Home » Pelajaran » Olahraga & Kesehatan » Berapa Dosis Vitamin D3 yang Tepat untuk Tubuh Kita?

Berapa Dosis Vitamin D3 yang Tepat untuk Tubuh Kita?

berapa dosis vitamin d3 yang tepat untuk tubuh kita 4354 2

Dosis Vitamin D3 – Vitamin D3 merupakan salah satu jenis asupan gizi yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Karena vitamin ini memiliki peran penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengonsumsi vitamin D3 yang rutin bisa membantu kamu terhindar dari risiko penyakit tulang. Tentunya hal tersebut harus dilakukan dengan dosis yang sesuai takaran atau anjuran dokter. Sebab, jika dikonsumsi berlebihan juga akan menimbulkan efek samping yang tidak nyaman di tubuh.

Lantas, kira-kira berapa sih dosis vitamin D3 yang ideal untuk tubuh kita? Pada artikel kali ini, kami akan secara khusus memberikan informasi mengenai dosis ideal dari penggunaan vitamin D3. Simak lengkap artikelnya berikut ini, ya.

Kenapa Asupan Vitamin D3 Harus Diperhatikan?

Vitamin D3 merupakan kandungan gizi yang bisa didapat dari sinar matahari ataupun asupan dari ikan laut seperti tuna, salmon, hingga tongkol. Selain itu, minyak ikan dan kuning telur juga memiliki kandungan vitamin D3 ini.

Dalam praktiknya, tidak banyak orang yang memperhatikan asupan vitamin D3 dalam tubuh mereka. Sebab, kekurangan vitamin yang satu ini tidak akan menimbulkan dampak yang signifikan, namun baru akan terasa setelah jangka panjang.

Masalah yang biasa timbul karena rendahnya asupan vitamin D3 dapat berupa gangguan tulang seperti osteoporosis (tulang keropos), mudah patah, nyeri tulang hingga terjadinya kelainan bentuk tulang.

Untuk kamu yang mau memperhatikan kondisi kesehatan tubuh terutama bagian tulang, mengonsumsi vitamin D3 layak untuk dijadikan pertimbangan. Ini bisa dilakukan lewat obat oral maupun dalam bentuk suntikan.

Saat ini, banyak suplemen vitamin D3 yang dijual di pasaran dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi kita dalam kadar yang sudah ditentukan. Sayangnya, dosis vitamin D3 bagi setiap orang memiliki perbedaan. Tergantung dari kondisi kesehatan tubuh, usia, musim, dan berbagai macam faktor lain.

Dosis Vitamin D3 yang Tepat untuk Tubuh Kita

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mengonsumsi vitamin D3 memiliki standar atau kriteria idealnya masing-masing. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor eksternal maupun internal dari tubuh kita.

Sebagai contoh, bagi orang dewasa yang mengalami kondisi kekurangan vitamin D3, idealnya bisa diberikan asupan mulai dari 600 hingga 2000 IU dalam sehari. Batas maksimal dosis yang bisa diberikan hanya sekitar 4000 IU.

Sedangkan bagi anak-anak yang mengalami kondisi ini, dosis yang dianjurkan hanya sekitar 400 hingga 600 IU saja. Dengan batas maksimal yakni 2000 IU perhari.

Nah, untuk kamu yang dalam kondisi sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan apapun. Asupan vitamin D3 yang dianjurkan dalam sehari berkisar antara 400 hingga 800 IU atau sekitar 10-20 mikrogram. Jumlah dosis tersebut bisa ditambah apabila kamu tidak banyak beraktivitas di luar ruangan atau tidak mendapat paparan sinar matahari.

Selain itu, kondisi kesehatan pada orang-orang tertentu juga dapat mempengaruhi dosis vitamin D3 yang harus dikonsumsi. Seperti ketika seseorang mengalami kekurangan kadar darah dalam tubuh ataupun saat mereka mengalami obesitas. Di mana asupan vitamin D3 yang harus dikonsumsi juga lebih tinggi dari kebutuhan orang pada umumnya.

Secara keseluruhan, maksimal dosis vitamin D3 yang direkomendasikan hanya sekitar 4000 IU saja. Lebih dari itu, kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan yang lebih berpengalaman.

Demikianlah artikel mengenai berapa jumlah dosis vitamin D3 yang direkomendasikan untuk tubuh kita. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa setiap orang memiliki kebutuhannya asupan gizinya masing-masing tergantung dari berbagai macam faktor risiko dalam diri maupun dari luar.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D3 harian, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan seperti vitamin d3 1000 dari Pyfa Health, lho. Semoga bermanfaat, ya!