Home » Bangunan » Cara Menggambar Rumah Adat Padang, Joglo, Batak dan Papua

Cara Menggambar Rumah Adat Padang, Joglo, Batak dan Papua

  • by
wapt image 61

Cara menggambar rumah adat – Indonesia dikenal dengan beragam banyak suku dan budaya. Tidak heran jika Indonesia memiliki keanekaragaman adat istiadat yang tersebar dari sabang sampai merauke. Salah satu kekayaan adat dan budaya di Indonesia tercermin dari banyak nya rumah adat yang ada di Indonesia. Nah, untuk kamu yang ingin belajar tentang bagaimana sih cara menggambar rumah adat, berikut ini ulasannya. Namun, sebelum mulai menggambar rumah adat, kamu juga harus tahu rumah ada dari daerah mana yang ingin kamu gambar.

Cara Menggambar Rumah Adat

Nah, karena Indonesia memiliki banyak ada istiadat yang tersebar, maka pembahasan cara menggambar rumah adat kali ini hanya dari beberapa daerah terlebih dahulu. Sisanya, akan menyusul jika ada waktu dan kesempatan lagi ya.

Cara menggambar rumah adat padang Minangkabau (rumah gadang)

Kalau rumah adat ini berasal dari Sumatra barat, atau juga dikenal dengan nama rumah gadang. Ruma gadang merupakan rumah suku Minangkabau, masyarakat di sana juga kerap menyebut rumah gadang dengan nama Rumah Bagonjong atau Rumah Baanjuang

Contoh gambar rumah adat Padang

Cara menggambar rumah adat padang Minangkabau (rumah gadang)

Cara menggambar rumah adat padang Minangkabau (rumah gadang)

Cara menggambar rumah adat padang Minangkabau (rumah gadang)

Cara menggambar rumah adat padang Minangkabau (rumah gadang)

Cara menggambar rumah adat Joglo

Rumah joglo berasal dari daerah jawa tengah. Desain rumah ini lebih dikenal karena gaya arsitektur yang unik dan juga sarat akan nilai filosofis kemasyarakatan yang ada didalamnya.

Contoh rumah adat Joglo

Contoh rumah adat Joglo

Contoh rumah adat Joglo

Cara menggambar rumah adat batak

Nah, kalau rumah adat ini berasal dari daerah Sumatra utara, atau yang lebih dikenal dengan medan.

Contoh gambar rumah adat batak

Cara menggambar rumah adat batak

Cara menggambar rumah adat Papua

Kalau rumah adat ini berasal dari daerah timur Indonesia, yaitu papua. Rumah unik ini memang menjadi warisan budaya Indonesia yang patut dilestarikan.

Contoh rumah adat Papua

Cara menggambar rumah adat Papua

Sama seperti menggambar pada umumnya, tips cara menggambar rumah adat bisa dimulai dengan membuat sketsanya terlebih dahulu. Pastikan kamu membuat sketsa dengan pensil 2B. Pensil ini dikenal lebih lunak dan goresannya pun cukup halus. Yang lebih bagusnya lagi, pensil ini memiliki hasil goresan yang cukup kerrang namun lebih mudah dihapus.

Sketsa akan menjadi pola atau dasar gambar rumah adat yang kamu buat. Setelah itu, barulah kamu bisa mempertegas garisnya dengan pensil warna atau krayon. Untuk pilihan sebenarnya bebas-bebas saja, namun untuk ornamen rumah yang cukup detail seperti rumah padang, lebih baik kamu menggunakan alat gambar yang memiliki ujung runcing. Contohnya pensil warna atau spidol. Jika kamu menggunakan crayon, yang umumnya memiliki ujung sedikit agak tumpul, biasanya akan menyulitkan kamu saat mewarnai ornamen rumah ini terutama jika detailnya cukup kecil.

Nah, bagaimana jika kamu ingin menggambar rumah adat dengan cara melukisnya dengan cat air. Sebenarnya cara menggambar rumah adat tersebut sama saja. Kamu hanya perlu menerapkan pada media yang berbeda. Untuk melukis rumah adat dengan cat air, pastinya kamu harus menggunakan kertas yang agak tebal atau bisa juga kamu menggunakan kanvas lukis.

Jika kamu hanya ingin membuat gambar sketsa rumah adat saja, kamu cukup menggunakan pensil saja. Namun, jika kamu bingung berikut ini langkah-langkah cara menggambar rumah adat dengan pensil.

Cara menggambar rumah adat dengan pensil

Nah, sekian pembahasan cara menggambar rumah adat kali ini. Bagaimanapun rumah adat adalah warisan akan keanekaragaman dan kekayaan bangsa Indonesia. Maka harus kita jaga dan pertahankan, dengan menggambar rumah adat, setidaknya kamu memiliki rasa cinta dan kebanggaan akan keanekaragaman budaya yang ada kini. Baca juga cara menggambar rumah untuk anak-anak di link tersebut.