Home » Pelajaran » Olahraga & Kesehatan » 5 Langkah Cara Mengobati Cantengan dengan Minyak Kayu Putih

5 Langkah Cara Mengobati Cantengan dengan Minyak Kayu Putih

  • by
Cara Mengobati Cantengan

Cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih bagaimana caranya? Apa itu cantengan? Cantengan sangat sering diabaikan dan dianggap bukan masalah serius. Tapi jika dibiarkan, cantengan bisa menimbulkan masalah dan membahayakan penderitanya.

Cantengan adalah di mana sisi kuku yang tajam menembus kulit dan membuat luka. Luka biasanya akan membengkak karena infeksi oleh kuman dan kotoran di sekitarnya. Secara bertahap, luka akan menyebabkan rasa sakit dan akan menyebabkan nanah.

Cantengan juga menyebabkan rasa sakit saat kuku tertekan. Jika tidak diobati kuku yang cantengan bisa lepas dengan sendirinya. Terburuknya, cantengan bisa menyebabkan komplikasi serius pada luka tersebut. Bahkan jika tidak ditangani, bisa saja penderita harus melakukan tindakan operasi.

Nah, bagaimana cara mengobati cantengan? Salah satu cara mengobati cantengan yaitu menggunakan minyak kayu putih. Bagaimana sih langkah-langkahnya, berikut ini ulasannya.

Cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih

Bagian tubuh yang sering cantengan yaitu di jari kaki, terutama di bagian ibu jari. Namun, jari tangan pun ternyata juga bisa mengalami masalah ini. Khsusnya juga pada bagian ibu jari tangan. Jika tersenggol atau tertekan tentu akan membuat orang yang mengalaminya merasa sakit dan tidak nyaman.

Cantengan juga dapat menyebabkan bau kaki. Selain itu, bisa cantengan juga bisa membuat terjadinya pembengkakan di sekitar kuku bahkan menimbulkan nanah. Kondisi seperti ini tentu sangat mengganggu. Hal ini bisa membuat kamu sulit melakukan aktivitas, bahkan bergerak pun bisa menyebabkan sakit yang teramat.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk mengobati cantengan dengan minyak kayu putih, antara lain:

  1. Minyak kayu putih
  2. Kapas
  3. Air hangat
  4. handuk

Jika bagian cantengan tidak bisa di jangkau dengan kapas, maka tuangkan minyak kayu putih ke bagian dalam cantengan dengan perlahan. Biasanya akan ada reaksi dari minyak kayu putih tersebut seperti munculnya rasa perih.

  1. Tunggu beberapa saat setelah minyak kayu putih di tuangkan
  2. Lalu ambil air hangat
  3. Kemudian rendam kaki yang di beri minyak kayu putih tadi ke dalam air hangat
  4. Usahakan merendam kaki di air hangat itu hingga sampai air itu menjadi dingin
  5. Kemudian lap bagian kaki tersebut menggunakan handuk yang bersih

Tidak sulit, kan? Selain harga yang terjangkau Bahan-bahannya pun terbilang sederhana dan tidak sulit untuk didapatkan. Kamu bisa membeli minyak kayu putih itu di warung, di super market, atau di apotek terdekat.

Pastilah semua obat-obatan akan ada reaksinya, dan proses kesembuhannya pun tidak ada yang instan. Untuk mempercepat proses penyembuhan cantengan, lakukanlah secara rutin dengan jangka waktu setiap 2 hari sekali.

Penyebab Kuku Cantengan

1. Salah memotong kuku

Kebanyakan orang memotong kuku dari bagian dasar. Tahukah kamu? Tepi kuku tersebut bisa saja menjadi tajam karena tidak terpotong. Hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab cantengan. Makan memotong kuku harus datar dan rapi. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan kuku.

2. Sepatu yang terlalu sempit

Tentu, jika kita tidak memiliki ukuran sepatu yang cukup, apa yang harus dilakukan? Harus kah kita membeli lagi? Atau memaksa memakainya karena kebetulan yang ada cuman sepatu yang sempit ini?

Nah, jika kondisi ini terjadi sebaiknya kita tidak menggunakan sepatu yang sempit. Karena sepatu yang sempit juga menyebabkan terjadinya cantengan di kaki.

Hal ini karena sepatu sempit dapat menekan posisi jari kaki dan menciptakan gesekan antara jari-jari kaki dan bahan sepatu sehingga membuat kuku terus menekan bagian dalam jari. Selain itu, alas kaki yang sempit juga bisa menyebabkan kapalan.

3. Kebiasaan menggigit kuku

Kebiasaan buruk yang sering kita anggap sepele, seperti menggigit kuku bisa menjadi penyebab cantengan. Hal itu dapat menyebabkan kuku menjadi lunak. Kuku lunak tersebut akan memudahkan masuknya bakteri ke sela-sela kuku.

4. Menggunakan kaus kaki kotor

Kamu mungkin tidak akan peduli tentang penyebab yang satu ini. Namun, hal ini bisa menjadi masalah besar penyebab cantengan terjadi. Kaus kaki kotor bisa menjadi penyebab cantengan, karena kaus kaki tersebut bisa saja menjadi sarang bakteri dan kuman. Jika masuk ke dalam kulit kaki, hal itu bisa membuat terjadinya cantengan.

5. Menggunakan sepatu kotor

Bukan hanya sepatu sempit yang bisa menjadi penyebab cantengan, tetapi juga menggunakan kaus kaki kotor. Sepatu yang kotor bisa menjadi pemicu perkembangan bakteri dan kuman.

Selain itu, pastinya kamu juga tidak akan nyaman menggunakan sepatu kotor, bukan? Jadi jangan memakai sepatu kotor dan tetapi menjaga kebersihan diri dengan baik. Nah itulah cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih yang bisa kamu coba sendiri.

Tapi apakah hanya minyak kayu putih saja? Adakah cara lain untuk mengobati cantengan? Ada, kok! Berikut ini ulasan mengenai 4 cara mengobati cantengan selain dengan minyak kayu putih.

Cara mengobati cantengan selain dengan minyak kayu putih

1. Rendam atau mencuci kaki

Rendam kaki dalam air sabun hangat, pada kenyataannya juga bermanfaat untuk membantu menjaga area jari cantengan bersih dan bebas dari bakteri. Rendam kaki dalam air hangat tiga sampai empat kali per hari. Kamu juga dapat menambahkan garam ke dalam air untuk menambah rasa nyaman.

2. Gunakan cuka sari apel

Bagaimana mengobati cantengan di rumah adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Kamu dapat mencoba menambahkan seperempat cangkir cuka sari apel dengan air hangat untuk merendam kaki selama 20 menit. Meskipun tidak banyak penelitian membuktikan manfaat cuka sari apel sebagai obat cantengan alami, banyak ahli menduga bahwa cuka apel memiliki sifat antiseptik, anti-nyeri dan anti-inflamasi sehingga dapat mengatasi cantengan.

3. Gunakan kapas atau kasa

Masukan gumpalan kapas atau kasa di bawah kuku, itu bisa menjadi cara untuk mengobati cantengan. Hal itu dapat membantu mengarahkan kuku tumbuh ke arah yang benar.

Ambil selembar kapas atau kasa yang kecil dan gulungan. Letakkan kapas atau kasa di bawah kuku yang masuk ke dalam dengan mengangkat perlahan ujung kuku.

Hal ini akan mengurangi tekanan pada daging yang terkena cantengan. Metode ini dapat membuat kamu tidak nyaman dan menyebabkan sedikit rasa sakit, tetapi cukup efektif untuk mengurangi nyut-nyutan di daerah cantengan.

4. Hindari memakai sepatu hak tinggi atau sepatu yang sempit

Jika kamu ingin kuku kaki cantengan cepat sembuh, kamu harus menghindari mengenakan sepatu hak tinggi dan sepatu yang sempit. Kedua sepatu ini dapat memberikan tekanan yang lebih besar pada jari yang cantengan.

Jika kamu membiarkannya, maka rasa sakit akan lebih sering dan lebih lama cantengan disembuhkan. Dengan demikian, kamu harus menggunakan sepatu yang longgar agar cantengan cepat pulih.

Kandungan minyak kayu putih

Pohon kayu putih sebenarnya berasal dari Australia, tapi kini bisa membudidayakan hampir di semua daerah. Pohon kayu putih atau yang dikenal dengan nama latin Eucalyptus pertama kali digunakan oleh suku Aborigin.

Caranya dengan mengunyah akar kayu putih. Selain itu, Aborigin juga menggunakan kayu putih sebagai teh untuk obat demam.

Minyak kayu putih sebenarnya berasal dari daun kayu putih yang disuling menjadi minyak. Seperti kebanyakan minyak esensial lainnya, minyak kayu putih mengandung banyak kandungan alami seperti sineol dan eukaliptol.

Dua senyawa yang membuat minyak kayu putih memiliki aroma yang cukup menyengat. Penelitian pada tahun 2010 menunjukkan, eucalyptol juga memiliki antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Jadi minyak kayu putih sering digunakan untuk gangguan pernapasan. Selain itu, minyak kayu putih juga tinggi antioksidan dan fitokimia.

Manfaat lain minyak kayu putih selain mengobati cantengan

Selain mengobati cantengan, minyak kayu putih juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya, seperti:

1. Meringankan masalah pernapasan

Minyak kayu putih dapat meringankan masalah pernapasan seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, asma, bronkitis dan sinusitis.

Minyak kayu putih adalah antibakteri, antijamur, antimikroba, antivirus, anti-inflamasi dan dekongestan, sehingga sangat baik dalam mengatasi masalah pernapasan.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Laryngoscope di tahun 2004 menunjukkan jika pasien yang menderita sinusitis non-bakteri dapat sembuh lebih cepat bila diberikan obat-obatan yang mengandung minyak kayu putih.

Menghirup uap Eucalyptus juga dapat meredakan pilek dan hidung tersumbat. Hal ini disebabkan oleh kandungan antibakteri dalam minyak Eucalyptus dapat membunuh bakteri pada saluran pernapasan.

Uap minyak kayu putih dan dekongestan jika dihirup dapat membantu mengurangi hidung tersumbat dan gejala hidung bronkitis.

Selain inhalasi, menggosok minyak kayu putih di dada dan tenggorokan juga mampu meredakan gejala batuk dan pilek.

Karena manfaat ini, minyak kayu putih kerap ditemukan dalam obat untuk batuk dan meringankan masalah inhaler.

Untuk penderita asma, menggosok minyak kayu putih di dada dapat memberikan efek menenangkan pada tenggorokan sehingga dapat melebarkan pembuluh darah.

Hal ini juga memungkinkan lebih banyak oksigen mengalir ke paru-paru sehingga pernapasan dapat berfungsi secara normal. Antiinflamasi yang terkandung dalam minyak kayu putih juga berperan dalam mengurangi gejala asma.

Berkumur dengan minyak kayu putih yang dicampur dengan air panas juga mampu mengobati sakit tenggorokan. Karena manfaat yang dapat dihasilkan olehnya, jangan heran jika banyak jenis obat, seperti obat batuk dan pilek mengandung minyak kayu putih di dalamnya.

2. Menghilangkan nyeri sendi

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kayu putih dapat membantu meringankan nyeri sendi. Bahkan, beberapa krim atau salep yang digunakan untuk meringankan masalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis mengandung minyak kayu putih.

Uap minyak kayu putih berfungsi juga sebagai analgesik dan antiinflamasi. Penggunaan minyak kayu putih dianjurkan bagi kamu yang menderita rematik, sakit pinggang, keseleo, kekakuan otot, dan nyeri saraf.

Penerapan minyak kayu putih di daerah persendian atau otot bisa dilakukan dengan sedikit pijat lembut untuk meringankan nyeri pada sendi dan otot tersebut.

Minyak kayu putih juga dapat meningkatkan aliran darah ke daerah yang sakit untuk mengurangi terjadinya peradangan.

3. Melindungi dari gigitan serangga dan kutu

Bau kuat yang dihasilkan oleh minyak kayu putih dapat membuat serangga tidak ingin mendekatinya, seperti juga dengan nyamuk. Hal ini dapat mencegah terkena penyakit yang dibawa oleh nyamuk seperti demam berdarah.

Selain serangga, minyak kayu putih juga berguna untuk mengusir kutu dari rambut. Caranya cukup dengan mengoleskan beberapa tetes minyak kayu putih di rambut.

4. Membantu tingkat kontrol gula darah

Minyak kayu putih dapat menjadi obat bagi penderita diabetes karena dapat membantu mengontrol tingkat gula darah. Namun, secara ilmiah belum ada yang membuktikan seberapa besar minyak kayu putih bisa berperan dalam hal itu.

Banyak anggapan yang menyebutkan jika minyak kayu putih berfungsi sebagai vasodilator yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, termasuk para pasien diabetes yang umumnya memiliki sirkulasi darah yang kurang lancar.

5. Perawatan gigi

Minyak kayu putih dapat menjadi bahan yang tepat untuk merawat gigi. Minyak kayu putih dapat mengurangi karies, plak gigi, gingivitis (radang gusi) dan infeksi gigi lainnya yang disebabkan oleh bakteri.

Hal ini karena minyak kayu putih merupakan antimikroba yang dapat melindungi gigi dari pertumbuhan mikroba itu sendiri. Oleh karena itu, minyak kayu putih juga biasa ditemukan di obat kumur, pasta gigi dan produk kebersihan mulut lainnya.

Tidak hanya membunuh bakteri berbahaya dalam mulut, minyak kandungan kayu putih juga bermanfaat dalam mengurangi jumlah plak pada gigi, mengurangi bau mulut dan mengatasi masalah gusi berdarah.

6. Penyembuh luka dan anti-infeksi

Minyak kayu putih mengandung bahan aktif, seperti sitronelal, sitronelol, dan 1,8-cineole, sebagai antibakteri.
Dengan mengoleskan minyak kayu putih di daerah sekitar luka, tentunya bisa meminimalisir terjadinya infeksi yang disebabkan oleh mikroba dan paparan udara. Tidak heran, bahan ini kerap ditemui pada obat-obatan infeksi luka kulit.

Bahaya cantengan jika dibiarkan

Kembali ke masalah cantengan. Jangan meremehkan, cantengan bisa menjadi buruk. Jika tidak diobati atau tidak terdeteksi, dapat menyebabkan infeksi serius dari tulang. Komplikasi berat dapat terjadi, terutama jika kamu memiliki diabetes.

Jika kamu menderita diabetes atau kondisi lain yang menyebabkan aliran darah yang buruk ke kaki, kamu memiliki resiko lebih besar mengalami cantengan. Orang dengan diabetes yang mengalami cantengan dapat lebih sulit untuk sembuh dan mungkin memerlukan pembedahan.

Nah, itulah beberapa cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih ataupun dengan bahan-bahan alami lainnya.