Home » Internet » 5 Langkah Cara Mengganti Password Email Gmail

5 Langkah Cara Mengganti Password Email Gmail

  • by
5 Langkah Cara Mengganti Password Email Gmail

Cara mengganti password email, bagaimana caranya? Password merupakan salah satu hal yang penting ketika kamu ingin mengakses email ataupun sosial media. Karena password merupakan hal yang sangat privacy, maka sebaiknya password tidak diberikan ke sembarang orang.

Cara mengganti password email Gmail sebenarnya tidak sulit. Cara merubahnya pun terbilang mudah dilakukan. Prosesnya hanya membutuhkan waktu yang singkat. Namun, nyatanya banyak yang tidak tahu bagaimana cara menggantinya.

Kebanyakan, password sangat mudah di-hack karena orang tersebut menggunakan password yang sederhana dan mudah ditebak. Password email Gmail yang mudah ditebak tentu rentan terhadap pencurian data, bahkan bisa berlanjut ke peretasan akun-akun kamu yang lain. Oleh karena itu, perlu bagi kamu untuk rutin mengubah password secara teratur email Gmail kamu untuk terus memastikan keamanannya.

Dalam tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara merubah password email Gmail. Apa yang kamu butuhkan?

Sebelum memulai langkah-langkah dalam tutorial kali ini, hal yang perlu kamu persiapkan adalah:

Akses ke account Gmail seperti email dan password

Untuk mengubah password Gmail kamu harus memiliki akses ke akun Gmail tersebut. Setelah itu, barulah kamu bisa mengganti password email Gmail kamu.

Langkah-langkah mengganti password email Gmail

  1. Masuk ke account Gmail melalui browser dan masukkan password alamat email berikut passwordnya.
  2. Klik gigi berada di sebelah kanan, kemudian pilih Settings.
  3. Setelah kamu bisa memilih Akun dan Impor.
  4. Klik Ubah Password.
  5. Tab baru akan ditampilkan. Masukkan password Gmail yang digunakan, periksa untuk mengganti kata sandi. Klik tombol di bawah untuk melanjutkan.
  6. Lalu masukkan password baru sebagai perubahan password sebelumnya. Kamu diharuskan untuk memasukkan kembali password tersebut dan kemudian klik Ubah Password.
  7. Sekarang, proses mengganti password Gmail selesai. Untuk mengeceknya apakan sudah berhasil, silahkan melakukan login kembali pada perangkat atau browser kamu dengan password yang baru.

Tips mengganti password email

Bagaimana? cara mengganti password email Gmail kali ini mudah, bukan? Jika kamu mengikuti langkah di atas secara teliti, maka proses tersebut dapat dilakukan dalam waktu kurang dari lima menit saja.

Untuk kenyamanan, kamu bisa mengubah password email Gmail kamu secara teratur. Meski terdengar menjengkelkan, merubah password secara teratur bisa membantu mengurangi risiko terjadinya peretasan akun kamu. Baik berupa hacking (hacking) atau pencurian data.

Oleh karena itu, pastikan kamu memperhatikan beberapa saran ketika kamu ingin membuat dan mengganti password Gmail baru kamu.

  1. Buatlah password sepanjang mungkin, namun yang mudah diingat. Bisa kombinasi beberapa kata atau hal-hal tertentu. Pastikan kamu mudah menghapalnya.
  2. Buat password dengan kombinasi dari kata-kata yang tidak umum.
  3. Gunakan angka, simbol, kombinasi huruf besar dan huruf kecil.
  4. Tidak menggunakan informasi pribadi yang mudah ditebak sebagai password.
  5. Jangan menggunakan password yang sama untuk semua account.

Kamu bisa menggunakan software password manager. Software ini akan membantu kamu menyimpan semua password kamu. LastPass dan 1Password adalah salah satu perangkat lunak yang bisa menjadi password manager kamu.

Itulah beberapa langkah dan cara mengganti password email Gmail. Bagaimana mudah bukan? Tak hanya Gmail, Yahoo atau Hotmail pun memiliki langkah yang kurang lebih sama.