Home » Karakter » Cara Menggambar Wajah Manusia dari Depan dan Samping

Cara Menggambar Wajah Manusia dari Depan dan Samping

Cara Menggambar Wajah Manusia dari Depan dan Samping

Cara menggambar wajah manusia dari samping dan depan – Siapa sih yang tidak ingin bisa menggambar dengan baik, termasuk menggambar wajah manusia. Wajah manusia memang tergolong unik dan sulit digambar karena banyak sekali lekuk dan pola yang tentunya berbeda-beda.

Hal inilah yang membuat banyak orang belajar cara menggambar orang yang benar.

Salah satu pose wajah manusia yang paling banyak dipelajari adalah posisi depan dan samping.

Untuk kalian yang ingin belajar cara menggambar wajah manusia dari samping ataupun depan, berikut ini ulasannya.

Menggambar wajah manusia dari depan

Proporsi wajah manusia dari depan memang harus menggunakan pola atau sketsa wajah dasar.

Yang harus kamu lakukan dalam menggambar sketsa wajah anatomi manusia dari posisi depan, adalah sebagai berikut.

Buatlah sebuah lingkaran terlebih dahulu kemudian gambar garis tengah vertikal dan horizontalnya.

Tidak lupa gunakan garis vertikal sebagai garis tengah wajah sedang garis horizontal kelak adalah posisi vertikal posisi mata. Tidak lupa buat juga secara vertikal tepat berada di antara tengah remaja posisi mata berada sekitar jarak 1 per 3 dari alis ke hidung.

Buat jarak dari rambut dan alis, alis dan hidung, serta hidung dan dagu. Fungsinya yaitu satu per tiga jarak dari hidung ke dagu untuk mata. Buatlah garis horizontal kemudian dibagi menjadi 5 bagian bagian yang kedua, dan keempat adalah tempat nanti mata akan digambar.

Kedua ujung garis tersebut adalah posisi telinga yang nanti akan dibuat setelah proporsi dasar sudah dibuat. Maka, kita pun bisa melanjutkan dengan membuat sketsa wajahnya. Sebagai contoh:

Sketsa gambar manusia dari depan

Cara menggambar sketsa wajah dari posisi depan

Mungkin kalian pernah mempelajari cara menggambar wajah manusia ke dalam 2 opsi, yaitu 1/2 untuk wajah anak kecil sedangkan 1/3 untuk wajah orang dewasa. Kalau kalian lihat, sketsa di atas membagi porsi wajah ke dalam 1/3 bagian, yaitu bagian atas masing-masing dahi hingga rambut, bagian tengah alis, mata dan hidung, dan bagian bawah mulut dan dagu. Lain halnya jika kalian menggambar wajah anak-anak, maka hanya ada 2 bagian.

Menggambar wajah manusia dari samping

Untuk cara menggambar wajah dari posisi samping sebenarnya tidak begitu jauh berbeda, di mana kamu tetap harus membuat polanya terlebih dahulu. Namun, ada beberapa garis pola yang sedikit berbeda. Sebagai contoh, berikut ini kita akan mengambil sampel gambar wanita dari posisi samping. Berikut ini tutorialnya.

Menggambar wajah manusia dari samping

Sketsa ini menggambar merupakan 6 langkah mudah yang bisa kamu gunakan untuk bisa mempelajari cara menggambar wajah manusia dari samping. Secara garis besar, kalian akan mempelajari pola kepala terlebih dahulu, baru bagian-bagian wajah lainnya, seperti mata, hidung, rambut dan mulut.

Nah, itulah beberapa contoh sketsa gambar dari posisi depan dan samping. Sebenarnya keduanya sama saja, yang terpenting, kalian sudah tau pola dan struktur dari setiap posisi wajah yang akan kalian gambar. Secara garis besar, keduanya juga tidak terlalu sulit kok. Tentunya kalian bisa memilih posisi mana yang ingin kalian gambar berdasarkan keinginan kalian.