Cara Menggambar Orang dengan Mudah Ini Teknik dan Videonya

Cara Menggambar Orang dengan Mudah Ini Teknik dan Videonya

Cara menggambar orang dengan mudah – Banyak sekali yang ingin belajar cara menggambar orang atau manusia dengan mudah dan cepat. Memang untuk bisa menggambar orang dengan pola dan bentuk 3D, akan sangat sulit dilakukan jika tidak dimulai dari yang mudah terlebih dahulu, terutama bagi kamu yang masih pemula.

Namun jangan kuatir, kamu juga bisa mengikuti teknik menggambar orang atau manusia dengan mudah melalui contoh gambar dan video berikut ini.

Untuk kamu yang masih bersekolah TK ataupun masih SD, kamu juga bisa mengikuti contoh gambar manusia berikut. Ada gambar manusia jenis kartun, ilustrasi, arsiran, gambar gerak dan lain-lain.

Oke, untuk peralatan menggambar orang atau manusia, kamu bisa menggunakan alat sesuai keinginan kamu. Namun, untuk pemanasan awal, lebih baik menggunakan pensil terlebih dahulu. Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggambar menggunakan pensil.

Salah satunya karena pensil lebih mudah dihapus. Sehingga, ketika kalian menggambar pola atau sketsa gambar orang, maka kalian bisa menghapusnya jika terjadi kesalahan. Barulah, jika pola atau sketsanya sudah terbentuk, kalian bisa mewarnainya menggunakan peralatan menggambar lain, seperti pensil warna atau crayon.

Cara menggambar orang beserta bagian-bagiannya

Menggambar orang atau manusia memang cukup kompleks. Wajar saja, karena manusia atau orang memiliki bagian-bagian tubuh yang unik dan berbeda antara satu dengan lainnya.

Nah, untuk kamu yang ingin belajar cara menggambar orang, pastikan kamu mengetahui beberapa bagian tubuh dari manusia itu sendiri. Bisa dibilang, kamu harus belajar menggambar beberapa bagian pada manusia atau orang itu sendiri.

Langkah dan cara menggambar wajah orang atau manusia

Langkah-langkah membuat gambar bagian kepala dimulai dengan beberapa tahap.

Menggambar kepala orang atau manusia

1. Pertama-tama kamu dapat membuat terlebih dahulu sebuah lingkaran dengan dua garis horizontal dan satu garis vertikal yang ada tepat di bagian tengah gambar lingkaran tersebut. lingkaran. Untuk lebih detail dan jelasnya, kamu dapat melihat gambar pertamanya di bawah ini


Gambar atau pola kepala manusia ini memiliki beberapa aturan, yaitu 3 bagian untuk orang dewasa dan 2 bagian untuk wajah atau kepala anak-anak. Karena kita akan menggambar orang dewasa, maka bagian pola wajahnya kita bagi menjadi 3.

2. Setelah itu, kamu dapat melanjutkan dengan menambahkan dua buah garis yang berbentuk segitiga terbalik. Gambar ini juga berfungsi untuk mempermudah kamu dalam menggambar wajah orang agar lebih proporsional.

cara menggambar wajah orang

Setiap orang memiliki jenis dagu yang berbeza, ada yang berdagu runcing, berdagu besar, dagu berbelah, atau dagu kotak. Namun, untuk mempermudah kita bisa menggunakan pola V untuk membentuk bidang dagu. Tinggal selanjutnya kalian mempertajam bentuk dagu seperti apa yang ingin kalian gambar

3. Jika bagian sebelumnya sudah kamu lakukan, maka tahap selanjutnya adalah dengan menggambar bagian dagu orang tersebut. Bagaimana caranya? yaitu dengan menambah dua buah garis. Usahakan jangan terlalu besar atau pun berada dalam posisi yang terlalu ke bawah. Lebih detailnya, kamu bisa melihat gambarnya di bawah ini.

cara menggambar wajah orang
Selanjutnya tinggal mempertegas bagian alis, mata hidung dan pola mulut sebagai sketsa. Karena gambar orang ini diambil dari angle atau sudut atas, maka pola wajah kita letakan agak sedikit ke bawah.

4. Langkah selanjutnya, atau yang bisa kita bilang tahap terakhir ini adalah tahap finising. Yaitu tahap agar membuat komposisi wajah orang yang lebih lengkap, seperti alis, mata, hidung, mulut dan bagian wajah lainnya. Untuk referensinya sendiri, kamu bisa lihat contoh gambar orang yang telah selesai di bawah ini.

Contoh gambar kepala orang yang telah selesai dibuat

Contoh gambar kepala orang yang telah selesai dibuat
Gambar orang di atas ini merupakan sketsa finishing. Kalian cukup menambahkan ekspresi apa yang kalian ingin tampilkan digambar yang kalian buat. Misalkan ekspresi wajah sedih, marah, tertawa atau kesal.

Cara menggambar orang dengan tubuh sempurna dan lengkap

Setelah mempelajari bagaimana cara menggambar wajah orang atau manusia, selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara menggambar orang dengan tubuh sempurna dan lengkap.

Berbeda dengan menggambar bagian wajah saja, untuk tubuh secara lengkap kamu dapat membuat beberapa langkah di bawah ini. Sebenarnya, tahap ini hanyalah pembelajaran dasar saja. Namun, jika kamu sudah memiliki kemampuan atau keterampilan ini dengan lebih baik, maka kamu akan lebih mudah menggambar bentuk yang lebih sulit. Misalkan, gambar orang yang sedang melakukan aktifitas.

Pola atau sketsa dasar cara menggambar orang bertubuh lengkap pertama, yaitu dengan menentukan terlebih dahulu posisi gambar orang tersebut. Pola ini memang terlihat mudah, namun pola tersebut merupakan pola dasar yang akan menentukan hasil gambar orang kalian secara keseluruhan. Pastikan kalian menentukan pola atau gayanya terlebih dahulu.

Tahap pertama kamu dapat membuat bentuk dasar dari tubuh orang yang akan kamu buat. Pastikan kamu sesuaikan posisi orang yang akan kamu gambar dengan aktifitas yang sedang ia jalani. Misalkan pada contoh kali ini kita akan menggambar orang yang sedang dalam posisi tolak pinggang.


Tahap ini merupakan sebagai pola lanjutan yang akan mempertegas pola-pola bagian tubuh dari orang yang kalian gambar. Namun perlu diingat, banyak yang kerap kali mengalami kesulitan. Umumnya orang-orag menggunakan manekin kayu untuk mempermudah proses menggambar yang mereka lakukan.

Jika sudah, buat bentuk pola dari tubuh tersebut sesuai dengan gambar dasar yang telah kamu buat selanjutnya.


Lanjutan atau proses ini sebenarnya hanya mempertegas bentuk otot dan bagian tubuh menjadi lebih realistis, namun perlu diingat. Agar lebih mempermudahnya, pastikan kalian masih menggunakan manekin sebagai referensi menggambar.

Jika sudah, pertegas gambar orang tadi dan hapus secara perlahan bagian-bagian yang sudah tidak dibutuhkan lagi.


Tahap menggambar ini lebih ditujukan untuk menghapus bagian kurang penting atau sisa-sisa garis dan goresan yang tak diperlukan lagi.

Jika sudah pertegas detail dari tubuh orang yang akan kamu gambar. Tahap ini bisa meliputi wajah dan bagian-bagiannya, beserta lekuk dan bagian otot tubuhnya.

Untuk finishing akhir, kalian bisa memberikan gradasi atau efek-efek bagian gelap dari gambar kalian. Jika sudah, arsirlah bagian tersebut agar gambar orang yang kamu buat lebih realistis dan nyata.

Cara menggambar orang perempuan dengan mudah

Jika sebelumnya kita telah belajar cara menggambar wajah orang secara umum, selanjutnya kita akan membahas cara menggambar orang perempuan dengan mudah. Pada kesempatan ini kita akan membagi menjadi 2 kategori yaitu cara menggambar orang perempuan bagian wajah saja, dan bagian selanjutnya seluruh tubuh.

Secara keseluruhan, baik gambar bagian wajah maupun seluruh tubuh tidak akan jauh berbeda dengan cara-cara menggambar orang sebelumnya. Hanya saja, untuk gambar perempuan sendiri, kuncinya terletak pada bagian mata dan rambut.

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, saat membuat gambar wanita, baik itu sketsa atau anime sekalipun, mata adalah hal tersulit. Memang hal itu wajar saja, karena karakter pembeda antara wanita dan pria memang terpancar dari bagian mata, termasuk bagian alis.

Lantas bagaimana caranya? berikut ini ulasannya cara menggambar orang perempuan yang bisa kamu ikuti.

Cara menggambar orang perempuan dengan mudah

Cara pertama, yaitu kamu bisa menggambar pola lingkaran. Kemudian tambahkan bagian dagu sehingga lingkaran menjadi sebuah oval. Secara keseluruhan, gambar pola wajah orang perempuan tersebut tampak seperti bentuk sebuah telur. Kemudian, bagi pola wajah menjadi 6 bagian seperti contoh di atas. Kemudian,  Pada bagian paling atas, buat bentuk alis seperti contoh di atas. Baca jua langkah-langkah cara menggambar alis.
Cara menggambar orang perempuan dengan mudah

Setelah itu, buat bagian pola mata. Nah, bagian mata ini bisa dibilang sebagai bagian tersulit kamu bisa mencontoh dari tautan cara menggambar mata ini. Nah jika sudah lanjutkan dengan membuat bagian hidung dan bagian mulut. Barulah selanjutnya bagian rambut. Sebenarnya kamu bisa menggambar rambut sesuai kebutuhan. Namun kali ini kita mengambil contoh seperti di bawah ini. Sebagai referensi kamu bisa mencontoh bentuk rambut orang perempuan seperti di bawah ini.

Cara menggambar rambut-rambut orang perempuan dengan mudah
Di atas ini beberapa contoh rambut wanita yang bisa kamu pilih dan bisa kamu kreasikan sendiri dengan gambar-gambar orang yang kamu buat. Lucu-lucu bukan?

Cara menggambar orang perempuan dengan mudah
Jika sudah, maka kamu tinggal menghapus bagian-bagian yang dianggap kurang penting. Selanjutnya kamu bisa menebalkan bagian-bagian yang butuh penegasan. Misalkan bagian mata atau alis. Nah jika kamu ingin menambahkan kesan realistis, kamu bisa mengarsir bagian-bagian sudut gelap.

Untuk kamu yang ingin membuat gambar wanita berhijab, kamu bisa melihat cara menggambar wanita berhijab. Khusus untuk kamu yang ingin menggambar sketsa wanita berhijab menggunakan pensil, kamu bisa juga melihat cara di tautan tersebut.

Nah, jika kamu ingin menggambar orang perempuan seluruh badan full, sebenarnya tak jauh berbeda seperti pembahasan sebelumnya. Namun, ada perbedaan seperti pada pola pinggang, dada dan besaran massa otot tangan dan kaki. Sebagai gambaran, kalian bisa melihat pola badan perempuan atau wanita seperti contoh di bawah ini.

Cara menggambar orang perempuan dengan mudah

Beberapa contoh dan cara menggambar orang dengan berbagai aktivitas

Cara Menggambar Orang Bekerja
Contoh cara menggambar orang dengan berbagai aktivitas. Kalian bisa mencontoh gambar ini jika kalian ingin menggambar orang dengan berbagai aktivitas, misalkan aktifitas orang di pasar.

Cara Menggambar Orang Arsir dengan Pensil
Untuk gambar di atas, merupakan teknik mengarsir. Untuk kamu yang ingin menggambar orang dari bagian samping dan ingin menerapkan teknik mengarsir, bisa menjadikan gambar di atas sebagai referensi. Baca juga cara menggambar orang dari samping.

Cara Menggambar Orang Beraktifitas
Contoh gambar orang di atas, menggambarkan posisi yang umum dilakukan. Misalkan bagian atas saat orang sedang duduk. Misalkan saat mengetik komputer. Selanjutnya sedikit agak membungkuk, misalkan saat mengangkat barang. Selanjutnya, posisi berdiri. Misalkan kalian ingin menggambar orang sedang membawa nampan atau sedang memikul barang dagangan. Kalau yang ketiga, merupakan pola dasar saat orang sedang sedikit membungkuk. Misalkan saat sedang menari. Lucu juga ya gambarnya, mirip orang sedang menari ska atau moshing.

Contoh dan cara menggambar orang dengan pensil

Sama seperti contoh menggambar sebelumnya, untuk kalian yang ingin belajar cara menggambar orang dengan pensil sebenarnya sama saja. Yang membedakannya hanya medianya saja. Jika menggambar dengan pensil, pastinya lebih menguntungkan. Misalkan, kalian mengalami kesalahan kalian bisa segera menghapusnya. Nah, berikut ini beberapa contoh dan cara menggambar orang dengan pensil.

Contoh dan cara menggambar orang dengan pensil

Gambar diatas adalah salah satu cara menggambar orang menggunakan pensil, atau yang bisa disebut dengan teknik menggambar sketsa. Umumnya, pensil yang bisa kamu gunakan adalah jenis 2B yang memang dikenal karena gradasi hitamnya yang baik.

Contoh dan cara menggambar orang dengan pensil
Gambar ini merupakan sketsa pertama. Yaitu hanya digambar tanpa menggunakan arsiran ataupun gradasi warna hitam.

Contoh dan cara menggambar orang dengan pensil

Contoh dan cara menggambar orang dengan pensil

Contoh dan cara menggambar orang dengan pensil
Nah, kalau yang ini merupakan sketsa gambar Nisa Sabyan yang dibuat menggunakan pensil dengan beberapa arsiran.

Contoh dan cara menggambar orang dengan pensil

Contoh dan cara menggambar orang anak TK, SD atau Pemula

Tak seperti contoh gambar sebelumnya, kali ini kita juga akan membahas cara menggambar orang untuk anak TK, SD atau pemula. Memangnya, apa sih yang membedakan gambar orang dengan yang sebelumnya? Tentu saja tingkat kesulitannya. Nah, pada contoh gambar di bawah ini gambar yang dibuat cukup simpel. Yaitu hanya menerapkan gambar dari satu sisi yaitu bagian depan. Selain itu, caranya juga cukup dengan menggunakan alat sederhana seperti pensil saja. Untuk kalian yang ingin menggambar orang untuk anak SD, TK ataupun pemula, beberapa gambar di bawah ini bisa menjadi contoh.

Cara Menggambar Orang Pebisnis dan Pengusaha
Nah, contoh gambar orang untuk anak TK, SD dan pemula di atas adalah gambar seorang pebisnis yang sedang ingin berangkat bekerja.

Cara Menggambar Orang Mudah Laki dan Perempuan
Nah, kalau ini agak seperti gambar doodle ya. Kalian cukup menggambar pola dasar seperti di atas, kalian juga bisa mengkreasikan seperti keinginan kalian juga lho.

Cara Menggambar Orang 3D
Kalau yang satu ini mungkin lebih ditujukan untuk para pemula. Kalian yang masih TK atau SD bisa belajar dari yang termudah dahulu. Dan hindari gambar2 yang menampilkan sudut 3 dimensi.

Cara Menggambar Orang di sekolah guru dan murid
Cita-cita menjadi guru? Nah, contoh gambar guru di atas bisa menjadi referensi kalian. Untuk kalian yang ingin menggambar sekolah, kalian bisa menjadikan gambar guru ini sebagai salah satu bagian objek gambar sekolah kalian.

Cara Menggambar Orang Lucu
Nah, ini lanjutan gambar yang sebelumnya mirip doodle di atas, bedanya, gambar orang yang satu ini tampil dar bagian depan.

Video menggambar orang dengan mudah

Nah, jika kalian masih bingung dan membutuhkan tutorial lagi, maka berikut ini beberapa contoh video menggambar orang atau manusia dengan mudah yang bisa kalian jadikan contoh.


Video ini mengajarkan kita cara menggambar orang yang berprofesi sebagai profesional atau karyawan. Bisa dibilang cara tersebut mudah kok, dan cocok untuk kalian yang ingin mengajarkan adik kalian menggambar. Jadi baik anak TK, SD ataupun pemula pasti bisa mencontohnya.


Untuk kalian yang ingin menggambar orang perempuan atau laki-laki, bisa nih mencontoh video di atas. Namun, objek orang yang digambar kali ini adalah anak-anak.


Jika gambar sebelumnya orang dalam usia anak, maka orang laki-laki dan perempuan kali ini adalah remaja. Jika kalian sudah bisa menggambar objek anak-anak, barulah kalian bisa melanjutkan ke bagian ini ya.

Cara menggambar orang saat psikotes dalam wawancara kerja

Sebenarnya, cara menggambar orang saat psikotest atau saat wawancara kerja tak jauh berbeda dengan saat kamu menggambar orang seperti biasanya. Hanya saja, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting untuk mempertegas gambar kamu agar lebih meyakinkan karakter dan pribadi kamu saat melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Ada beberapa pertimbangan saat kamu menggambar orang untuk tujuan psikotes, beberapa diantaranya adalah:

Cara menggambar orang saat psikotest dalam wawancara kerja
Beberapa tips cara menggambar orang saat interview kerja adalah dengan menggambarnya secara realistis dan nyata, jangan lupa memasukan informasi diri yang berhubungan dengan profesi yang kamu lamar. Jangan lupa membuka 3 informasi terkait sifat negatif dan positif yang ada di diri kamu.

1. Gambar orang sesuai dengan jenis kelamin

Tips yang dapat kamu catat saat menggambar orang dalam proses atau pelaksanaan tes psikotes yang pertama adalah kamu harus menggambar objek sesuai yang akan kamu gambar sesuai dengan jenis kelamin kamu. Misalkan jika kamu adalah seorang perempuan, maka usahakan gambar orang yang kamu buat juga adalah seorang perempuan. Pastikan gambar tersebut kamu gambar tepat berada di tengah kertas dalam posisi simetris.

2. Gambar orang dengan bagian tubuh lengkap, jangan menggambar karakter kartun atau hanya sketsa

Untuk lebih mempertegas gambar orang yang kamu buat, pastikan kamu menggambar dengan memperhatikan bagian-bagian tubuh, seperti mata, alis, hidung, telinga, tangan, mulut, hingga jari sekalipun secara lebih detail. Tak harus bagus, tapi buatlah secara detail. mengapa harus detail dan lengkap, tentunya hal ini akan menunjukan jika kamu adalah orang yang detail dan telaten saat bekerja.

3. Sesuaikan dan pilih jenis profesi yang sesuai dengan gambar orang tersebut

Dalam tes psikotes, tentunya kamu harus menggambar sebuah aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan gambar orang tersebut. Profesi ini tercermin sesuai dengan aktifitas yang kamu pilih. Pastikan kamu sudah menentukan profesi dan aktifitas yang sedang dikerjakan pada gambar tersebut. Usahakan pula jika aktifitas yang kamu gambar adalah hal-hal yang sesuai dengan jobdesk atau aktifitas yang akan kamu lakukan saat bekerja di perusahaan tersebut.

4. Gaya Posisi Objek

Tak hanya bagian dan aktivitasnya, posisi juga menentukan keberhasilan kamu dalam mengikuti tes menggambar orang dalam sebuah wawancara kerja. Beberapa orang dan praktisi menyarankan jika lebih baik gambar tersebut berada di gaya posisi yang proporsional. Misalkan dia sedang mengetik, pastikan dia berada di tengah kertas dengan proporsi ukuran orang dan meja kerja tersebut sesuai dengan proporsionalnya. Jangan menggambar ukuran meja yang lebih besar dibanding orang tersebut. Hal tersebut berlaku sebaliknya.

5. Perhatikan dan penekanan Garis Gambar

Penekanan pensil atau ketegasan gambar juga berpengaruh terhadap penilaian. Hal itu mencerminkan jika kamu adalah orang yang percaya diri. Jangan sesering mungkin menghapus atau menebalkan gambar secara berlebihan. Pastikan kamu menggambar orang tersebut sekali goresan saja namun tegas dan jelas.

Nah, itulah beberapa tips cara menggambar orang saat interview kerja yang bisa kamu lakukan. Semoga berhasil ya!

Tinggalkan komentar