Home » Cara Menggambar Kupu-Kupu Cantik dan Indah yang Mudah

Cara Menggambar Kupu-Kupu Cantik dan Indah yang Mudah

  • by
Cara Menggambar Kupu-Kupu Cantik dan Indah yang Mudah

Cara Menggambar Kupu-Kupu Cantik dan Indah yang Mudah – Dalam pelajaran cara menggambar kupu-kupu kali ini kami akan menunjukkan cara mudah menggambar kupu-kupu dalam 9 langkah mudah. Pelajaran langkah demi langkah ini dibuat agar kamu dapat lebih mudah mempelajari cara menggambar hewan lebih mudah dan cepat sehingga kemampuan kamu dalam menggambar juga semakin berkembang.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang kupu-kupu  yang mungkin menarik bagi kamu.

  1. Kupu-kupu memiliki empat tahap dalam siklus hidupnya: telur, larva, pupa, dan dewasa.
  2. Kupu-kupu memiliki sayap yang besar, sering berwarna cerah, dan terbangnya yang mencolok.
  3. Kupu-kupu menunjukkan polimorfisme, mimikri, dan aposematisme.
  4. Beberapa kupu-kupu bermigrasi dari jarak jauh.
  5. Kupu-kupu memakan terutama nektar dari bunga.

Dalam 9 langkah kami menunjukkan kepada kamu cara menggambar kupu-kupu yang indah ini dengan sayapnya yang sepenuhnya mengembang. Ikuti setiap langkah, terkadang mencetak halaman membantu. Kamu bahkan dapat melacak rendering kupu-kupu  terakhir jika itu membantu kamu!

Cara menggambar kupu-kupu

 

Langkah 1: gambarlah oval untuk mewakili bagian awal tubuh.
Cara Menggambar Kupu-Kupu Cantik Dan Indah Yang Mudah

Langkah 2: gambarlah di sayap atas.
Cara Menggambar Kupu-Kupu Cantik Dan Indah Yang Mudah

Langkah 3: gambarlah sayap bawah mengikuti garis merah.
Cara Menggambar Kupu-Kupu Cantik Dan Indah Yang Mudah

Langkah 4: buat sketsa detail sayap bagian dalam.
Cara Menggambar Kupu-Kupu Cantik Dan Indah Yang Mudah

Langkah 5: tambahkan detail sayap outter, gambar beberapa detail lagi ke tubuh dan jangan lupa untuk menyelesaikan kepala.
Cara Menggambar Kupu-Kupu Cantik Dan Indah Yang Mudah

Langkah 6: gambar lebih detail ke sayap bawah.
Cara Menggambar Kupu-Kupu Cantik Dan Indah Yang Mudah

Langkah 7: gambar lebih detail ke sayap atas.
Cara Menggambar Kupu-Kupu Cantik Dan Indah Yang Mudah

Langkah 8: gambar detail terakhir ke kepala dan tambahkan antena.

Cara Menggambar Kupu-Kupu Cantik Dan Indah Yang Mudah
Langkah 9: tambahkan detail terakhir ke sayap bawah dan sayap bagian dalam atas dan kamu telah menyelesaikan pelajaran cara menggambar kupu-kupu.

Cara menggambar kupu-kupu lainnya

Cara menggambar kupu-kupu

Cara menggambar kupu-kupu

Cara menggambar kupu-kupu

Cara menggambar kupu-kupu

Cara menggambar kupu-kupu

Cara menggambar kupu-kupu

Cara menggambar kupu-kupu

Fakta unik tentang kupu-kupu

1. Sayap kupu-kupu transparan.

Bagaimana bisa? Kita tahu kupu-kupu memiliki sayap yang berwarna-warni dan mencolok! Nah, sayap kupu-kupu sebenarnya terbentuk dari lapisan chitin, sebuah protein yang membentuk eksoskeleton pada serangga. Lapisan ini sangat tipis sehingga kamu bisa melihat melaluinya. Ribuan skala kecil bungkus transparan kitin itu memantulkan cahaya dengan warna yang berbeda. Jadi lebih tua kupu-kupu, sayapnya akan transparansi lebih jelas.

2. Kupu-kupu mencicipi sesuatu dengan kakinya.

Reseptor rasa di kaki pada kupu-kupu membantu dia menemukan tanaman inang dan melacak makanan. Jaringan pada kaki belakangnya memiliki kemoreseptor yang mendeteksi pasangan yang cocok. Ketika ia mengidentifikasi tanaman yang tepat, ia akan bertelur. Seekor kupu-kupu juga akan menginjak makanan, untuk bisa merasakan gula dan untuk mencicipi sumber makanan seperti buah masak.

3. Kupu-kupu hanya makan dalam bentuk cairan .

Berbicara tentang makan kupu-kupu, kupu-kupu dewasa makan hanya cairan, biasanya nektar. bagian mulut dimodifikasi untuk dapat minum, tapi mereka tidak mampu untuk mengunyah makanan padat. Sebuah belalai / batang yang berfungsi sebagai sedotan, digulung di bawah dagu sampai ia menemukan sumber nektar, atau nutrisi cairan lainnya. Dia kemudian akan mengeluarkan tubular untuk menyedot makanan.

4. Kupu-kupu minum lumpur granular.

Seekor kupu-kupu tidak bisa hanya hidup dari gula; ia juga membutuhkan mineral. Untuk menyuplemen nektar, kupu-kupu akan beberapa kali menyedot butiran lumpur, yang kaya akan mineral dan garam. Kebiasaan yang disebut sebagai pelumpuran, cenderung lebih sering terlihat di kupu-kupu jantan, karena mereka lebih membutuhkan mineral untuk memproduksi sperma. Nutrisi ini kemudian ditransfer ke betina saat kawin yang meningkatkan ketahanan telur mereka.

5. Kupu-kupu tidak bisa terbang jika mereka kedingingan.

Kupu-kupu perlu suhu tubuh ideal sekitar 30ºC untuk terbang. Mengingat mereka berdarah dingin, mereka tidak bisa mengendalikan suhu tubuh mereka sendiri. Suhu udara sekitarnya memiliki dampak besar pada kemampuan tubuh mereka. Jika suhu udara turun di bawah 13ºC, kupu-kupu tidak bisa bergerak, tidak bisa lari dari predator juga. Ketika suhu udara berkisar di 28º-38ºC, kupu-kupu bisa terbang dengan mudah.

6. Kupu-kupu yang baru “menetas” tidak bisa terbang.

Dalam kepompong, kupu-kupu muncul menunggu untuk menetas dengan sayap yang melilit dirinya. Ketika ia keluar dari kepompongnya, ia menyambut dunia dengan sayap kecilnya yang kusut. Kupu-kupu harus segera memompa cairan ke dalam sayap untuk mengembangkannya. Ketika sayap mencapai ukuran penuh, kupu-kupu harus beristirahat selama beberapa jam untuk membiarkannya kering dan mengeras sebelum terbang untuk pertama kalinya. Jadi, apa yang sering kamu lihat di video musik atau film yang salah, kupu-kupu tidak bisa terbang ketika menetas dari kepompongnya.

7. Kupu-kupu hanya hidup selama 2-4 minggu, biasanya.

Setelah ia keluar dari kepompong sebagai kupu-kupu dewasa, kupu-kupu hanya memiliki beberapa minggu untuk hidup. Selama waktu ini, ia akan memfokuskan energinya pada dua hal: makan dan kawin. Beberapa kupu-kupu terkecil, biru, hanya bisa bertahan beberapa hari. Kupu-kupu yang hidup lama dalam bentuk dewasa, dapat hidup sampai 9 bulan.

8. Kupu-kupu  cukup pintar dan memiliki banyak trik untuk menyingkirkan predator.

Beberapa kupu-kupu akan melipat sayap mereka untuk kamuflase menyamarkan diri mereka dengan alam, beberapa juga memiliki warna yang sama dengan alam sekitarnya.

Nah, itulah beberapa langkah cara menggambar kupu-kupu indah dan cantik yang bisa kalia buat sendiri di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *