Home » Menggambar » Bangunan » Sketsa dan Cara Menggambar Rumah Sakit Mudah Sebagai Contoh

Sketsa dan Cara Menggambar Rumah Sakit Mudah Sebagai Contoh

  • by

Setelah kalian belajar beberapa bagungan lain, seperti rumah maupun sekolah, maka kali ini kalian bisa belajar cara menggambar rumah sakit. Sebenarnya, cara menggambarnya tak jauh berbeda dengan cara menggambar rumah. Kalian juga bisa menggunakan alat bantu seperti penggaris untuk membuat bagian bidang bangunnanya

Nah, berikut ini beberapa contoh sketsa gambar rumah sakit yang bisa kalian contoh.

Sketsa gambar rumah sakit

Cara menggambar rumah sakit 1

Cara menggambar rumah sakit dengan 3 lantai

Cara menggambar rumah sakit 7

Gambar rumah sakit dan mobil ambulan

Cara menggambar rumah sakit 9

Cara menggambar rumah gedung berlantai

Cara menggambar rumah sakit 10

Cara menggambar rumah sakit mudah untuk pemula

Cara menggambar rumah sakit 11

Menggambar sketsa rumah sakit megah

Cara menggambar rumah sakit 12

Cara menggambar gedung rumah sakit

Rumah sakit merupakan pusat pelayanan kesehatan yang memiliki peralatan dan pengelolaan secara lengkap dan kompleks. Rumah sakit sangat melekat pada kehidupan manusia sehingga dimanapun rumah sakit berada hampir dipastikan tidak akan pernah sepi.

Menurut Pasal 1 UU No. 14 tahun 2009, rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan dalam pleno yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.

Perawatan kesehatan yang komprehensif berarti pelayanan kesehatan yang meliputi pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

Jadi untuk bisa dikatakan sebagai rumah sakit maka haruslah memiliki perawatan kesehatan dengan tindakan yang sesuai dan lengkap.

Saat ini, selain infrastruktur yang lengkap dan modern, rumah sakit juga harus dilengkapi dengan dokter yang berpengalaman di lapangan untuk memastikan kesehatan pasien.

Sejarah Rumah Sakit

Rumah sakit telah ada sejak zaman Mesir Kuno. Dari pertamanya, teknik pengobatan telah diterapkan untuk menyembuhkan orang dari masalah dan penyakit yang berkaitan dengan kesehatan.

Sampai saat ini semua teknik, obat-obatan, dan peralatan medis telah menjadi lebih modern dan praktis. Coba bayangkan jika orang tua yang tidak menggunakan anestesi untuk operasi belum ditemukan.

Pada awalnya, keyakinan dan pengobatan sangat terkait dengan erat. Salah satu contohnya adalah pengobatan yang tertua yaitu lembaga medis yang berada di kuil Mesir.

Pada awalnya Kuil Asclepius di Yunani diyakini untuk memberikan pengobatan bagi orang sakit, yang kemudian juga diadopsi oleh orang Romawi sebagai kepercayaan. Kuil Romawi untuk Aesculapius dibangun pada 291 SM di tanah Tiber, Roma dengan ritus mirip dengan agama Yunani.

Setelah itu, lembaga khusus untuk pengobatan pertama kali ditemukan di India. Lembaga bernama rumah sakit pertama kali didirikan di Sri Lanka yaitu Rumah Sakit Brahmanti di 431 SM.

Selain 230 SM Raja Ashoka mendirikan 18 rumah sakit di Hindustan pada saat itu dengan memasukkan tenaga medis dan perawat yang dibiayai anggaran kerajaan. Ilmu kedokteran dan pelayanan rumah sakit terus berkembang sejak saat itu.

Perkembangan rumah sakit

Perawatan rumah sakit juga melibatkan dunia konsep pengajaran sebagai saran akademis. Dengan catatan siswa harus diajarkan oleh para ahli, yaitu Akademi Gundishapur di Kekaisaran Persia.

Bangsa Romawi menciptakan valetudinaria untuk pengobatan budak, gladiator, dan prajurit sekitar 100 SM. Adopsi kepercayaan Kristiani mempengaruhi pelayanan medis di sana.

Sementara itu, Dewan Nicea pada tahun 325 memerintahkan Gereja untuk memberikan pelayanan kepada orang miskin, sakit, janda, dan musafir. Setiap katedral di setiap kota harus memberikan pelayanan kesehatan.

Salah satu yang pertama dibentuk adalah Saint Sampson di Konstantinopel dan Basil, Uskup Caesarea. Bangunan ini langsung berhubungan dengan bangunan gereja, dan juga disediakan tempat terpisah untuk penderita lepra.

Sementara itu, rumah sakit dalam sejarah Islam memperkenalkan standar tinggi perawatan di abad ke-8 sampai ke-12.

Lain halnya di Cina pada abad ke-9 hingga 10 mempekerjakan perawatan yang berbeda untuk penyakit yang berbeda sebanyak 25 staf. Rumah sakit pemerintah yang didanai muncul juga dalam sejarah Cina pada abad ke-10 awal.

Kemudian pada abad ke-18 rumah sakit modern pertama dibangun dengan hanya menyediakan perawatan medis dan operasi. Rumah Sakit Guy didirikan di London pada tahun 1724 atas permintaan seorang saudagar kaya Thomas Guy. Rumah sakit swasta yang didanai seperti ini kian menjamur di seluruh Inggris.

Nah, itulah beberapa sejarah tentang rumah sakit dan cara menggambar rumah sakit yang bisa kalian jadikan sebagai contoh sketsanya atau referensi kalian dalam belajar menggambar.