Home » Alam » Cara Menggambar Bunga dan Sketsanya dengan Mudah

Cara Menggambar Bunga dan Sketsanya dengan Mudah

wapt image 71

Cara menggambar bunga – Bunga merupakan objek gambar yang kerap dipilih untuk menunjukan keindahan alam yang ada. Selain berwarna-warni bunga juga memiliki aroma wangi dan bentuk yang menarik. Setiap bunga memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda, untuk itu cara menggambar bunga pun tidaklah sama. Nah, untuk kalian yang sedang belajar menggambar bunga, berikut ini beberapa contoh gambar dan cara menggambar bunga yang bisa kalian ikuti dan pilih.

Cara menggambar bunga matahari

Cara menggambar bunga matahari

Sebagai gambaran, kamu bisa mencontoh gambar bunga matahari di bawah ini. Gambar bunga matahari ini dibuat dengan cara atau teknik mengarsir menggunakan pensil

Untuk mengawalinya pembahasan cara menggambar bunga kali ini, maka kita dapat memulainya dengan menggambar bunga matahari. Gambar bunga ini bisa dimulai dengan membuat suatu lingkaran kecil dahulu lantas gambarlah sebuah lingkaran besar yang mengelilingi lingkaran kecil. Selanjutnya kalian dapat menggambar sketsa dasar tangkai bunganya dengan membuat garis lengkung vertikal.

Nah, bagaimana sih step atau langkah cara menggambar bunga matahari, secara garis besar kamu cukup mengikuti 3 langkah saja. Cara pertama yaitu dengan menggambar lingkaran kemudian buat bagian kuncup bunganya seperti daun kecil secara menyeluruh atau mengelilingi kelopak bunga matahari tersebut. Barulah kemudian buat lagi kelopak bunga yang lebih besar sebanyak 5 buah.

Jika kalian telah menggambar sketsa bunga kelopak bunganya dan tangkainya, selanjutnya kalian dapat mulai menggambar daun dengan format menggambarkan bangun atau bentuk oval di masing-masing sisinya.

Melaju ke proses menggambar bunga matahari selanjutnya kalian bisa mulai menggambar kelopak bunga dari bunga matahari ini, gambarlah sebuah hati yang memanjang di dekat lingkaran kecil dan besar yang digambar pada gambar tahap awal tadi.

Setelah gambar tersebut selesai ulangi proses ini sampai seluruh lingkaran kecil tersebut penuh. Jika masih terdapat sudut yang masih kosong, maka buatlah sudut yang runcing sebagai kelopak tambahan bunga.

Sebagai proses finishing kalian dapat menggambar di dalam lingkaran kecil garis miring yang saling bersinggungan. Dan gambar sketsa bunga matahari pun telah siap diwarnai.

Langkah-langkah cara menggambar bunga matahari yang indah

Cara Menggambar Bunga Matahari Yang Indah

Bunga matahari itu indah, selain itu bunga matahari pun dalam banyak hal ini memiliki banyak sekali keunggulan dibanding jenis bunga lainnya. Hanya dengan memandang bunga ini, ternyata bisa membuat orang yang melihatnya merasa hangat dan tenang di dalam hati.

Hari ini, saya akan memandu kamu melalui proses dan belajar cara menggambar bunga matahari yang indah sendiri menggunakan pensil dan kertas. Ada banyak langkah yang harus dilakukan, jadi pastikan untuk mengikuti setiap langkah dengan benar. Mungkin sedikit lebih sulit daripada beberapa tutorial lain, tetapi instruksi dan contoh gambar di bawah ini akan membantu kamu mengikuti prosesnya.

1. Gambar Pusat lingkaran bunga matahari

Buat lingkaran sebagai pola dasar bunga matahari

Mulailah dengan menggambar tandan bundar yang mewakili biji bunga matahari. Ini benda bulat, kecoklatan di tengah tempat kelopak bunga harus duduk. Mulailah dengan menggambar lingkaran.

2. Tambahkan di Pusat bunga matahari sebelumnya

Buat sedikit sketsa halus dengan sedikit goresan-goresan agar bunga matahari yang kamu buat terlihat lebih nyata.

Beri pusat tampilan yang lebih realistis. Biji pada bunga matahari memiliki penampilan agak berbulu, jadi tambahkan beberapa garis untuk menambah tekstur.

3. Tambahkan Kedalaman arsir bunga matahari

Buat sedikit pola melalui goresan halus di bagian tengah pola bunga matahari

Berikan benih lebih dalam dengan menggambar garis lebih gelap dan lebih tebal di tengah benih. Pusat ini biasanya jauh lebih gelap daripada daerah luar.

4. Tambahkan bagian kelopak bunga matahari

Buat bagian daun pertama kelopak bunga matahari tersebut.

Sekarang saatnya beralih ke bagian terbaik: kelopak! Hal ini mungkin akan menjadi langkah terpanjang dan paling sulit, setidaknya bagi saya ketika memulai!

5. Gambar Layer Pertama

Lanjutkan dengan membuat kelopak lainnya dengan cara mengelilingi bagian putik bunga tersebut.

Pastikan untuk menggambar lapisan pertama kelopak di sekitar area benih dalam arah berlawanan arah jarum jam.

Setelah kita selesai menggambar set kelopak pertama, saatnya beralih ke menggambar set belakang. Jika kamu melihat dengan cermat pada bunga matahari, kamu dapat melihat bahwa biasanya ada satu set kelopak bunga juga. Hal ini akan membuat bunga lebih besar, lebih cantik, dan lebih menonjol.

6. Gambar Batang bunga matahari

Lanjutkan dengan membuat batang atau tangkai bunga matahari

Gambarlah batang mulai dari kelopak terendah ke bawah. Sangat mudah, bukan?

7. Sketsa Daun bunga matahari

Selanjutnya buat beberapa bagian daun di sebelah kiri dan kanan

Sebutkan beberapa daun yang tersebar di berbagai bagian batang. Saya tidak begitu suka penampilan daun simetris karena membosankan dan tidak alami! Jadilah kreatif! Daunnya tidak harus berdekatan atau serasi.

8. Tambahkan Lebih Detail

Bentuk gambar bunga matahari telah terbentuk, kalian tinggal menegaskan gambar agar bunga ini semakin nyata.

Dua langkah terakhir ini fokus lebih detail pada daun. Seperti yang kamu lihat, saya telah memberikan masing-masing daun pelepah mereka sendiri.

9. Tambahkan serat daun bunga matahari

Selesai deh langkah menggambar bunga matahari kali ini, kalian bisa menggambarnya dengan crayon, pensil warna atau cat air.

Terakhir namun tidak kalah pentingnya, tambahkan beberapa serat ke daun. Hal ini akan memberi daun sentuhan tambahan realisme. Setelah itu, selesai secara resmi! Saya sangat menyarankan agar kamu mewarnai bunga matahari ini agar lebih menonjol. Saya harap kamu menyukai tutorial cara menggambar bunga matahari yang indah kali ini.

Cara menggambar bunga mawar

Cara menggambar bunga mawar

Nah, kali ini kita akan belajar cara menggambar bunga mawar nih. Ada beberapa ornamen penting saat menggambar bunga ini. Salah satunya yaitu duri, daun dengan sisi tajam, serta bentuk bunga yang khas berwarna merah. Walaupun ada juga bunga mawar yang berwarna putih, namun warna merah lah yang menjadi warna populer bunga mawar.

Cara menggambar bunga mawar

Nah, umumnya bagian tersulit adalah menggambar bagian bunga mawarnya. Kali ini kita akan menggambar bunga mawar dari arah atas. Kalian bisa memulainya dengan menggambar lingkaran kemudian lanjutkan dengan pola-pola di gambar tersebut.

Jika kalian masih merasa susah untuk menggambar sketsa dari bunga matahari, kalian masih bisa menggambar bunga mawar kok. Yuk, simak selengkapnya.


Untuk mempermudah, kalian bisa menyaksikan video menggambar mawar terlebih dahulu sebagai referensi

Bunga mawar tidak hanya identic bau yang harum saja, tetapi juga bentuknya yang cantic. Bunga ini pun menjadi salah satu objek gambar yang favorit.

Nah, kalian yang masih pemula kalian tidak perlu khawatir, karena menggambar sketsa bunga mawar ini sangatlah mudah. Pertama yang kalian harus perhatikan ialah memulai dengan menciptakan sebuah garis lengkung yang berbentuk huruf “U”.

Kemudian buatlah satu garis lagi dengan ukuran yang sedikit lebih besar di bawah garis lengkung yang kesatu tadi, sehingga kalian mendapatkan tiga format garis yang sama.

Agar gambar sketsa mawar semakin unik dan indah, buatlah garis vertikal yang agak melengkung sebagai tangkai dan gambar sisinya berbangun oval guna menjadi daun.

Setelah seluruh proses di atas tadi telah selesai kalian buat, kalian dapat melanjutkan dengan menggambar suatu kelopak bunga mawarnya.

Dimulai dari format “U” yang sangat kecil, mulailah dari bentuk “U” digambar dengan tumpang tindih sampai pada gambar “U” yang sangat besar.

Di proses akhir dari menggambar bunga mawar ini. Kalian dapat menggambar kuncup bunga dengan memakai sudut runcing di tengah bentuk “U” tadi.

Dan tidak boleh lupa menyempurnakanya dengan menggambar duri pada tangkainya. Gambar sketsa bunga mawar pun sudah jadi dan siap diwarnai.

Cara menggambar bunga teratai

>
>
>Bunga teratai memang identik dengan kebudayaan Jepang atau kepercayaan Budha. Nah, untuk kalian yang ingin belajar menggambar bunga yang hidup di atas air ini, kalian bisa melihat video di atas.
>
Jika dilihat-lihat menggambar bunga teratai ini nyaris sama dengan gambar bunga mawar, berikut ini penjelasanya.

Cara menggambar bunga teratai

Ada 3 part yang harus kalian perhatikan saat menggambar bunga teratai, yaitu kelopak bunga, batang dan daun bunga itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, bunga ini hidup atau berada di atas air. Jadi pastikan jika kalian improvisasi, buatlah lokasi yang didominasi tempat berair, misalkan kolam, sungai atau yang lainnya

Jadi bila sekilas dilihat pada gambarnya bunga teratai, maka bunga ini memiliki tiga kelopak bunga, dari yang kuncup, separuh mekar, dan yang mekar. Dalam penciptaan gambar bunga teratai ini sangatlah mudah diikuti.

Pertama kalian lakukan ialah buat gambar lingkaran kecil di tengah,setelah itu untuk menyusun kelopaknya kalian dapat membuat bentuk oval di sekelilingnya.

Untuk tahapan selanjutnya kalian dapat mempercantik gambar kalian dengan membuat gambar tangkai di bawah kelopak tadi. Agar sketsa lebih unik kalian dapat menebali secara halus gambar kelopak tadi.

Untuk tahapan terakhir kalian dapat menggambar sebuah bentuk hati maupun lingkaran besar guna bagian daun di bawah kelopak bunga teratai tadi.

Sangat mudahkan bukan cara menggambar bunga teratai ini.

Cara menggambar bunga sakura

>
>Negara jepang memang identik bunga ini, namun tahukah kalian apa lagi yang menjadi ciri khas bunga ini? Ya warna merah muda yang khas memang menjadi identitas bunga yang menandakan musim semi ini

Siapa yang tidak mengenal bunga sakura? Bunga asal negeri Jepang ini sangat estetis. Ternyata tidak kebudayaannya saja yang estetis akan tetapi bunga sakura ini pun juga.

Cara menggambar bunga sakura

Kunci utama dalam menggambar bunga sakura adalah kedetailannya. Tak heran, karena ukuran bunga ini yang kecil dan jumlahnya yang banyak, kalian harus menggambar bunga ini dengan sabar dan hati. Tak seperti bunga mawar atau matahari yang bisa digambarkan dalam bentuk tangkai, bunga ini justru tampil dalam satu atau beberapa pohon.

Untuk bisa menggambar bunga sakura ini ternyata sangatlah gampang loh! Tidak sesulit yang kalian bayangkan.

Untuk tahapan awal penciptaan gambar dari bunga yang estetis ini kalian dapat membuat lingkaran kecil sebagai patokan awal. Jika telah kalian dapat menggambar bentuk dasar lingkaran atau lingkaran yang berbentuk agak oval di sampingnya.

Gambarlah tiga hingga empat bentuk lingkaran tadi, perindah gambar dengan teknik menggambar melalui mempertebal atau langsung kalian mewarnai.

Untuk sentuhan terakhirnya kalian dapat menggambar batang di bawah bunga sakura ini.

Biasanya gambar dari sketsa bunga sakura ini tidaklah hanya satu saja. Semakin kalian membuat banyak, maka hasil gambar bunga sakura ini juga semakin cantic hasilnya.

Mudahkan bukan cara menggambar bunga kali ini

Cara menggambar bunga tulip

>
>
>Bunga tulip memang sempat booming dan sempat mencuri perhatian dunia kala itu, bahkan bunga ini sempat dihargai dengan nominal yang cukup tinggi saat itu.

Kalau kalian hendak memberikan banyak sentuhan warna pada gambar, bunga tulip adalah bunga yang opsi yang tepat.

Cara menggambar bunga tulip

Untuk kalian yang ingin belajar cara menggambar bunga tulip, kalian dapat mengikuti gambar di atas, yaitu dengan memulainya menggunakan pola huruf U

Selain estetis membuat gambar bunga tulip juga sangatlah sederhana dan tidak begitu sulit. Untuk mulanya kalian dapat menggambar sketsa bunga tulip.

Langkah awalnya yaitu dengan menggambar format huruf “U” dengan atas agak mengerucut, lantas buatlah gambar garis kebawah dan kesamping di tengah gambar “U” sampai membentuk pola bunga.

Apabila kalian sudah menciptakan gambar kelopak bunganya, kalian dapat melanjutkan dengan menggambar batang dari bunga tulip tersebut. Gambar batang dengan garis yang lurus, sentuhan terakhirnya kalian dapat menggambar bentuk dari daun bunga tulip yang berbentuk lancip.

Untuk mempercantik gambar bunga tulip itu kalian dapat juga memberi warna. Kalian pun dapat mempertebal gambar dan menciptakan arsiran tipis guna bagian kelopak dan daunya.

Cara menggambar bunga petunia

Cara menggambar bunga petunia

Walaupun bunga petunia tak sepopuler bunga lainnya, kamu bisa kok menggambar bunga ini untuk melengkapi kemampuan kamu menggambar bunga. Bagaimana caranya? yaitu dengan menggambar pola lingkaran terlebih dahulu.

Cara menggambar bunga Bakung – Daffodil Flower

Cara menggambar bunga Bunga Bakung – Daffodil Flower

Cara menggambar bunga Bunga Bakung – Daffodil Flower, nah selanjutnya adalah cara menggambar bunga seperti bunga sepatu ini. Caranya cukup mudah kok, kamu hanya perlu memulainya dengan menggambar kelopak bunga yang kemudian disusul dengan bagian batang dan daun. 

Cara menggambar bunga Daisy

Cara menggambar bunga Daisy

Nah, sekilas bunga ini mungkin mirip seperti bunga matahari, namun berbeda lho. Nah, untuk kamu yang ingin menggambar bunga daisy, kamu bisa melihat caranya seperti di atas ini.

Cara menggambar bunga Anggrek – Orchid flower

Cara menggambar bunga Anggrek – Orchid flower

Hampir sama populernya seperti bunga mawar, bunga anggrek juga memiliki masa yang tak kalah besar. Bunga berwarna putih ini juga kerap digunakan sebagai bunga hias. Nah, untuk kamu yang ingin belajar cara menggambar bunga anggrek, kamu bisa mencontohnya kok.

Cara menggambar bunga Aster

Cara menggambar bunga Aster

Sekilas, bunga aster memang mirip seperti bunga daisy, namun berbeda lho. Kamu bisa menggambar bunga aster dengan langkah-langlah tersebut.Bagaimana? Mudah bukan cara menggambar bunga di atas. Selain bunga diatas, kalian juga bisa membuat gambar bunga lainnya lho!

Sumber: 
http://www.bintangtop.com/2016/10/cara-menggambar-10-bunga-terkenal-dunia.html
https://hamparan.net/gambar-sketsa-bunga/