Home » Cara Menggambar Kura-Kura Mudah untuk Kamu Penyuka Reptil

Cara Menggambar Kura-Kura Mudah untuk Kamu Penyuka Reptil

  • by
Cara menggambar kura kura 2

Hewan apa yang sejak kecil sudah punya rumah sendiri? Nah, bisa kalian coba tebak? Ya benar kura-kura. Selain menggambar ikan, kalian juga bisa nih belajar cara menggambar kura-kura. Tapi apa kalian sudah tahu, ternyata kura-kura ini bukanlah hewan laut, namun hewan darat. Walaupun lebih bisa berenang, namun kura-kura lebih banyak menghabiskan hidupnya di darat.

Nah, bagaimana cara menggambar kura-kura? Berikut ini beberapa contoh cara menggambar kura-kura yang bisa kalian jadikan contoh.

Cara menggambar kura kura 4

Cara menggambar kura kura 

Nah, untuk kalian yang ingin menggambar kura-kura, contoh refrensi di atas bisa kalian jadikan rujukan.

Cara menggambar kura kura 1

Cara menggambar kura kura kartun

Bagaiamana jika ingin menggambar kura-kura dalam bentuk kartun? Nah, 4 langkah contohnya di atas bisa kalian jadikan langkah pelajarannya.

Cara menggambar kura kura 3

Cara menggambar kura kura untuk anak-anak

Nah, kalau kalian baru belajar menggambar atau ingin mengajarkan adik kalian menggambar, langkah di atas pastinya bisa kalian jadikan rujukan. Pasalnya, caranya cukup mudah dan tidak memerlukan langkah yang sulit.

Cara menggambar kura kura 6

Cara menggambar kura kura 3D

Nah, kalau yang satu ini pastinya kalian harus sudah cukup jago ya. Namun, jika kalian ingin mencoba mencontoh gambar kura-kura seperti di atas, kalian bisa coba juga kok.

Cara menggambar kura kura 5

Cara menggambar kura kura untuk anak TK

Nah, jika adik kalian ada pekerjaan rumah menggambar kura-kura, contoh di atas bisa kalian jadikan contoh.

Fakta tentang kura-kura

Penyu dan kura-kura merupakan hewan reptil yang memiliki kaki empat dan termasuk ke dalam golongan hewan reptil. Hewan yang memiliki ordo Testunidata tersebut sangat mudah dikenali secara khas karena keberadaan batok atau rumah yang berbentuk kaku dan keras.

Adapun batok dari kura-kura tersebut terdiri atas 2 bagian. Pada bagian yang menutupi punggung sendiri dinamakan karapas, sedangkan untuk bagian bawah dinamakan plastron. Pada setiap bagiannya tersebut terdiri atas 2 lapis, untuk lapis luar biasanya berbentuk sisik-sisik yang keras dan besar serta tersusun seperti halnya genting. Sedangkan di lapisan dalam berbentuk lempeng-lempeng seperti tulang tersusun rapat, layaknya tempurung.

Apa perbedaan kura-kura dan penyu?

Tak sedikit orang yang masih belum bisa membedakan antara kura-kura dan penyu. Meskipun mereka masih dalam 1 family namun memiliki perbedaan yang begitu mencolok seperti berikut ini :

Meskipun kura-kura dapat hidup di air dan juga di darat, namun kura-kura sendiri lebih menyukai habitat daratan dibandingkan air.

Penyu lebih banyak menghabiskan waktu di air dibandingkan di daratan. Tak Hanya itu saja, ada juga penyu betina yang muncul ke daratan ketika mereka bertelur saja. Untuk itu, penyu dapat dikatakan sebagai kura-kura laut.

Kura-kura memiliki bentuk kaki ketika ia berjalan di area daratan saja, serta memiliki kuku yang bentuknya sangat tajam. Mereka tak memiliki sirip yang berguna untuk berenang.
Kura-kura berenang bertujuan untuk mendinginkan tubuhnya saja.

Bulus dan penyu memiliki bentuk kaki menyirip atau sirip yang dimanfaatkan untuk berenang secara bebas di pantai atau lautan.

Fakta menarik dan keunikan dari kura-kura

Untuk mengenal lebih dekat tentang kura-kura, kamu perlu mengetahui beberapa keunikan dari kura-kura yang sangat khas berikut ini!

Kura-kura dapat hidup hingga di seluruh benua yang ada di bumi,kecuali di area benua antartika dengan suhu yang begitu dingin.

Kura-kura merupakan makhluk purba. Dimana mereka telah ada semenjak dua ratus juta tahun yang lalu, hanya saja perbedaannya kura-kura yang ada di zaman dulu mempunyai bentuk gigi panjang dan tajam. Selain itu, kura-kura pada zaman dulu tak dapat memasukkan kepalanya pada cangkang.

Kura-kura dapat hidup lebih lama dibandingkan manusia, yakni mencapai 150 tahun lamanya, sementara manusia saja memiliki waktu hidup selama 60 tahun saja.
Kura-kura mempunyai indera penciuman begitu tajam dan mempunyai indera penglihatan begitu baik.

Menurut hasil penelitian, keunikan dari kura-kura terdapat di bagian tempurungnya yang dapat memberikan petunjuk mengenai cara hidupnya. Bagian tempurung yang bertekstur keras pada kura-kura yang berhabitat di darat memiliki bentuk membulat kubah yang menyulitkan para predator kura-kura ketika hendak menghancurkan bagian tempurungnya.

Akan tetapi, ada pula beberapa jenis kura-kura yang ada di benua Afrika memiliki tempurung lebih lentur dan datar sehingga membuat mereka pun lebih mudah untuk bersembunyi di bebatuan.

Tempurung pada kura-kura sendiri terdiri atas 50 tulang, diantaranya tulang belakang, tulang bahu dan tulang rusuk yang menyatu secara bersama-sama lalu membentuk tempurung luar atau eksternal dan keras tersusun atas protein berserat dengan nama lain keratin.

Umumnya kura-kura itu sendiri mengonsumsi buah-buahan, sementara untuk spesies dari kura-kura hijau mengonsumsi tumbuhan. Adapun tumbuhan tersebut berupa rumput laut.

Dalam bahasa Inggris, hewan yang satu ini terutama untuk spesies yang hidup di area pantai dinamakan turtle, sedangkan kura-kura berhabitat di daratan dinamakan tortoise. Adapun perbedaan paling mencolok diantara keduanya yaitu ada dalam kakinya, untuk kura-kura berhabitat laut mempunyai sirip sedangkan yang darat tak memiliki sirip.

Khusus pada kura-kura berkepala panjang mempunyai bobot mencapai 20 kg saja. Sedangkan kura-kura yang berleher panjang usia dewasa dapat tumbuh hingga panjangnya mencapai 3 kaki.

Keunikan dari kura-kura lainnya adalah bisa merasakan gelombang meskipun kura-kura sendiri tak mempunyai telinga.

Nah, sekarang kalian tahukan tentang fakta unik dari kura-kura. Tidak hanya bisa menggambar kura-kura, kalian pun jadi lebh tahu tentang hewan reptil ini.