Home » Menggambar » Hewan » Cara Menggambar Lumba-Lumba Hidung Botol, Mudah! Hanya 7 Langkah

Cara Menggambar Lumba-Lumba Hidung Botol, Mudah! Hanya 7 Langkah

  • by
Cara Menggambar Lumba-Lumba Hidung Botol

Cara menggambar lumba-lumba – Siapa yang tidak kenal dengan hewan laut yang satu ini? Ya lumba-lumba. Tapi tahukah kamu jika banyak yang belum tahu jika lumba-lumba merupakan mamalia laut.

Walaupun secara fisik ia merupakan jenis ikan, namun tak seperti ikan hiu atau ikan laut kebanyakan lainnya, hewan ini digolongkan sebagai mamalia laut.

Nah untuk yang kamu ingin belajar cara menggambar lumba-lumba, berikut ini ulasan yang bisa kamu coba.

Nah, bagaimana sih step-step cara menggambar lumba-lumba itu? Mudah kok, kamu cukup ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini.

Cara menggambar lumba-lumba hidung botol mudah, hanya 7 langkah

Cara Menggambar Lumba-Lumba Hidung Botol
Cara pertama menggambar lumba-lumba yaitu dengan menggambar bentuk badan lumba-lumba tersebut, yaitu dengan membentuk gambar lonjong. Bentuknya kurang lebih seperti kamu menggambar terong. Mudah bukan?

Cara Menggambar Lumba-Lumba Hidung Botol

Nah setelah itu, kamu bisa menggambar bagian hidungnya. Bagian hidung lumba-lumba tutup botol memang unik. Pasalnya, hidungnya sedikit meruncing dan mirip halnya seperti bentuk botol minum. Cara membuat gambar hidung lumba-lumba ini cukup dengan membentuk bangun oval. Buatlah sedikit membulat tapi agak lonjong seperti halnya kamu membuat telur ayam.

Cara Menggambar Lumba-Lumba Hidung Botol

Nah, setelah membuat sketsa bagian hidungnya, kini kamu dapat membuat pola hidung tutup botol si lumba-lumba ini. Buatlah bentuk seperti angka tiga namun dengan bagian tengah sedikit memanjang seperti gambar merah yang ada di atas.

Cara Menggambar Lumba-Lumba Hidung Botol

Jika sudah, tahap selanjutnya yaitu menggambar bagian sirip lumba-lumba. Nah ada tiga bagian yang harus kamu buat, yaitu sirip bagian atas dan sirip bagian bawah kiri dan kanan si lumba-lumba. Untuk bagian sirip, kamu bisa membuatnya mirip seperti ikan hiu. Namun, untuk lumba-lumba posisinya agak sedikit ke bawah. Sedangkan bagian sirip kiri dan kanannya, kurang lebih sama seperti kamu membuat gambar daun. Nah barulah kamu membuat gambar sirip ekor lumba-lumba dengan membuat gambar segitiga.

Cara Menggambar Lumba-Lumba Hidung Botol

Setelah itu, kamu dapat merapikan bentuk sirip ekornya dari pola segitiga yang telah kamu buat sebelumnya. Kemudian, buat juga bagian mata dengan meletakkannya tak jauh dari gambar oval bagian mulut si lumba-lumba tersebut.

Cara Menggambar Lumba-Lumba Hidung Botol

Setelah itu, kamu dapat menghapus bagian pola yang sudah tak terpakai dan merapikan bagian-bagian dengan menambahkan penegasan agar gambar lumba-lumba semakin realistis. Mudah bukan cara menggambar lumba-lumba hidung botol ini? Etis, tunggu dulu, jika sudah maka kamu dapat mewarnainya dengan pensil warna, crayon atau alat menggambar lainnya.

Cara Menggambar Lumba-Lumba Hidung Botol

Jika sudah selesai, kamu dapat menggambar ornamen lain untuk mempercantik gambar lumba-lumba yang kamu buat. Bagaimana? tertarik mencoba belajar cara menggambar lumba-lumba?

Tentang Lumba-lumba

Nah, setelah kamu belajar cara menggambar lumba-lumba, pastinya kamu ingin tahukan keunikan hewan ini. Nah, apa saja sih keunikan hewan ini? Lumba-lumba adalah mamalia laut yang cerdas, di samping   sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya yang kompleks. Sehingga tidak sedikit teknologi yang dibuat oleh manusia terinspirasi dari lumba-lumba. Misalnya kulit lumba-lumba yang dapat memperkecil gesekan dengan air dan bisa membuat lumba-lumba bisa berenang dengan lebih lincah dengan hambatan air yang minim. Hal ini kerap diterapkan dalam pakaian atau baju renang yang serupa kulit lumba-lumba.

Lumba-lumba mempunyai   sistem yang dipakai   berkomunikasi dan menerima rangsangan yang disebut sistem sonar, sistem ini bisa menghindari benda-benda di depan lumba-lumba, agar terhindar dari benturan. Teknologi ini lantas diterapkan dalam   radar kapal selam. Lumba-lumba sendiri merupakan hewan menyusui sebab lumba lumba adalah hewan mamalia. Mereka hidup di laut dan sungai. Lumba-lumba juga merupakan kerabat paus dan pesut. Ada lebih dari 40 jenis lumba-lumba.

Bayi lumba-lumba yang baru lahir akan dibawa ke permukaan oleh induknya supaya dapat bernapas, karena memang mereka merupakan hewan mamalia yang memiliki sistem pernapasan dengan paru-paru. Lumba-lumba haris naik ke permukaan air guna bernapas. Lumba-lumba bernapas melewati lubang udara yang terletak di atas kepalanya. Tubuhnya yang licin dan ramping   cocok untuk berenang lebih cepat dan lincah. Lumba-lumba menyusui anaknya dan mengawal menjaga anaknya sampai tumbuh semakin besar.

Lumba-lumba hidup dan bekerja dalam kumpulan atau dinamakan kawanan. Mereka kerap bermain bersama. Lumba-lumba sendiri tidak dapat istirahat atau tertidur sampai terlelap di bawah air karena Ia dapat tenggelam.

Oleh sebab itu, ia istirahat namun tak sepenuhnya terlelap. Lumba-lumba mengkonsumsi cumi dan ikan mullet abu-abu. Kadang kadang Lumba-lumba menggiring kawanan ikan supaya gampang ditangkap. Lumba-lumba mengantarkan suara di dalam air. Jika suara tersebut terbentur dengan sebuah benda, suara tersebut bakal dipantulkan balik sebagai gema.

Kadang kadang, suara gaduh di laut dampak pengeboran minyak akan membingungkan lumba-lumba. Mereka bisa merasakan masalah dalam mengirim dan menerima pesan. Karena itu hewan ini tergolong fauna yang sangat cerdas, melebihi simpanse.

Manusia senantiasa tertarik dengan cerita lumba-lumba. Bangsa Romawi sudah menciptakan gambar mozaik mereka selama 2.000 tahun lalu. Sekarang, banyak orang yang senang berenang di laut bareng hewan yang pandai dan bersahabat ini.

Lumba-lumba mesti berhati hati terhadap ikan hiu yang  bisa menyerang mereka sewaktu waktu. Mereka mempersenjatai diri dengan gigi-giginya, kadang-kadang mereka memakai paruhnya sebagai pelantar.

Lumba-lumba termasuk sebagai mamalia yang cerdas. Lumba-lumba bisa membantu manusia, bila   hewan ini telah terlatih, bahkan lingkaran api juga bisa mereka terobos. Singa laut, spesies primata, ikan paus dan anjing pun tergolong hewan yang cerdas.

Lumba-lumba yang telah terlatih bisa mengerjakan sekian banyak atraksi dan mereka pun bisa berhitung. Kamu juga bisa membaca tips cara menggambar hewan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *