Home » Bangunan » Cara Menggambar Monas Mudah dari Huruf I (Video Tutorial)

Cara Menggambar Monas Mudah dari Huruf I (Video Tutorial)

  • by
Cara Menggambar Monas

Cara menggambar Monas – Monas merupakan salah satu monumen yang menjadi ikon kota Jakarta. Monas sendiri merupakan singkatan dari Monumen Nasional.

Monumen yang berada di kawasan Jakarta ini, berdiri tepat bersebelahan dengan Stasiun Juanda. Mungkin dari kalian banyak yang ingin belajar bagaimana cara menggambar Monas. 

Untuk itu berikut video yang bisa memberikan kalian tip dan trik cara menggambar Monas dengan huruf “I”.

Cara menggambar Monas dengan huruf I

 

Video cara menggambar monas ini terbilang mudah. Pastinya, kalian bisa mengikuti video ini langkah demi langkah secara mudah. Untuk kalian yang memang sedang belajar atau ingin mengajari adik-adikmu cara menggambar monas, pastinya kalian harus melihat video ini secara lengkap ya.

Secara umum, untuk bisa menggambar monas, kalian harus mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian Monas, atau Monumen Nasional ini ya. Ada 3 bagian yang harus kalian pahami saat menggambar monumen ini, yaitu:

Bagian tugu Monas

Bagian tugu Monas, atau obor api ini merupakan puncak tertinggi Monas. Cara menggambarnya cukup seperti kamu menggambar api atau ujung es krim cone.

Bagian tengah badan Monas

Gambar bagian tengah badan monas, merupakan bagian badan yang merupakan tangga penghubung antara bagian teras dengan bagia tugu yang berada di atas.

Bagian teras monas

Bagian teras ini merupakan bagian paling bawah yang berisi tangga pintu masuk hingga ke bagian teras bawah. Cara menggambarnya cukup dengan membuat bentuk seperti halnya menggambar badan perahu.

Sejarah singkat tentang Monas

Monas sendiri merupakan singkatan dari Monumen Nasional. Monas juga dikenal dengan nama populer Tugu Monas. Monas merupakan salah satu monumen peringatan yang memiliki tinggi sekitar 132 M atau 433 kaki.

Monumen ini didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan para rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan Indonesia pada zaman penjajahan dahulu. Pembangunan monumen ini sendiri dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 tepatnya di bawah pemerintahan presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno. Museum Nasional baru resmi dibuka pada tanggal 12 Juli 1975.

Tugu ini pun memiliki mahkota lidah api yang dilapisi oleh emas. Mahkota tersebut melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala rakyat Indonesia ketika bertempur dengan para penjajah Hindia Belanda dahulu.

Letak Monas sendiri berada di tengah lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen Nasional dibuka setiap harinya mulai dari pukul 08.00 sampai 03.00 sore Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB). Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya, namun amonium nasional ditutup untuk umum.

Baca juga: Cara menggambar rumah

Contoh Gambar dan Lukisan Monas

Contoh Cara mengambar Monas dengan crayon

Contoh gambar monas dengan crayon warna-warni. Untuk bisa menggambar seperti desain dan gradasi seperti ini, kamu harus menggunakan crayon sebagai alat menggambar kamu.

Contoh Cara menggambar Monas dengan Arsiran Pensil
Contoh menggambar monas dengan arsir pensil. Cara menggambar seperti ini merupakan teknik arsir. Yaitu menggambar dengan menggoreskan pensil. Pertama menggambar sketsa monas, kemudian mengarsirnya menggunakan pensil sambil membentuk gradasi.

Contoh Cara menggambar Monas dengan Pensil Warna Warni
Contoh gambar monas dengan pensil warna-warni. Nah, kalau yang satu ini menggunakan pensil warna sebagai alat menggambar. Tapi perlu diingat, pensil warna yang digunakan merupakan pensil warna watercolor. Jadi setelah menggambar, kamu harus memberikan efek dengan menggunakan sedikit air saat mewarnainya. Nah, kamu juga bisa belajar cara menggambar pemandangan alam yang indah untuk mengasah keterampilan gambar kamu.