wapt image 2063

Cara Menggambar Bunga Anggrek, Ini Sketsa dan Pilihan Pola Kelopaknya

Cara menggambar bunga anggrek, apakah sulit? Tenang, berikut ini beberapa langkah cara menggambarnya. Kalian hanya cukup mengikuti beberapa tutorialnya seperti dibawah ini saja.

Nah, sama seperti kebanyakan cara menggambar bunga lainnya, hal pertama yang harus kalian buat dalam menggambar bagian kelopak bunganya terlebih dahulu. Lantas bagaimana cara menggambar kelopak bunga anggrek? Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara menggambar bunga kelopak anggrek mudah

Cara menggambar bunga anggrek 1
Cara membuat sketsa kelopak bunga

Sketsa bunga anggrek

Cara menggambar bunga anggrek 4
Sketsa bunga anggrek

Menggambar bentuk kelopak bunga anggrek dengan pensil warna

Cara menggambar bunga anggrek 5
Pola pewarnaan pensil warna

Desain kelopak bunga anggrek dengan cat air

Cara menggambar bunga anggrek 6
Menggambar bunga anggrek dengan cat air

Sketsa cat air bunga anggrek

Cara menggambar bunga anggrek 7
Cara menggambar bunga anggrek dengan cat air

Dari sekian banyak jenis tanaman hias, anggrek, termasuk salah satu yang paling banyak dipilih. Walau harganya relatif mahal namun karena keindahanya tidak menyurutkan banyak orang untuk selalu memilih bunga ini untuk dikoleksi atau memberikannya kepada orang terkasih.

Alasannya, tentu saja, karena bentuk bunga anggrek sangat indah dan unik. Indonesia sangat kaya akan anggrek, terutama jenis epifit yang hidup di hutan-hutan Sumatera hingga Papua. Pada tanggal 5 Juni 1990, anggrek berlidah putih dan kuning dinobatkan sebagai salah satu bunga dengan pesona indah.

Ingin tahu lebih banyak tentang anggrek? Simak ulasan berikut ini.

Suku-anggrekan atau Orchidaceae memiliki beberapa jenis. Meskipun sebagian besar ditemukan di daerah tropis, jenis anggrek juga tersebar luas mulai dari daerah tropis.

Karakteristik bunga anggrek

Setiap jenis anggrek tentu saja memiliki ciri khas masing-masing. Namun, secara umum, kamu dapat membedakan anggrek dengan tanaman lain karena karakteristik tertentu yang dimiliki oleh suku Orchidaceae ini, yaitu sebagai berikut.

Akar anggrek

Anggrek memiliki akar dalam bentuk akar serabut. Dalam spesies epifit, akarnya sukulen.

Batang anggrek

Pada anggrek tanah, batang pendek dan berbentuk seperti bola lampu. Dalam anggrek epifit, batang tebal dan lapisan terlindung untuk mencegah penguapan berlebihan dan dapat tumbuh lebih panjang atau lebih lebar tergantung pada genusnya.

Daun anggrek

Salah satu karakteristik dari anggrek yang paling menonjol adalah daun oval berbentuk dengan pembuluh darah yang juga memanjang, daun tanaman monokotil yang khas. Pada spesies tertentu, daun bisa berbentuk sukulen karena berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan air.

Kelopak bunga anggrek

Anggrek sangat unik, kelopaknya terstruktur, bergantian antara kelopak (sepal) dan corolla (petal).

Nah, itulah penjelasan mengenai karakteristik anggrek. Bagian? Kalian tertarik mengembara belajar cara menggambar bunga anggrek? Atau kalian juga bisa belajar cara menggambar bunga lainnya.