Home » Bangunan » Cara Menggambar Rumah Dengan Pensil untuk Kamu yang Bercita-cita Menjadi Arsitek

Cara Menggambar Rumah Dengan Pensil untuk Kamu yang Bercita-cita Menjadi Arsitek

wapt image 25

Cara menggambar rumah dengan pensil – Sebelum kamu mulai membangun rumah, maka akan lebih baik jika sketsa atau desain rumah dibuat terlebih dahulu. Langkah ini tidak mudah karena pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh seorang arsitek. Tapi tidak ada salahnya, jika kamu bercita-cita ingin menjadi arsitek kamu bisa belajar cara menggambar rumah dengan pensil sendiri.

Perencanaan rumah harus dilakukan dengan tepat sehingga hasilnya benar dan tepat. Ketika rumah desain minimalis atau rumah dengan konsep yang lebih luas, pastinya akan lebih memuaskan jika desain rumah tersebut kamu merancangnya sendiri.

Cara Menggambar Rumah Dengan Pensil untuk Kamu yang Bercita-cita Menjadi Arsitek

Jika kamu ingin bercita-cita sebagai arsitek maka ada banyak alat yang harus dibutuhkan untuk membuat gambar. Tetapi jika kamu ingin hanya sebatas belajar cara rumah sederhana saja, maka alat-alat yang kamu butuhkan hanya kertas menggambar, pensil mekanik dan penghapus.

Tetapi jika kamu ingin memiliki hasil yang lebih baik kemudian mencoba untuk membuat alat-alat lain seperti penggaris, penggaris siku, meja kerja khusus arsitek, serta barang-barang lainnya jika diperlukan.

Contoh gambar rumah dengan pensil

Tahap-tahap menggambar rumah

Tentukan skala gambar rumah dengan pensil

Sebenarnya, untuk menentukan skala bangunan, dirancang oleh arsitek tidak membutuhkan perhitungan yang rumit. Pada dasarnya kamu hanya perlu membuat perbandingan skala bangunan 0635: 30,48 atau dibulatkan menjadi 1 dalam 30 dalam sentimeter.

Mulai menggambar dinding rumah dengan pensil

Baris pertama yang perlu dijelaskan adalah menggambar dinding luar rumah. Dinding eksterior rumah juga berarti bagian lainnya mislakan pot tanaman yang menempel di dinding atau lainnya.
Mulailah menggambar dengan arah jarum jam. Buat gambar pintu depan untuk memasuki rumah dan pintu samping atau pintu belakang. Setelah proses ini selesai lanjutkan untuk membuat garis dinding interior atau di dalam rumah. Pintu bagian juga harus memiliki garis eksterior.

Mulai menggambar dinding bagian dalam

Setelah selesai langkah di atas, kemudian kamu dapat mencoba untuk membuat dinding interior. Cara ini dilakukan dengan membuat frame dinding interior dengan ketebalan yang sama dari baris.
Pada bagian ini buat pintu di setiap kamar tidur, ruang tamu, dapur dan kamar mandi yang akan ditentukan. Bagian ini biasanya juga hadir di rumah minimalis sederhana.

Mulailah untuk menentukan titik pintu dan jendela

Cara termudah untuk menentukan lokasi pintu dan jendela adalah denga melihat ukuran skala rumah yang telah dibuat. Jangan biarkan pintu terlalu jauh atau posisi dekat satu sama lain. Buat gambar pintu dan jendela yang jelas sehingga kamu tahu di mana pintu dan jendela. Desain juga harus dipertimbangkan jika kamu berniat menggunakan feng shui sebagai keberuntungan rumah yang kamu buat.

Tulis label untuk setiap kamar

Anda juga perlu untuk melengkapi gambar dengan label yang sesuai. Label bisa pendek untuk lebih mudah dibaca. Misalnya, seperti kamar tidur menjadi R.

Dalam hal ini semua harus memiliki label yang jelas termasuk posisi lemari, toilet, dan pintu masuk.
Kemudian kamu juga harus melengkapi ruangan dengan simbol. Kamar mandi harus diisi dengan titik toilet, wastafel, bathtub dan shower. Kemudian membuat area kamar tidur lengkap dengan kamar tidur, lemari, dan perabotan lainnya. Kemudian kamar dilengkapi dengan meja kopi dan perabotan lainnya. Buat simbol meja makan, garasi taman, dan perabotan lainnya. Perhatikan arah pintu yang terbuka untuk membuat simbol-simbol ini.

Desan rincian taman dengan lengkap

Untuk lantai, maka kamu harus membuat desainnya juga. Misalnya, jika kamu ingin menggabungkan lantai marmer, lantai keramik dan lantai kayu.ddenah sangat penting untuk memberikan kesan bahwa kamar di rumah direncanakan dengan baik.

Perhitungan dimensi rumah

Perhitungan dimensi sangat penting untuk merancang sebuah rumah. Dimensi ini juga sangat penting untuk mempertimbangkan jarak setiap kamar, furnitur, seperti lemari, lemari dapur, jarak antara dinding toilet, ukuran bak mandi, dan memotong ruangan lain. Bahkan untuk bagian dari jendela dan pintu harus dilakukan dengan dimensi yang benar.

Gambarlah perabotan ekstra

Perabotan modern tidak diperlukan untuk dimasukkan dalam draft desain rumah. Tetapi jika kamu ingin melihat tata letak rumah dengan desain skala yang tepat dan kamu bisa benar-benar membayangkan desain rumah kamu sedetail mungkin, maka tidak apa-apa untuk menambahkan simbol furnitur. Dengan desain ini rumah menjadi lebih lengkap.

Bahkan, selain desain rumah dengan pensil, maka kamu bisa juga membuat perangkat lunak untuk desain rumah. Cara ini dianggap lebih cepat karena ada banyak perangkat lunak praktis yang dapat digunakan untuk pemula. Namun, membuat desain dengan pensil dianggap lebih baik untuk tahap belajar.

Nah, itulah beberapa tips belajar cara menggambar rumah dengan pensil untuk kamu yang bercita-cita ingin menjadi arsitek, selamat mencoba.