Home » Karakter » Cara Menggambar Komik, Mudah dan Sederhana untuk Pemula

Cara Menggambar Komik, Mudah dan Sederhana untuk Pemula

  • by
wapt image 55

Cara menggambar komik – Jadi, Kamu tidak bisa menggambar dan Kamu merasa bukan orang yang humoris, tetapi Kamu ingin menggambar komik.

Nah, berita bagus: Kamu tidak harus bisa menggambar, juga tidak harus seorang yang lucu untuk bisa menggambar komik.

Alat-alat dalam menggambar komik

Pena

Pertama-tama Kamu akan membutuhkan pena.  Tidak perlu pena, Selama Kamu punya sesuatu yang membuat kamu menggambar, hal itu bukan masalah. Misalnya kamu bisa menggunakan Pensil, krayon, spidol, arang, biro, pulpen, kuas dengan cat warna, atau airbrush, apa pun yang Kamu miliki sebenarnya, tidak masalah, hanya memilih sesuatu yang Kamu suka gunakan saja.

(Bagi saya, ini pena dengan ukuran 0.4mm adalah pilihan yang cukup baik dan sesuai, tetapi Kamu bisa menggunakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu saat menggambar komik )

Beberapa kertas

Beberapa kertas. Ya, Kamu bisa menggambar komik pada media apa saja. Dinding, papan tulis, kaca depan mobil yang berdebu di belakang, apapun yang tersedia untuk Kamu. Yang, saya bisa sangat rekomendasikan memang kertas.

Konsistensi dengan keunikan

Jadi, begitu Kamu punya pulpen dan kertas, (atau apa pun yang Kamu bawa), saya kira Kamu lebih baik kamu belajar cara menggambar, kan?

Jawabannya tidak juga.

Tak harus bagus, gambar yang sederhana pun bisa menjadi acuan saat kamu mencoba belajar cara menggambar komik.

Inilah satu hal tentang seni: Asalkan gambar Kamu secara konsisten memiliki bentuk atau keunikan yang sama, maka apa pun yang Kamu buat akan menjadi gaya Kamu sendiri, yang berarti semua gambar Kamu akan memiliki ciri khas,.

Lihatlah gambar-gambar David Shrigley misalnya; pada hasil bentuk gambar mereka mungkin tidak terlalu bagus, tapi dia menggambar semua gambarnya dengan keunikan seperti itu, dan sekarang itu bukan hanya sebatas gambar, tapi telah menjadi sesuatu yang unik, dan itu adalah gaya berbeda yang diproduksi olehnya, dan ketika dilihat dalam konteks itu adalah gambar yang menakjubkan.

Jadi, jika yang bisa Kamu gambar katakan hanyalah sebuah gumpalan, maka itu tidak masalah!


Sekarang, Kamu hanya perlu memberi sedikit mata dan mulut pada gumpalan Kamu dan Kamu akan mendapatkan karakter pertama Kamu. Sangat mudah bukan?


Langkah selanjutnya adalah memberi nama gumpalan Kamu. Sebut yang ini Jeff. Jeff the Blob . Sebenarnya, nama karakter itu bisa kamu sesuaikan dengan gambar komik yang ingin kamu buat. Jika karakter tersebut misalkan mirip seperti batu, kamu bisa menamainya Rocky, atau si batu.


Sekarang di cerita komik yang kita buat anggaplah jeff; the blob. Oke, kita sedang menegaskan karakter Jeff ! Oke, itu sangat mudah …


Kamu dapat membuat gelembung ucapan seperti itu, atau Kamu bahkan bisa melakukan sedikit kalimat seperti ini jika Kamu ingin membuatnya tampil lebih santai dan informal …


… atau, Kamu bisa menambahkan keseruan dan menjadikannya sebuah cerita menarik, seperti Jeff yang berteriak dan benar-benar menegaskan dirinya sendiri …


… Atau, Kamu bisa membuat lingkaran sebagai kata yang ingin dikatakannya. Hal itu juga membuatnya seolah-olah sedang berbicara atau memikirkan tentang berbagai hal dan memberikan gambaran tentang apa yang ia kerjakan atau sesuatu yang akan ia lakukan.

Atau Kamu bahkan bisa menggunakan gaya New Yorker , yang membuat cerita terlihat jauh lebih simple.


Oke, jadi Kamu punya komik, dan karakter dan karakter itu bisa mengatakan banyak hal.

Selanjutnya Kamu perlu narasi sebagai cerita. Sekali lagi, cerita yang bisa kamu angkat bebas dan benar-benar bisa apa saja. Juga, tidak harus lucu, tidak harus menjadi apa pun . Hal yang menarik pada saat menggambar komik adalah Kamu bebas memiliki karakter yang dapat melakukan atau mengatakan apapun yang Kamu putuskan.

Selanjutnya kita akan berpikir tentang sebuah panel sebagai frame cerita pada komik.  Kamu bisa mulai melakukan beberapa panel. Itu mudah juga, cukup gambarkan kotak di sekitar komik Kamu …

Kemudian tambahkan saja beberapa kotak …


Hasil komik ini sebenarnya sudah cukup bagus. Komik ini adalah cerita tentang gumpalan bernama Jeff yang hilang begitu saja. Mungkin hasil komikal ini antiklimaks, namun anggaplah sebagai pembelajaran kamu dalam mempelajari cara menggambar komik dasar.

Misalkan, kamu ingin membuat cerita kisah gumpalan bernama Jeff yang memperkenalkan dirinya, kemudian ia memperkenalkan dirinya.

Kamu dapat menempatkan panel ini dalam urutan apa pun, bisa dari Kiri ke Kanan, dan / atau Atas ke Bawah, umumnya komik memiliki tata letak 2 x 2. Panel ini merupakan panel populer yang kerap di buat.

Apa lagi? Kamu mungkin harus belajar bagaimana menggambarkan emosi. Sebenarnya hal itu bisa lebih mudah dari yang Kamu pikirkan. Kamu bisa menggambarkan karakter komuk kamu dari khawatir, terkejut, marah semua dengan sedikit goresan pena Kamu …

Bagaimanapun, mudah bukan cara menggambar komik mudah dan sederhana di atas? Jika kamu telah cukup terbiasa, maka kamu bisa melanjutkan gambar kamu dengan cerita dan karakter yang lebih realist. Silakan mencoba.

Baca juga cara menggambar doodle