wapt image 3569

4 Cara Mengobati Cantengan pada Jari Tangan, Lakukan Sebelum Infeksi

Cara mengobati cantengan pada jari tangan. Pernahkah kamu mengalami kondisi ketika kuku tumbuh ke dalam dan menusuk kulit hingga membuatnya luka? Kondisi ini disebut sebagai cantengan.

Cantengan biasanya terjadi pada kuku kaki, namun kondisi ini juga dapat muncul di jari tangan. Saat ini, banyak cara yang digunakan untuk mengobati masalah cantengan pada jari-jari tangan. Dan kali ini kita akan membahas hal tersebut, jadi kamu tidak perlu bingung.

Cantengan seharusnya tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena jika tidak diobati dengan benar dan cepat, kondisi ini dapat mengakibatkan infeksi yang menyebabkan jari membengkak dan bernanah.

Ketika seseorang mengalami cantengan, daging sekitar kuku akan merah, sakit, bengkak, dan pada kasus yang lebih berat bisa menyebabkan infeksi.

Penyebab cantengan pada jari tangan

Jari tangan yang cantengan mungkin dialami oleh seseorang yang memiliki kuku tebal dan melengkung. Meski begitu, beberapa kondisi juga dapat menyebabkan cantengan pada jari, seperti:

  1. Terluka, seperti tertusuk atau terbentur
  2. Memotong kuku terlalu pendek atau terlalu dalam
  3. Infeksi jamur
  4. Kuku sering tertekan
  5. Memiliki keturunan keluarga yang juga sering cantengan.

Jika dibiarkan, kuku jari yang cantengan tidak hanya dapat menyebabkan infeksi pada kulit di sekitar kuku namun juga menyebabkan peradangan atau yang disebut osteomielitis. Oleh karena itu, kamu juga perlu berkonsultasi dengan dokter jika:

  1. Nyeri yang timbul dari cantengan semakin parah
  2. Seluruh kuku terlihat merah
  3. Demam
  4. Jari sulit melakukan aktivitas

Bagaimana mencegah jari-jari tangan cantengan

Kuku cantengan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan proses penyembuhannya bisa memakan waktu cukup. Untungnya, beberapa hal dibawah ini bisa dilakukan untuk mencegahnya. Bagaimana cara mengobati cantengan pada jari tangan yang benar?

  1. Rendam kuku sebelum dipotong, sehingga lebih kuku lebih lunak dan mudah untuk memotong
  2. Pastikan alat yang digunakan untuk memotong kuku tajam dan bersih
  3. Potong kuku bentuk lurus, sehingga tepi kuku tidak terlalu pendek dan tumbuh ke dalam
  4. Setelah dipotong lurus, jangan lupa untuk mengganjal tepi kuku untuk menghindari kuku menusuk kulit jari
  5. Tidak menghapus kutikula kuku karena bagian itu berfungsi untuk melindungi kuku dari infeksi
  6. Sering menggunakan krim tangan untuk menjaga kulit dan kuku lembab dan tidak mudah pecah

4 Cara mengobati cantengan pada jari tangan

Jika saat ini kamu mengalami kuku cantengan, kamu tidak perlu khawatir. Kuku Cantengan juga dapat ditangani di rumah secara mandiri. Yang paling sederhana adalah mengobati cantengan dengan minyak kayu putih. Namun, jika kamu memang merasa sangat terganggu dengan masalah tersebut, segera konsultasikan dan mencari pengobatan dari dokter terkait.

Kuku cantengan di tangan dapat diatasi dengan beberapa cara, yaitu:

1. Rendam kuku dalam air hangat

Merendam kuku jari tangan adalah salah satu cara awal untuk mengobati cantengan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti ketika merendam jari yang menderita cantengan:

  1. Isi wadah bersih atau mangkuk dengan air garam hangat
  2. Rendam tangan selama 15-20 menit
  3. Cuci tangan dan keringkan dengan handuk
  4. Terapkan salep antibiotik dan tutup dengan perban

2. Masukkan kasa steril atau kapas di bawah kuku

Cara ini sebenarnya adalah untuk menghilangkan rasa nyeri karena kuku yang menusuk dan belum tumbuh benar. Sembari menunggu kuku tumbuh, kamu bisa mengganjalnya sementara agar kuku tidak melukai bagian kulit.

Caranya dengan mengambil kasa steril atau kapas yang telah dipelintir sedikit dan memasukkannya ke dalam kuku sebagai bantal agar kuku tidak tumbuh ke dalam kuku. Sehingga, kuku tidak lagi menusuk kulit dan menyebabkan rasa sakit atau infeksi.

3. Gunakan benang gigi atau dental floss

Terkadang sulit bagi kamu untuk memasukkan kasa atau kapas di bawah kuku. Sebaliknya, kamu dapat menggunakan benang gigi atau dental floss yang telah dilapisi dengan lilin.

Setelah kuku direndam dan dicuci, kamu dapat dengan lembut memasukan benang ke bawah kuku yang tumbuh ke dalam. Dengan demikian, kuku tidak lagi menusuk ke bawah kulit. Tapi ingat, benang gigi juga bisa melukai jika tidak dilakukan secara hati-hati.

4. Gunakan obat penghilang rasa sakit

Jika tidak tahan akan rasa sakit yang ditimbulkan, mungkin kamu dapat mempertimbangkan untuk mencoba obat anti-nyeri, seperti naproxen sodium, atau paracetamol.

Sementara, untuk mengobati cantengan di jari-jari tangan yang telah parah, dokter biasanya akan melakukan prosedur bedah untuk mengeluarkan nanah yang muncul akibat infeksi kuku.

Kuku cantengan bisa dialami oleh siapa saja, tetapi pencegahan dengan segera benar-benar harus dilakukan agar tidak terjadi infeksi. Jika kamu mengalami kuku cantengan, kamu bisa mencoba 4 cara mengobati cantengan pada jari tangan. Apabila sudah cukup parah, jangan ragu untuk menghubungi dokter atau tenaga medis terkait.