Home » Karakter » Cara Menggambar Tangan, Ini 3 Contoh Pose dan Langkahnya

Cara Menggambar Tangan, Ini 3 Contoh Pose dan Langkahnya

wapt image 2275

Cara menggambar tangan, apakah sulit? Tangan merupakan salah satu elemen ketika kamu ingin belajar cara menggambar orang secara lengkap. Meski terlihat mudah, namun menggambar tangan manusia juga membutuhkan ketelitian. Sehingga tangan yang akan kamu gambar nanti bisa lebih realistis atau menyerupai objek sesungguhnya.

Kebanyakan, kesalahan dalam menggambar tangan adalah kurang proporsionalnya pembentuk dari masing-masing jari sehingga tangan terlihat tidak simetris dan tidak menyerupai objek sesungguhnya.
Seperti yang kita ketahui, porsi atau tinggi dari masing-masing jari memiliki karakteristik yang berbeda. Seperti jempol memiliki postur yang lebih besar, jari tengah lebih tinggi dan jari kelingking yang paling kecil.

Lantas, bagaimana cara menggambar tangan saat kamu menggambar orang? Berikut ini beberapa langkahnya.

Cara menggambar tangan terbuka atau mengangkat tangan

 

Cara menggambar tangan 1

Cara menggambar tangan 1

Untuk kamu yang ingin menggambar tangan dalam keadaan terbuka atau posisi mengangkat tangan, kamu bisa mencontohnya dengan beberapa langkah mudah di atas. Bisa dibilang, pose tangan di atas adalah pose tangan termudah ketika kamu ingin menggambar tangan. Anggap saja sebagai pembelajaran awal, barulah kamu mempelajari pose menggambar tangan lainnya.

Cara menggambar tangan memnta maaf atau berdoa

Cara menggambar tangan 2

Cara menggambar tangan 2

Bagaimana jika kamu ingin menggambar tangan seperti dalam posisi minta maaf atau berdoa, kamu bisa mencontohnya seperti ilustrasi dan tutorial di atas. Gambar tersebut bisa memberikan langkah-langkahnya.

Sedikit tips ketika kamu menggambar manusia, pastikan kamu membuat bentuk dasarnya terlebih dahulu. Jangan lupa gunakan pensil saja agar kamu bisa menghapus bagian sketsa yang tidak penting.  

Beberapa bentuk dan pose cara menggambar tangan

Cara menggambar tangan 3

Cara menggambar tangan 3

Jika memang sulit membayangkan bentuk atau posisinya, kamu bisa menggunakan manekin patung tangan yang biasa digunakan oleh ilustrator atau komikus. Manekin tangan itu bisa digerakan dan diatur sesuai posisi tangan yang ingin kamu gambar. Sehingga, bisa mempermudah kamu menggambar tangan dalam berbagai posisi.

Nah, sebagai gambaran lainnya, contoh di atas bisa kamu lihat beberapa gambar tangan dalam berbagai posisi. Jadikan sebagai referensi kami menggambar tangan, ya. Nah, itulah beberapa langkah cara menggambar tangan manusia yang bisa kamu contoh sebagai referensi menggambar kamu. Bagaimana? Tidak sulit, bukan?