang cara berjualan di Bukalapak, otomatis saya akan memilih menjual produk saya di Bukalapak.

Lain halnya jika ebook tersebut dibuat oleh Tokopedia, pasti saya akan menjual produk saya di Tokopedia. Secara tidak langsung, ebook tersebut bukan hanya mengedukasi, tetapi juga mengarahkan kita untuk berjualan di Bukapak.

Apabila saya adalah penjual yang sudah bergabung di Bukalapak, tentu setelah membacanya saya akan mencoba menerapkan strategi dan tekhnis yang ada di ebook tersebut.

Apabila penjualan saya meningkat, tentu saya akan berbagi dan merekomendasikan ebook ini dengan penjual lainnya.

Bayangkan, ada berapa banyak pengguna forum yang sudah mendownloadnya? Berapa banyak orang yang datang mendownload karena traffic organik? Berapa banyak orang yang tertarik dan bergabung menjadi penjual bukalapak? Inilah yang disebut viral marketing. Tertarik menggunakan ebook sebagai content viral marketing dalam pemasaran online?

Scroll to Top