Dampak Apakah Yang Ditimbulkan Dari Penggunaan Ac Dan Lemari Es

Dampak Apakah Yang Ditimbulkan Dari Penggunaan Ac Dan Lemari Es – Penggunaan AC dan lemari es tentu berdampak buruk bagi lingkungan. Hal itu dikarenakan kedua alat elektronik tersebut bisa mengeluarkan zat buang berupa gas freon (CFC) yang akan bisa menimbulkan rusaknya lapisan ozon, serta berdampak terjadinya efek rumah kaca dan pemanasan global..

Jadi bisa disimpulkan, jawaban dari pertanyaan itu yaitu dapat merusak lapisan ozon dan menyebabkan pemanasan global.

Mungkin kamu pernah mendengar sebelumnya mengenai bahaya dari efek rumah kaca. Masalah ini termasuk salah satu masalah yang cukup sering dibicarakan oleh tenaga ahli di bidang lingkungan dan beberapa NGO lingkungan. Efek rumah kaca adalah kondisi di mana atmosfer bumi yang seharusnya kaya dengan kandungan ozon (O3) dan berfungsi sebagai pelindung sinar matahari langsung, justru terganggu rusak karena kehadiran zat-zat seperti COx, NOx, dan CFC. Kondisi tersebut menjadikan panas sinar matahari sulit dipantulkan kembali dan terperangkap di dalam bumi.

Kenapa bisa merusak lapisan ozon?

Lapisan ozon berguna melindungi bumi dari sengatan radiasi sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet yang terpapar langsung, tentu berbahaya bagi manusia. Efek yang bisa timbul dari kondisi ini yaitu resiko kanker kulit.

Selain gangguan kanker, sinar ultraviolet juga bisa menyebabkan masalah pada mata seperti katarak.

Apa jadinya jika lapisan ozon semakin menipis dan terjadinya lubang-lubang di sekitar lapisan ozon? Tentu radiasi ultraviolet dapat masuk ke bumi.

Seperti pembahasan sebelumnya, gas CFC adalah salah satu gas yang merusak dan menyebabkan menipisnya lapisan ozon. Penggunaan alat pendingin seperti AC dan lemari es menghasilkan gas CFC dapat merusak dan membuat lapisan ozon kian menipis.

Kenapa bisa menyebabkan pemanasan global

Selain dapat merusak lapisan ozon, gas CFC juga berpotensi mempercepat terjadinya pemanasan global. Kenapa? Karena CFC juga merupakan salah satu gas yang dapat menyebabkan efek rumah kaca. Secara tidak langsung, efek ini bisa mengakibatkan suhu di bumi meningkat secara global.

Hal ini tentu berpotensi kembali mencairnya es yang ada di kutub. Jika es yang ada di kutub mencair, permukaan air laut pun akan naik dan menyebabkan beberapa pulau tenggelam.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang dampak yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es terhadap lingkungan di bumi. Kesimpulannya, kedua alat tersebut berpotensi secara tidak langsung merusak lapisan ozon serta menyebabkan pemanasan global.