Home » Hewan » Cara Menggambar Burung Merak, Burung dengan Bulu Indah di Dunia

Cara Menggambar Burung Merak, Burung dengan Bulu Indah di Dunia

  • by
wapt image 2174

Banyak burung indah yang bisa kamu gambar. Mulai dari burung merpati, burung elang, burung unta atau burung merak. nah, kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara menggambar burung merak. Berikut ini beberapa langkah-langkahnya.

Cara menggambar burung merak, burung dengan bulu indah

Cara menggambar merak 1

Cara menggambar merak 1

Cara menggambar burung merak

Cara menggambar burung merak

Cara menggambar merak 2

Cara menggambar merak 2

Fakta tentang burung merak

Burung merak adalah salah satu burung di dunia dengan bulu-bulu yang indah. Siapapun yang melihatnya akan terpesona. Salah satu spesies burung merak di Indonesia adalah merak hijau.

Merak hijau (Peafowl hijau) yang dalam bahasa ilmiah disebut Pavo muticus tidak kalah indah dengan merak India atau merak biru (Pavo cristatus) yang ditemukan di India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan Bhutan, dan burung merak Kongo (Afropavo congensis) yang di endemik Republik Demokratik Kongo.

Bagaimana karakteristik? Ada di China, Vietnam, dan Indonesia, sekilas fauna berbentuk seperti ayam. Merak yang mantel, leher, dada dan punggung hijau sisik emas bermotif. Penutup ekornya sangat panjang dan ketika dibuka akan membentuk kipas raksasa yang memiliki mantel mengkilap dengan bintik-bintik mata berbentuk khas. Ada jambul di atas kepalanya.

Dalam hal ukuran, burung merak jantan memiliki ukuran 180-250 cm. Meskipun ukurannya sangat besar, tetapi merak hijau termasuk burung yang handal untuk urusan terbang.

Sementara burung merak betina memiliki karakteristik yang kurang mencolok, seperti warna kurang mengkilap dan warna hijau yang keabu-abuan. Burung merak betina juga tidak memiliki penutup dengan ekor bulu. Kepalanya memiliki warna hitam di sekitar mata dan warna kuning cerah di sekitar kupingnya. Ukurannya lebih kecil dari burung merak jantan, yaitu sekitar 100-110 cm.

Ketika musim berkembang biak datang dalam bulan Agustus hingga Oktober, burung-burung jantan akan menarik burung betina dan mengusir laki-laki lain dengan memamerkannya. Bulu penutupnya akan membuka seperti kipas dengan bentuk bintik-bintik seperti bentuk mata.

Burung betina akan menetas 3-6 telur dan akan mengeraminya dengan menaruhnya di tumpukan daun dan ranting di tanah selama satu bulan. Setelah menetas, anak burung merak akan terus berdekatan dengan ibu sampai musim kawin berikutnya.

Sementara untuk makanannya, merak hijau mengkonsumsi biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, aneka serangga, serta berbagai jenis hewan kecil seperti laba-laba, cacing dan kadal kecil.

Nah, itulah beberapa langkah dan penjelasan cara menggambar burung merak, burung dengan bulu indah.