Home » Alam » Cara Menggambar Pemandangan Alam Beserta Contoh

Cara Menggambar Pemandangan Alam Beserta Contoh

  • by
Cara Menggambar Pemandangan Alam Beserta Contoh

Cara menggambar pemandangan – Kamu tentu juga senang menggambar pemandangan alam bukan? Bahkan pada masa-masa kecil dahulu, hingga kini kamu yang telah beranjak dewasa pun suka melukis atau menggambar indahnya pemandangan sekitar. Dari sejak duduk dibangku sekolah dasar, atau taman kanak-kanak dahulu, hampir semua Orang pun sering mendapat tugas menggambar pemandangan.

Pastinya menggambar pemandangan pun harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kalian. Karena, gambar pemandangan merupakan objek yang cukup umum. Di mana pemandangan itu terdiri dari pemandangan taman, gunung, sungai, laut atau pemandangan pekarangan sekolah sekalipun.

Cara menggambar pemandangan desa yang indah dan persawahan dengan crayon

Cara menggambar pemandangan desa yang indah dan persawahan

Sketsa dasar pemandangan alam

Pertegas gambar pemandangan alam kamu

Cara menggambar pemandangan desa yang indah dan persawahan

Gambar warna dasar terlebih dahulu

Cara menggambar pemandangan desa yang indah dan persawahan

Percantik gambar pemandangan kamu dengan teknik gradasi

Contoh Gambar Pemandangan Alam

Sebagai bahan referensi, kamu juga bisa melihat gambar pemandangan alam dari teman-teman lainnya.

Contoh Gambar Pemandangan Alam

Jembatan di pedesaan

Contoh Gambar Pemandangan Alam

Pemandangan alam rumah nenek di desa

Contoh Gambar Pemandangan Alam

Pemandangan laut yang indah saat sore

Contoh Gambar Pemandangan Alam

Pemandangan di danau dengan bebek-bebek yang berenang

Contoh Gambar Pemandangan Alam

Pemandangan laut di tepi pulau

Contoh Gambar Pemandangan Alam

Pemandangan matahari terbenam di tepi laut

Contoh Gambar Pemandangan Alam

Binatang-binatang laut dan ekosistemnya.

Tips menggambar pemandangan alam

Sebelum memilih gambar pemandangan yang akan kalian buat, pastikan kalian memiliki objek utama pada gambar tersebut. Sebagai contoh, kalian ingin menggambar pemandangan sawah. Pastinya ada objek persawahan di sana. Namun umumnya gambar pemandangan di sawah tersebut bisa mengambil beberapa view, misalkan di bukit dan gunung atau view landscape pojok sawah. Walaupun banyak yang memilih gambar pemandangan sebagai objek gambar mereka. Sebenarnya ada 4 langkah yang harus kamu ikuti saat akan mulai menggambar pemandangan alam. Apa saja itu?

1. Mencari Inspirasi

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya. Saat menggambar pemandangan, pastikan kamu sudah menentukan terlebih dahulu pemandangan apa yang akan kamu buat. Laut kah, sawah kah, danau kah, atau yang lainnya. Pastinya, kalian harus membuatnya semenarik mungkin dengan objek penunjang. Misalkan, kalian membuat pemandangan laut, pasti kalian juga harus membuat binatang-binatang di sana. Beberapa orang, memilih membuat lumba-lumba melompat pada gambar mereka.

2. Membuat Sketsa dasar

Sketsa dasar adalah hal terpenting ketika kalian menggambar objek apapun itu. Termasuk pula gambar pemandangan. Sketsa dasar bisa kalian buat menggunakan pensil saja. Mengapa harus pensil? Tentu agar kalian dapat menghapusnya dan memperbaiki kesalahan yang kalian buat saat menggambar.

3. Sesuai Objek Aslinya

Sesuaikan objek asli, maksudnya membuat gambar seolah-olah nyata. Dalam hal ini, kalian bisa membuat gambar berdasarkan ukuran dan fisiknya sesuai dengan objek sesungguhnya. Misalkan, kalian menggambar bukit, pastikan bukit tersebut lebih besar dibanding objek penunjang lainnya. Kesalahan yang kerap terjadi adalah soal proporsional bentuk dan ukuran gambar. Contohnya, gambar paus dan kura-kura pada pemandangan laut, memiliki proporsional yang sama. Hal ini tentu saja salah. Karena, ukuran paus tentunya lebih besar dibandingkan gambar kura-kura.

4. Pemilihan Warna

Warna juga tidak kalah pentingnya saat kalian menggambar. Jika kalian ingin menggambar gradasi warna, pastikan kalian sudah menyiapkan urutan warna terlebih dahulu. Dan, jangan pula menggambar objek dengan warna yang tidak sesuai aslinya. Seperti warna ikan paus dengan warna biru. Umumnya, kalian bisa menggambar paus dengan warna hitam – putih, atau abu-abu saja.

Nah, itulah tips cara menggambar pemandangan alam dan pedesaan beserta contohnya. Untuk kamu yang ingin menggambar pantai, baca juga tips dan cara menggambar pantai.

Contoh Cara menggambar Pemandangan

Untuk mempermudah kalian, berikut ini beberapa cara menggambar pemandangan alam mulai dari pemandangan gurun, hutan, pantai, savana dan pegunungan. Kalian bisa melihat langkah dan tutorialnya seperti petunjuk di bawah ini. Pastikan kalian mengikuti tutorial menggambar di bawah ini dengan seksama dan hati-hati. Jika kalian mengikuti langkah demi langkahnya, pastinya tak sulit kok. Sebelum kalian menggambar pemandangan di bawah ini, pastikan kalian sudah menyiapkan peralatan gambar favorit kalian. Jika kalian ingin menggambar sketsa, kalian bisa menyiapkan pensil 2B dan penghapus. Namun, jika kalian ingin mempercantiknya dengan memberi gambar pemandangan kalian dengan warna, kalian bisa mempersiapkan crayon, pensil warna ataupun pensil air.

Cara menggambar pemandangan gurun pasir

Cara menggambar pemandangan gurun pasir

Kalian pastinya tidak asing lagi bukan dengan lokasi para cowboy? Ya, jika kalian ingin menggambar pemandangan gurun, entah itu padang gurun timur tengah atau gurun Amerika lokasi di mana cowboy berada, kalia bisa mencontoh gambar di atas.

Baca juga: Keberadaan Gurun Di Australia Terjadi Karena?

Cara menggambar pemandangan pegunungan

Cara menggambar pemandangan pegunungan
Salah satu objek pemandangan alam yang kerap dipilih sebagai objek gambar adalah pegunungan. Saat kalian masih duduk di bangku sekolah dasar, pastinya kalian pernah bukan menggambar pemandangan gunung? Nah, agar gambar kalian lebih hidup dan lebih nyata, kalian bisa melihat langkah-langkahnya seperti di atas.

Cara menggambar pemandangan hutan

Cara menggambar pemandangan hutan

Hutan, siapa sih yang berani di hutan sendirian? Apalagi malam-malam? Pastinya takut, bukan? Selain banyak hewan-hewan buas, hutan juga dipenuhi dengan pohon-pohon tinggi dan menyeramkan. Nah, itulah beberapa langkah cara menggambar pemandangan hutan.

Cara menggambar pemandangan pohon-pohon tertiup angin

Cara menggambar pemandangan pohon-pohon tertiup angin

Jika kalian ingin menggambar suasana musim gugur, gambar di atas sangat cocok untuk kalian jadikan referensi, Salah satu yang paling mencolok dari suasana pemandangan di musim gugur adalah angin yang berhembus kencang.

Nah, sebenarnya kalian juga bisa mengganti pohon yang ada di gambar dengan jenis pohon lainnya. Misalnya, kalian ingin menggambar suasana musim gugur di Jepang dengan pemandangan khas pohon sakura. Maka, kalian bisa mengganti pohon di atas dengan pohon sakura juga lho.

Cara menggambar pemandangan pohon kelapa

Cara menggambar pemandangan pohon pisang

Jika kalian berencana ingin belajar cara menggambar pemandangan pantai, maka salah satu ornamen penting adalah pohon kelapa. Nah, bagaimana sih langkah-langkah cara menggambar pohon kelapa? kalian bisa melihat tutorialnya di atas.

Untuk membuat gambar pohon kelapa tersebut semakin nyata, pastikan kalian menggambar pohon kelapa dan beberapa hewan pendukung lainnya yang biasanya ada di pantai, seperti kepiting, atau hewan lainnya.

Cara menggambar pemandangan rumput-rumput

Cara menggambar pemandangan rumput-tumput

Jika kalian ingin menggambar pemandangan alam savana, atau padang rumput, pastinya kalian harus menggambar rumput-rumput sebagai pendukung gambar kalian. Nah, bagaimana cara menggambar pemandangan savana dengan banyak rumput hijau bertebaran, kalian bisa melihat contohnya seperti di atas.

Kalian bisa menggambarnya dengan penyesuaian warna rumput, misalkan kalian ingin menggambar pemandangan savana di pagi hari, maka kalian bisa menggambar dengan rumput warna hijau, namun jika kalian ingin menggambar view sore dengan matahari terbenam, maka buatlah warna rumput dengan warna coklat.

Nah, itulah beberapa cara menggambar pemandangan alam yang bisa kalian ikuti. Sebagai referensi, kalian juga bisa mencontoh beberapa referensi gambar pemandangan alam terindah di Indonesia di atas.