Home ยป Cara Menggambar Putri Duyung Ariel dan Karakter Duyung Lainnya

Cara Menggambar Putri Duyung Ariel dan Karakter Duyung Lainnya

  • by

Untuk kamu pecinta film Disney, pastinya tidak asing lagi dengan sosok Ariel, bukan? Ya, karakter ini merupakan seorang putri duyung. Nah, untuk kamu yang tertarik ingin belajar cara menggambar putri duyung, berikut ini beberapa langkahnya. Ada tiga bentuk umum saat kamu menggambar putri duyung, yaitu bagian kepala, badan, dan kaki.

Putri duyung Ariel memiliki wajah agak oval, dengan pipi yang menonjol, dahi bulat dan dagu runcing cukup.

Bentuk gambar ini harus sebanding dengan satu sama lain dan berbaris di sudut yang benar. Ketika kamu menggambar putri duyung, apa yang membuatnya berbeda dengan cara menggambar orang pada umumnya? Ya benar, putri duyung memiliki sirip seperti ikan, yang memungkinnya untuk berenang! Kamu juga bisa membaca tutorial cara menggambar ikan.

Sketsa bentuk tambahan ini diperlukan ketika menggambar tubuh putri duyung tersebut dan bagian tubuh lainnya seperti lengan dan kepala. Tak hanya itu, adanya garis-garis di wajah juga berfungsi untuk menyelaraskan mata dan hidung, serta tempat kerang sebagai bra-nya, siku dan bahu sendi, serta bagian siripnya.

Ariel merupakan putri duyung dengan karakteristik desain yang unik. Yang paling penting ketika kamu menggambar sosok duyung ini adalah gaya rambutnya yang unik. Ingat, dia berada di dalam air, sehingga usahakan rambut sedikit mengambang layaknya seperti di dalam air.

Gambar berjudul Draw Ariel Step 3

Disney Princess ini memiliki mata yang besar (umumnya karakter princess Disney memiliki mata yang relatif sama). Mereka biasanya memiliki bulatan mata yang sedikit besar. Hidungnya cantik dan kecil dengan bibir umumnya sedikit senyum kecil.

Gambar berjudul Draw Ariel Step 5

Kamu bisa menggambar putri duyung unu menggunakan alat gambar yang berujung kecil. Karakteristik alat gambar tersebut dipilih karena bisa membantu sebagai garis sketsa, yang apabila kamu sudah yakin kamu bisa mempertajam kembali goresan pensil tersebut.

Gambar diatas merupakan garis sketsa yang telah diperbaiki. Jika kamu memiliki sesuatu untuk ditambahkan atau diubah, lakukan sekarang!

Hapus dan hilangkan bekas sketsa atau bagian yang sudah tidak digunakan lagi.

Tambahkan warna. Untuk menjaga gambar serealis mungkin, gambarlah sesuai warna aslinya seperti kerang bra berwarna ungu, ekor harus hijau, dan sirip hijau terang.

Gambar berjudul Draw Ariel Step 7

Nah, selesai deh tutorial menggambar putir duyung Ariel. Lalu bagaiaman jika kamu ingin mencoba menggambar karakter putri duyung lainnya?

Cara menggambar putri duyung chibi

Cara Menggambar Putri Duyung 4

Cara menggambar putri duyung selain karakter Ariel

Tak hanya Ariel, kamu juga bisa menggambar karakter putri duyung lainnya. Misalkan seperti contoh gambar putri duyung di atas. Nah, tak terlalu sulit kok kamu hanya perlu mengikuti tutorialnya saja seperti di atas. Untuk warnanya sendiri sebenarnya bebas-bebas saja dan relatif. Tergantung dari kemauan kamu saja.

Cara Menggambar Putri Duyung 1

Cara Menggambar Putri Duyung Lucu dengan Karakter yang Unik

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggambar sosok putri duyung lainnya seperti gambar di atas. Tak sulit kok, kamu hanya perlu mengiuti petunujuknya di atas. Untuk pewarnaanya sendiri kamu bisa menggunakan berbagai alat mewarnai seperti pensil warna, cat air atau crayon juga bisa.

Cara Menggambar Putri Duyung 2

Cara Menggambar Putri Duyung Sketsa Pensil

Nah, untuk gambar putri duyung di atas adalah contoh gambar menggunakan sketsa. Karena teknik yang digunakan mengguankan sketsa, tentu kamu tidak perlu mewarnainya. Cukup dengan menggambarnya menggunakan pensil atau kamu juga bisa menggunakan teknik pewarnaan arsir.

Sekilas tentang putri duyung

Mermaid (putri duyung) adalah makhluk mitologi yang terkenal di dunia. Putri duyung memiliki tubuh seperti seorang wanita dari pinggang ke kepala. Sementara itu, dari pinggang ke kaki memiliki sirip seperti ikan.

Seperti yang dimuat oleh Solopos.com dan berbagai sumber lainnya, legenda putri duyung muncul dalam beberapa dongeng di dunia. Sejarah menunjukkan bahwa legenda pertama dari putri duyung dari cerita Kuno Suriah sekitar tahun 1000 SM. Dalam mitologi Suriah, putri duyung muncul karena ada wanita bernama Atargatis menceburkan diri ke sungai suci, karena malu dan sengaja membunuh seorang gembala yang juga kekasihnya.

Karena malu dengan tindakannya, Atargatis putus asa dan melemparkan dirinya ke sungai dan berniat mengubah wujudnya menjadi ikan. Namun, karena wajahnya sangat cantik, air sungai suci hanya mampu mengubah tubuhnya menjadi setengah ikan. Kepala ke pinggang tetap bentuk manusia, sedangkan pinggang ke kaki berubah menjadi ikan.

Di Babel, putri duyung diyakini sebagai dewa laut, Oannes digambarkan sebagai putri duyung laki-laki. Dalam Mitologi Yunani, putri duyung ini diceritakan sering menggoda pelaut dengan bernyanyi.

Nyanyian duyung bisa membuat orang terpengaruh karena memiliki kekuatan mistik. Karena itu juga membuat pelaut banyak yang penasaran dan ingin menemukan sumber suara yang indah tersebut, namun kebanyakan orang yang mendengar malah tenggelam.

Di Eropa, legenda putri duyung dikenal melalui buku dongeng Hans Christian Anderson The Little Mermaid, yang diterbitkan pada tahun 1837. Buku ini menceritakan kisah seorang putri duyung muda yang jatuh cinta dengan seorang pangeran yang dia selamatkan di tengah badai.

Rusalka adalah cerita rakyat tentang putri duyung di Rusia Timur. Ada, putri duyung dilaporkan sebagai hantu gadis-gadis muda yang tewas atau meninggal karena bunuh diri. Rusalka biasanya muncul dalam bentuk wanita berambut panjang berwarna hijau dengan warna kulit pucat. Rusalka biasanya datang pada tengah malam dan menari di bawah sinar bulan sambil memanggil nama orang yang membunuhnya.

Sementara kisah putri duyung dengan air mata bisa berubah menjadi mutiara dari cerita rakyat Cina. Kisah ini juga banyak diadopsi menjadi sinetron alur cerita di negeri tersebut.

Sampai saat ini, kebenaran legenda putri duyung masih merupakan misteri. Namun demikian, dikatakan di daerah Cornwall, Inggris, masyarakat percaya ada sebuah batu di pantai yang telah diduduki oleh putri duyung yang menyebabkan kematian seorang nelayan lokal.

Selain itu, kebenaran tentang keberadaan putri duyung juga telah ditemukan dalam catatan perjalanan Christopher Columbus. Dalam catatan Colombus menulis, ia melihat tiga putri duyung melintas di sekitar perairan Karibia. Nah, itulah sedikit informasi tentang putri duyung.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah beberapa cara menggambar putri duyung yang bisa kamu coba dan terapkan sendiri di rumah.