Home ยป Cara Menggambar Kartun Doraemon serta Sketsa dan Contohnya

Cara Menggambar Kartun Doraemon serta Sketsa dan Contohnya

  • by
Cara Menggambar Kartun Doraemon serta Sketsa dan Contohnya

Cara Menggambar Kartun Doraemon Ini Langkah-langkah Mudah – Baiklah, langsung saja kita ke tahap proses cara menggambar doraemon kali ini. Langkah-langkah ini akan kita mulai secara langkah demi langkah. Selain untuk mempermudah, tahap-tahap yang akan kita gunakan kali ini juga membantu kamu agar agar bisa menggambar doraemon lebih cepat. Dengan beberapa langkah sketsa tersebut, pastinya kamu juga akan minim kesalahan. Bagaimana tahap-tahap dan cara menggambar doraemon dengan mudah? Ini langkah-langkahnya.

Cara menggambar doraemon dengan sketsa

Cara menggambar doraemon dengan sketsa

Tahap menggambar doraemon ini kita bagi ke dalam 3 bagian, yaitu bagian kepala, badan, serta tangan dan kaki. Untuk tahap akhir, yaitu tahap finishing atau menghapus bagian-bagian yang tidak digunakan lagi.

Cara Menggambar Kepala Doraemon

Menggambar kepala doraemon bisa kamu lakukan dengan membuat garis pedoman lingkaran atau yang biasa kita sebut dengan garis dasar

Cara Menggambar Doraemon Muka

Cara Menggambar Doraemon Muka

Pertama-tama kamu bisa memulai menggambar dengan membuat terlebih dahulu garis dasar lingkaran. Garis ini berfungsi sebagai garis pedoman dalam memudahkan kamu membuat bentuk dari muka gambar doraemon tersebut.

Gambarlah Garis Vertikal dan Horizontal Kepala Doraemon

Gambarlah Garis Vertikal dan Horizontal Kepala Doraemon
Setelah itu, kamu bisa membuat suatu garis vertikal dan horizontal yang membagi lingkaran yang telah sebelumnya kamu buat tadi menjadi empat bagian.

Buatlah Gambar Bentuk Oval

Buatlah Gambar Bentuk Oval
Langkah selanjutnya,kamu dapat membuat sebuah garis yang berbentuk oval namun sedikit agak membulat. Letakkan garis oval itu di dalam lingkaran yang telah kamu buat sebelumnya dengan posisi yang berada agak dekat dari garis tengah ke bawah.

Cara membentuk gambar mata Doraemon

Cara membentuk gambar mata Doraemon
Langkah lanjutan keempat selanjutnya, yaitu Setelah membuat garis oval yang berada di dalam tadi,kini saatnya kamu untuk menggambar dua garis oval kecil yang berada atau bisa kamu letakkan di antara garis vertikal bagian atas dan memotong pada bagian garis oval yang berada di dalam lingkaran tadi.

Bentuk bangun oval ini kita gunakan untuk menggambar mata doraemon tersebut. Agar lebih jelasnya, kamu dapat kamu melihat gambar tahap ini diatas.

Menggambar Bentuk Hidung Doraemon

Menggambar Bentuk Hidung Doraemon
Selanjutnya sesudah gambar oval dibuat sebagai bentuk mata si doraemon terbentuk, kini gilirannya kamu menggambar bagian hidung doraemon. Bentuklah lingkaran kecil di bawah mata yang telah kamu buat sebelumnya. Tapi pastikan gambar hidung ini sedikit memotong pada bagian lingkaran mata si doraemon tersebut. Coba perhatikan gambar di atas.

Menggambar Bentuk Mulut Doraemon

Menggambar Bentuk Mulut Doraemon
Jika mata dan hidung doraemon telah terbentuk. Langkah selanjutnya adalah proses membentuk gambar mulut doraemon. Kita dapat membentuk mulut doraemon yang sedang tersenyum. Gambarlah mulut seperti pada gambar diatas, dan usahakan tidak melebihi garis oval yang berada di dalam lingkaran supaya mulut yang terbentuk proporsional dan sempurna.

Dan untuk membentuk lidahnya, caranya cukup dengan membentuk sebuah gambar love tapi separuh saja, sebab sebab sebagian akan dihapus oleh garis bibir doraemon tersebut.

Di samping itu, kamu pun masih dapat membentuk mulut Doraemon dengan gaya yang beda, bisa kamu bentuk dengan mulut cemberut, sedih atau lainnya.

Membentuk Kumis Doraemon

Membentuk Kumis Doraemon
Untuk tahap atau proses cara menggambar doraemon selanjutnya, yaitu adalah proses membuat kumis dan kalung milik Doraemon. Seperti yang tampak di gambar atas. Tambahkan tiga garis sebagai bentuk kumisnya, buatlah diantara mulut dan mata. Sesuaikan juga bentuk dan posisinya seperti halnya menggambar kucing.

Menggambar Kalung Doraemon

Menggambar Kalung Doraemon
Dan sebagai bentuk atau gambar kalung Doraemon, pastikan kamu membuat bentuk kalung tepat xi bawah lingkaran pada bagian kepala Doraemon. Jangan lupa menambahkan lonceng dengan bentuk membulat dan kamu bisa diletakkan tepat di garis vertikal yang sudah kamu buat tadi.

Mulai Membentuk Badan Doraemon

Mulai Membentuk Badan Doraemon
Sekarang kamu bisa mulai menggambar bagian doraemon ini. Buatlah gambar kotak namun tidak sempurna dengan masing-masing ujung yang agak melengkung. Tarik garis di antara lingkaran lonceng ke arah membawah dan hingga bertemu lagi pada sisi lingkaran lonceng yang berikutnya.

Membuat Kantong Ajaib Doraemon

Membuat Kantong Ajaib Doraemon
Saatnya kini untuk menggambar kantung keajaiban. Buatlah sebuah bentuk gambar seperti garis lengkung ke bawah menyusun seperti huruf U. Lalu setelah itu sesuaikan gambar kantong Doraemon dengan menggambar setengah Lingkaran kembali di dalam gambar U yang sudah kamu buat tadi sebelumnya.

Menggambar Lengan dan Kaki Doraemon

Menggambar Lengan dan Kaki Doraemon
Menggambar tangan dan kaki Doraemon sebenarnya cukup sederhana. Untuk membuat bentuk tangan, kamu bisa menarik garis oval yang sedikit agak memanjang dan tipis di dua sisi badan yang berbeda. Dan untuk membuat kaki, kamu tinggal menyusun dua kotak tanpa tutup namun dengan masing-masing ujung yang tumpul pada bagian bawah tubuhnya.

Membentuk Gambar Sepatu dan Tangan

Membentuk Gambar Sepatu dan Tangan
Pastinya kamu sudah pernah liat gambar doraemon bukan? Untuk menggambar tangan Doraemon tersebut sangat mudah kok, kamu bisa menambahkan lingkaran atau bulatan pada ujung lengan dan juga untuk bagian kaknyai, bikin saja bentuk oval yang tebal dan agak panjang dengan posisi tidur.

Bagian Final Menggambar Doraemon

Bagian Final Menggambar Doraemon
Nah setelah seluruh tahap cara menggambar doraemon di atas sudah selesai kamu buat. Kini saatnya menyelesaikan tahap akhir, yaitu supaya menghapus masing-masing garis sketsa bantu.

Agar lebih mudah, kamu bisa melihat garis biru dan merah yang terdapat pada gambar tersebut, garis atau gambar tersebut adalah garis sketsa bantu yang sudah kamu buat sebelumnya dan dapat kamu hapus. Nah, selesai deh tahap dan langkah-langkah cara menggambar doraemon kali ini. Bagaimana? Mudah bukan?

Nah, selanjutnya kamu bisa membuat sketsa doraemon. Lantas apa sih bedanya gambar dengan sketsa itu? memang ada yang mamsih bingung membedakan gambar dengan sketsa. Secara garis besar atau penjelasan secara umum, sketsa adalah gambar yang dibuat dengan pensil atau hanya dalam bentuk gambar dasar. Umumnya sketsa dibuat dengan pensil dengan teknik arsir saja. Nah, lantas bagaimana cara membuat sketsa doraemon itu? Berikut ini ulasannya.

Cara Menggambar Sketsa Doraemon

Sketsa ini dlansir dari blog https://mangacouncil.blogspot.com/2015/04/cara-menggambar-anime-doraemon-dengan.html

Cara Menggambar Sketsa Doraemon
Pertama buat bagian kepala doraemon, bagaimana caranya? pertama buat gambar lingkaran namun tidak full lingkaran. Sisakan bagian bawah kosong, atau bisa juga kamu hapus jika sebelumnya kamu menggambar lingkaran penuh.
Cara Menggambar Sketsa Doraemon
Setelah itu buat bagian hidung doraemon. Mudah kok, cukup buat lingkaran saja.
Cara Menggambar Sketsa Doraemon
Setelah itu, kamu gambar bagian mata doraemon dengan cara menggambar bentuk lingkaran atau yang biasa disebut oval. Jangan lupa buat bentuk lingkaran oval yang lebih kecil lagi sebagai bagian mata.
Cara Menggambar Sketsa Doraemon
Selanjutnya, cara menggambar doraemon kita kali ini masih berlanjut pada bagian kepalanya saja yaitu bagian mulutnya. Pada awalnya, untuk membuat mulut kamu bisa membuat garis dengan bentuk sedikit melengkung.
Cara Menggambar Sketsa Doraemon
Untuk selanjutnya, buat lengkungan kurang lebih setengah lingkaran di sisi kanan dan kiri mulut gambar doraemon milikmu.
Cara Menggambar Sketsa Doraemon
Jika sudah, kamu bisa melanjutkan gambar mulut doraemon kamu dengan membuat bagian mulut dan bagian lidahnya seperti gambar di atas. Untuk membuat lidahnya sendiri kamu bisa membuat bentuk seperti love namun tak memiliki bagian bawah.
Cara Menggambar Sketsa Doraemon
Setelah itu buat bagian wajah seperti lingkar kepala nya namun lebih kecil. Kamu bisa lihat seperti gambar di atas.
Cara Menggambar Sketsa Doraemon

Setelah itu, lanjutkan dengan menggambar bagian badan doraemon dengan membuat dua buah lengkungan di sebelah kiri dan kanan tepat di bawah kepalanya.
Cara Menggambar Sketsa Doraemon

Lanjutkan dengan membuat bagian tangan doraemon dengan pose sesuai keinginan. Namun, pada kesempatan kali ini gambar pose tangan yang akan kita buat dengan arah tangan kanan ke atas seperti sedang menyapa dan tangan kiri ke arah bawah.
Cara Menggambar Sketsa Doraemon

Lanjutkan dengan membuat bulatan sebagai tangan di area lengan yang sudah kamu buat sebelumnya.
Cara Menggambar Sketsa Doraemon

Lanjutkan sketsa gambar doraemon ke bagian kakinya dengan membentuk gambar seperti di atas.
Cara Menggambar Sketsa Doraemon

Sketsa gambar doraemon kini selesai dibuat. Kalian bisa menghapus bagian-bagian yang sudah tidak digunakan lagi. Pertegas gambar dengan memberikan penebalan di area sketsa yang telah kalian buat.

Video Cara menggambar doraemon

Nah, untuk kalian yang ingin menggambar desain sketsa doraemon hitam putih, tidak ada salahnya nih mengikuti tutorial sesuai dengan video ini. Desain doraemon yang dibuat kali ini menggunakan unsur monokrom atau dua warna saja, yaitu hitam dan putih.

Contoh gambar doraemon

Sebenarnya, saya sudah pernah membahas contoh gambar doraemon bersama teman-temannya. kamu bisa lihat di halaman tersebut.

Cara menggambar doraemon bersama teman-temannya

Tak hanya itu, ternyata banyak juga yang tertarik menggambar doraemon dan beberapa temannya. Salah satunya, teman dekatnya Nobita Nobi. Nobita Nobi merupakan teman dekat doraemon yang tinggal bersamanya sekaligus untuk membantu Nobita menghadapi masalah. Umumnya, masalah yang dihadapinya melibatkan teman sepermainannya, seperti Suneo dan Giant, Takeshi. Di lain itu, ada pula Shizuka yang kerap membantu Nobita saat diganggu oleh kedua temannya tersebut.

Nah untuk kamu yang ingin belajar cara menggambar doraemon, berikut ini ulasannya:

Cara menggambar doraemon dan nobita

Jika sebelumnya, kamu sudah tau cara menggambar doraemon, maka selanjutnya kita akan membahas bagaimana menggambar Nobita. Bisa dibilang, untuk bisa belajar cara menggambar doraemon dan nobita, kamu harus bisa menggambar keduanya, maka kamu harus mempelajari cara menggambarnya satu persatu. Nah, untuk bisa belajar menggambar nobita, ada 3 langkah yang harus kamu lakukan. Langkah tersebut meliputi gambar bagian kepala, tubuh kemudian bagian badan Nobita.

Untuk langkah pertama, kamu dapat menggambar kepala nobita dengan mengikuti gambar di bawah ini dengan seksama.


Untuk bisa menggambar nobita, kamu bisa memulai dengan menggambar bagian wajah. buat pola wajah yang diikuti dengan gambar bagian rambut, mata dan mulut nobita.


Buatlah bagian kerah baju, kemudian lanjutkan membuat pola gambar tangan Nobita dan bagian bawah kaos yang dikenakannya.


Setelah itu, kamu menggambar finishingnya, yaitu bagian kaki nobita. buatlah bagian dengkul kaki terlebih dahulu barulah kemudian dilanjutkan dengan bagian sepatu. Setelah itu barulah kamu bisa mewarnainya dengan pensil warna ataupun menggunakan spidol.

Untuk kamu yang ingin menggambar pose lain dari dua sahabat ini, kamu bisa mengikuti gambar di bawah ini.

Untuk kamu yang ingin belajar cara menggambar doraemon dan nobita, gambar di atas bisa menjadi referensi. Selanjutnya kalian hanya tinggal improvisasi saja kok, sesuai dengan objek tambahan lain dan cara mewarnai yang kalian ikuti.


Pernah berpikir bagaimana sih jika nobita lulus SD dan melanjutkan ke SMP, mungkin seperti ini kurang lebih gambarnya, hahaha lucu juga ya

Cara menggambar doraemon dan kawan kawan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, doraemon yang ditugaskan untuk membantu Nobita memang memiliki teman, di mana mereka juga merupakan teman sekolah Nobita. Kawan-kawan doraemon tersebut adalah Suneo, Giant dan Shizuka. Ketiga temannya tersebut kerap ikut bersama doraemon dan nobita dalam sebuah perjalanan waktu yang menegangkan. Nah, untuk kamu yang sedang berencana mencoba belajar cara menggambar doraemon dan kawan-kawan, berikut ini beberapa contoh gambar kawan-kawan doraemon yang bisa kamu jadikan referensi.

Cara menggambar doraemon dan kawan kawan

Kalau kalian ingin menggambar doraemon besama teman-temannya, nah contoh gambar di atas bisa menjadi refrensi kalian. Memang, dalam beberapa film layar lebar, teman-teman doraemon yang kerap tampil adalah Nobita, Suneo, Sisuka dan Giant saja.

Cara menggambar doraemon dan kawan kawan

Cara menggambar doraemon dan kawan kawan

Jika sebelumnya hanya teman-teman Doraemon saja yang tampil, maka kali ini kita juga bisa menambahkan Dorami sebagai objek gambar tambahan. Jadi semakin lengkap deh gambar doraemon bersama teman-temannya kali ini.

Cara menggambar doraemon dan kawan kawan

Ingin menggambar doraemon bersama teman-temanya terbang dengan baling-baling bambu? Gambar ini bisa menjadi referensi kamu lho.

Cara menggambar doraemon dan kawan kawan

Nah, untuk kamu yang ingin menggambar doraemon dengan crayon, gambar ini dan gambar di bawahnya bisa menjadi referensi seru lho

Cara menggambar doraemon dan kawan kawan

Kalau yang satu ini adalah gambar doraemon bersama teman-teman yang digambar dengan crayon

Cara menggambar doraemon dan kawan kawan
Gambar Doraemon sedang merayakan natal bersama teman-teman

Gambar Doraemon Terbaru Lucu dan Keren

Nah, untuk kamu yang sedang mencari gambar doraemon yang lucu dan menggemaskan bersama teman-temannya, berikut ini koleksi gambar, foto dan wallpaper doraemon yang bisa kamu download.

Gambar doraemon bersama adiknya Dorami

Gambar Doraemon bersama-teman-temannya terbang dengan baling-baling bambu

Gambar Doraemon terbang bersama robot besar

Doraemon dan Nobita melihat bintang Pulang saat larut malam

Gambar Doraemon dan Nobita Berpose seperti cowboy

Gambar Doraemon mengeluarkan pintu kemana saja

Gambar Doraemon bergaya layaknya cowboy

Doraemon naik gajah terbang bersama teman-teman

Gambar Doraemon sedang sedih

Gambar Doraemon dan Nobita siap bertempur dengan meriam angin

Gambar Doraemon terjatuh dari perahu kayak

Gambar Doraemon berpakaian layaknya pikachu

Gambar Doraemon dan Nobita versi 3 Dimensi

Gambar Doraemon di dunia Mainan

Gambar Doraemon memakai sapu terbang ajaib

Nah, itulah pembahasan kita tentang cara menggambar doraemon kali ini. Nah, untuk kalian yang ingin menggambar kartun lainnya, kalian bisa juga membaca cara menggambar minion atau gambar SpongeBob SquerePants.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *