Home » Motivasi » 3 Cara Mengurangi Stres di Tempat Kerja

3 Cara Mengurangi Stres di Tempat Kerja

  • by
CARA MENGOBATI STRES DI TEMPAT KERJA

Menurut penelitian, persentase orang yang mengalami stres di tempat kerja termasuk tinggi, dan angka itu dinilai akan semakin tinggi. Menurut Institut Nasional Keselamatan dan Kesehatan Kerja CDC di Amerika Serikat, penelitian telah menemukan jumlah orang Amerika yang “sangat stres di tempat kerja” berkisar antara 29 persen hingga 40 persen.

Siapa sangka stres kerja memiliki pengaruh yang cukup kuat pada kesehatan seseorang, mulai dari yang ringan seperti mudah terserang pilek dan flu. Hingga yang lebih serius, seperti penyakit jantung. Tetapi, karena stres di tempat kerja memang umum terjadi, jika kamu mencari pekerjaan dengan tingkat stres yang rendah mungkin sulit. Pilihan yang lebih realistis adalah dengan mencari alteratif cara mengobati stres dan mengurangi tingkat stres lebih efektif di tempat kerja. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati stres denga manajemen stres yang bisa kamu coba.

1. Mulailah hari kamu dengan perasaan bahagia

Setelah berjuang menghindari lalu lintas yang padat, emosi dan kemarahan sesama pengguna jalan , mungkin kamu aka meneguk kopi sebagai penyemangat pagi. Memang, kopi dapat menjadi teman setia saat memulai aktifitas, termsuk bekerja. Namun, tidak ada salahnya kamu mencoba minuman lain sebagai pengganti sesuatu lebih sehat. Banyak orang yang datang ketempat kerja sudah stres terlebih dahulu karena masalah di rumah ataupun di jalan. Faktanya, mereka stres mereka lebih mudah meningkat di tempat kerja.

Nah, coba ubah gaya hidup kamu. Mulailah hari dengan mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik, perencanaan yang tepat, dan sikap positif dan bahagia , kamu pun bisa menekan emosi dan stres di tempat kerja dengan lebih baik.

2. Jauhi konflik internal dengan rekan kerja

Tak hanya di lingkungan atau di rumah saja, konflik antarpribadi bisa terjadi di mana-mana, termasuk tempat kerja. Hal ini tentunya akan berdampak pada kesehatan fisik dan emosional kamu, dan karena konflik di antara rekan kerja sangat sulit untuk selesaikan, jadi usahakan untuk menghindari terjadinya konflik sesama rekan kerja. Jika tak mungkin, paling tidak kamu menekan kemungkinan hal itu sekecil mungkin.

Contohnya seperti apa? Yang utama adalah jangan bergosip, jangan terlalu banyak berbagi pendapat pribadi kamu tentang agama dan politik, dan cobalah untuk menghindari humor yang bisa menyinggung perasaan rekan kerja. Cobalah untuk menghindari orang-orang di tempat kerja yang tidak bekerja dengan baik . Jika konflik tetap terjadi, pelajari pikirkan segera cara menanganinya dengan tepat. Langsung atasi hal itu dengan meminta maaf jika kamu adalah pemantik masalah tersebut, atau segera bicarakan kepada orang terkait agar masalah tak membesar.

Kemampuan untuk menghindari konflik adalah kunci utama untuk menghilangkan stres di kantor
Tetap bekerja sesuai dengan rencana, jangan tergoda untuk menundanya.

Bahkan jika kamu adalah orang yang kurang sigap atau sedikit pemalas, namun jika perencanaan dan scedule pekerjaan kamu kamu jalani secara teratur, maka kamu pun tidak akan mendapatkan pekerjaan yang menumpuk. Kebanyakan orang mengalami stres di tempat kerja karena pekerjaan yang menumpuk. Sehingga, kebanyakan dari mereka bingung mau mulai dari mana mengerjakannya.

Dengan tidak menunda pekerjaan merupakan salah satu hal yang dapat mengurangi stres di tempat kerja. Mengatur waktu sebaik mungkinpun juga sama. Jika kamu bangun terlambat, sehingga kamu terjebak di jam sibuk. Akhirnya kamu terlambat dan mendapat omelan dari atasan. Nah, tentu saja jal ini akan menjadi salah satu pemicu stres di kantor.

3. Pastikan diri kamu nyaman saat bekerja

Hasil yang mengejutkan lainnya di tempat kerja adalah ketidaknyamanan secara fisik. Maksudnya, kamu tidak nyaman karena tubuh kamu merasakan hal yang kurang nyaman atau menimbulkan rasa sakit. Simplenya, kamu berada di kursi yang tidak nyaman selama beberapa menit bisa juga membuat emosi kamu meningkat dan tiba-tiba kamu pun stes tanpa kamu sadari. Tetapi jika kamu duduk di kursi yang nyaman, dengan posisi duduk dan meja yang presisis, sehingga tulang punggung dan posisis berada di posisi yang baik, pastinya kamu akan lebih nyaman bekerja.

4. Lupakan multitasking

Multitasking pernah digembar-gemborkan sebagai aktifitas yang dapat memaksimalkan waktu seseorang dan menyelesaikan lebih banyak dalam sehari. Kemudian orang-orang mulai menyadari bahwa ketika mereka menelpon dan mengetik di laptop pada saat yang sama, kecepatan dan ketepatan mereka akan berkurang. Terkadang, mungkin kamu pernah mendengar A tapi kamu malah mencatat B. Ada semacam perasaan letih yang datang dari membagi fokus seseorang. Daripada melakukan banyak tugas, cobalah strategi baru cobalah untuk mengerjakan pekerjaan yang terpenting terlebih dahulu.

5. Berjalan saat istirahat

Banyak orang merasakan efek buruk dari menjalani gaya hidup yang tidak sehat. Salah satunya kurang olahraga dan lebih banyak duduk. Nah, ternyata hal itu berhubungan dengan proses dalam mengelola stres di tempat kerja. Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa berolahraga selama istirahat makan siang. Hal ini juga dapat membantu kamu lebih bugar, mengangkat suasana hati, dan menjadi lebih rileks.

6. Pertahankan prestasi

Menjadi seorang yang berprestasi dapat membantu kamu merasa bangga dengan diri sendiri. Menjadi orang yang berprestasi, di sisi lain, dapat membuat kamu dan orang-orang di sekitar kamu jadi work holic. Terutama pada pekerjaan yang sibuk dan membuthkan mobilitas yang cepat, kamu mungkin tidak dapat melakukan semuanya dengan sempurna. Tetapi berusaha untuk melakukan yang terbaik dan memberi apresiasi pada diri sendiri atas prestasi kamu adalah strategi yang baik. Hasil kamu akan terhindar dari masalah stres di tempat kerja.

7. Dengarkan musik favorit setelah pulang bekerja

Mendengarkan musik akan membawa banyak manfaat dan dapat menghilangkan stres setelah bekerja. Memerangi stres dari hari yang panjang di tempat kerja dengan musik favorit di perjalanan pulang dapat membuat kamu terhindar dari perasaan stres ketika pulang ke rumah, dan lebih siap untuk berinteraksi dengan orang-orang dalam hidup kamu setelah pulang dari tempat kerja.

Nah, itulah beberapa cara mengobati stres ringan di tempat kerja. Dengan mengikuti hal-hal di atas, maka dapat mengurangi stres kamu di tempat kerja.