Home » Menggambar » Pakaian » Sketsa dan Cara Menggambar Baju dengan Mudah

Sketsa dan Cara Menggambar Baju dengan Mudah

  • by

Cara Menggambar Baju – Selain pangan, sandang atau pakaian juga menjadi kebutuhan manusia. Tidak hanya nyaman, baju juga dinilai dari tampilan dan bentuknya. Nah, untuk kamu yang bercita-cita ingin menjadi seorang desainer, kamu bisa mencoba belajar menggambar baju dengan model termudah terlebih dahulu.

Jenis baju sendiri juga banyak sekali. Mulai dari baju muslim, baju pesta, baju seragam sekolah, baju renang, atau baju-baju lainnya. Nah, untuk itu kita akan membahas contoh dan sketsa menggambar baju dengan mudah. Yuk, kita cek ulasannya.

Cara Menggambar Bagian-bagian Baju

Sketsa dan Cara Menggambar Baju dengan Mudah

Sketsa dan Bagian Baju dengan Mudah

 

Sketsa dan Cara Menggambar Baju dengan Mudah

Sketsa dan Cara Menggambar Baju dengan Mudah

 

Sketsa menggambar kerah baju

Sketsa menggambar kerah baju

 

Pola Bagian Sketsa Baju

Pola Bagian Sketsa Baju

 

Sketsa dan Cara Menggambar Baju dengan Mudah

Sketsa dan Cara Menggambar Baju dengan Mudah

 

Bagian bagian Baju

Bagian bagian Baju

Sketsa dan Cara Menggambar Baju dengan Mudah

Sketsa dan Cara Menggambar Baju dengan Mudah

 

Contoh gambar baju pesta

 

Sketsa dan Cara Menggambar Baju Pesta

Sketsa dan Cara Menggambar Baju Pesta

 

Sketsa dan Cara Menggambar Baju Pesta

Sketsa dan Cara Menggambar Baju Pesta

 

Sketsa dan Cara Menggambar Baju Pesta

Sketsa dan Cara Menggambar Baju Pesta

Gaun Pesta

Gaun Pesta

Nah itulah beberapa cara menggambar baju yang bisa kamu ikuti. Untuk mempermudah, kamu bisa melihat gambar bagian-bagian baju terlebih dahulu untuk bisa menentukan konsep gambar baju yang akan kamu buat. Untuk menjadi seorang desainer, kamu tidak hanya harus jago menggambar saja. Tapi, kamu juga harus memiliki idea dan kreatifitas tinggi dalam mendesain sebuah baju atau pakaian.

Profesi ini cukup menjanjikan lho, bahkan jika kamu sudah memiliki nama besar dan populer, desain atau gambar kamu bisa dihargai cukup mahal. Di Indonesia sendiri, nama desainer yang cukup populer adalah Ivan Gunawan, kemudian ada Dian Pelangi yang dikenal dengan desain baju muslimnya. Nah sebelum menutup pembahasan cara menggambar baju kali ini, berikut ini kami lampirkan juga contoh gambar baju muslim untuk inspirasi kamu dalam menggambar baju.

Sektas dan gambar baju muslim wanita

Baju Pesta Pernikahan

Baju Pesta Pernikahan

 

Sketsa dan Cara Menggambar Baju Muslim Wanita

Sketsa Baju Muslim Wanita

 

Sketsa dan Baju Muslim Wanita

Sketsa dan Baju Muslim Wanita

Kamu juga bisa belajar cara menggambar wanita berjilbab lho!

Melanjutkan pembahasan tentang cara menggambar baju sebelumnya, kali ini kita akan melihat lebih dekat mengenai cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk membuat sketsa baju sendiri.

Tahap pembuatan sketsa baju pertama, yaitu dengan mempersiapkan pola pemotongan kain dan penjahitan desain sehingga desain benar-benar dapat terealisasi sesuai harapan. Oleh karena itulah desain sketsa baju yang dibuat harus benar-benar bisa menggambarkan suatu detail gambar baju sehingga setelah bahan dipotong dan dijahit sudah sesuai dengan keinginan.

Untuk membuat desain sketsa baju, pertama-tama alat yang harus dipersiapkan adalah pensil, penghapus, dan kertas putih yang mendukung. Pilih pensil yang bisa menghasilkan garis yang tidak gelap dan mudah dihapus. Kamu bisa menggunakan pensil h atau pensil b yang bernomor 2. Sediakan pula pensil b yang bernomor 4 untuk menebalkan gambar sketsa baju.

Cobalah untuk berlatih membuat gambar baju dengan proporsi yang tepat agar kemampuan menggambar kamu lebih terarah sehingga kamu bisa menghasilkan gambar sketsa baju yang sempurna.

Tapi kalau kamu ingin langsung membuat desain pakaian secara langsung, kamu bisa belajar dengan mendownload croquis dalam bentuk anak-anak, laki-laki, dan wanita dari internet sebagai referensi. Croquis ini umumnya tersedia dalam beragam bentuk dan ukuran.

Cara lainnya adalah kamu bisa menjiplak foto baju seorang model dari satu iklan majalah atau dari gambar lain. Buat garis tepinya dengan halus.

Cara menggambar sketsa baju

Pola Baju

Pola Baju

1. Tentukan pose yang diinginkan. Untuk kamu yang memang baru belajar menggambar sketsa baju, atau seorang pemula, pilih lah model yang sedang berdiri. Atau, kamu juga bisa memilih pose model orang berjalan di catwalk.

2. Buat proporsi tubuh dengan garis tipis pada kertas sketsa. Pastikan bahwa proporsi tubuh yang dibuat sudah benar-benar tepat baik dari segi perbandingan dan proporsinya..

  • Buatlah kepala dan garis tubuh seorang manusia.
  • Tambahkan bagian dada dan pinggul.
  • Panjangkan bagian tubuh supaya benar-benar membentuk tubuh manusia.
  • Perhatikan garis lengkung di setiap sisi.
  • Bentuk leher dan wajah model tersebut.
  • Lakukan penggambaran dari kepala hingga kaki.

3. Kamu bisa membuat rancangan busana sesuai dengan proporsi tubuh, mulai dari desain bagian atas hingga bawah.

4. Buatlah kreasi sketsa mode sesuai desain yang kamu inginkan. Caranya, buat busana dengan drape pada bagian-bagian sesuai dengan bentuk busana dan pose.

5. Lengkapi detail wajah, rambut, aksesoris, motif dan setikan-setikannya.

6. Hapus bagian-bagian yang tidak diperlukan kemudian pertebal rancangan desain sketsa baju dengan menggunakan pensil yang bernomor lebih besar, misal pensil b bernomor 4.

7. Pindah rancangan desain ke dalam kertas gambar.

Bila kamu ingin menjadi seorang desainer, maka kamu perlu belajar beberapa hal tentang dunia fashion.

Belajar tentang desain

Profesi Fashion Designer

Profesi Fashion Designer

Tentunya kamu ingin membuat desain pakaian inovatif sehingga hal pertama yang harus kamu perlu perhatikan adalah teori mengenai desain. Untuk dapat mengetahuinya, kamu dapat mulai dengan membaca buku tentang dunia fashion di mana buku ini akan membantu kamu belajar untuk berpikir seperti seorang desainer.

Jangan biarkan hal-hal tertentu membatasi diri kamu untuk mempelajari prinsip-prinsip teori tentang desainer profesional.

Memilih model atau pola baju

Fashion Desainer

Fashion Desainer

Bila kamu seorang pemula maka belajar cara menggambar baju yang terbaik adalah memilih model seperti apa yang kamu ingi buat sesungguhnya. Jika memang sudah ahli dalam membuat sketsa pakaian, barulah kamu bisa dipersilahkan untuk menggambar sketsa sendiri sesuai dengan imajinasi.

Sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat belajar menggambar sketsa baju seperti ini. Penempatan sumber cahaya juga akan menentukan bagian yang digambar.

Mencobalah belajar menggambar jangan terlalu cepat dan terlalu menekan pensil
Bagaimana tips merancang sebuah sketsa pakaian berikutnya adalah tidak perlu menggambar dengan terlalu cepat dan menggambar dengan menekan pensil terlalu keras karena takut itu bisa merusak bingkai gambar. Sebaiknya kamu menggambar secara tenang dan santai saja.

Nah, itulah beberapa tips dan cara menggambar baju. Untuk kamu yang serius ingin menjalani profesi sebagai desainer profesional, kamu bisa mencobanya dengan menggambar dari desain sketsa baju termudah terlebih dahulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *