Home » Karakter » Cara Menggambar Anime untuk Pemula

Cara Menggambar Anime untuk Pemula

wapt image 2465

Cara Menggambar Anime untuk Pemula – Gambar anime tuh memang terdengar sulit untuk dilakukan! Begitu banyak bagian dan teknik menggambar yang harus dilakukan, mulai membuat sketsa tubuhnya untuk bisa menggambar hingga detail-detail bagian terkecil. Untuk kamu yang memang baru saja belajar cara menggambar anime, boro-boro tubuh, menggambar mata saja pastinya terasa sulit! Memang, sekilas cara menggambar anime ini mirip seperti cara menggambar orang. Pastinya, tak sama dan berbeda. Nah, bagaimana caranya?

 

Benarkah cara menggambar anime itu sulit?

Tenang, kali ini kita akan  membahas cara menggambar anime untuk pemula. Jika kamu yakin dan membaca artikel ini sampai akhir dijamin langsung bisa, kok. Tapi tetap saja, praktek, terus belajar dan mencoba terus menerus adalah cara terbaik untuk bisa menggambar anime dengan lancer. Oke untuk itu kita akan belajar menggambarnya tahap demi tahap, mulai dari bagian kepala terlebih dahulunya ya.

 

Bagaimana cara menggambar kepala anime

Pertama-tama, kamu harus berlatih untuk menggambar berbagai ornamen wajah. Bagian ini penting karena karakter pembeda antara satu karakter dengan karakter lain tentunya adalah pada bagian kepala dan selanjutnya kebagian wajah. Selain itu, bagian kepala juga menjadi dasar dalam menggambar ekspresi wajah, sehingga kamu perlu latihan untuk menjadi bisa menggambar anime dengan fasih.

Langkah 1: menggambar latihan bagian mata anime

Cara Menggambar mata anime

Hal pertama yang kamu mungkin perlu pelajari sebelum menggambar karakter anime adalah untuk berlatih membuat mata.

Kamu dapat mulai mencoba menggambar bagian luar mata terlebih dahulu dengan menggunakan garis. Garis tebal yang telah kamu buat sebelumnya, tetapi hanya bagian atas dan sisi satunya.

Langkah 2: praktek pola menggambar mata anime

Nah, jika kamu telah menyelesaikan gambar sebelumnya, kamu dapat membuat beberapa pola mata sesuai dengan keinginan.
Cara Menggambar bola mata anime

Gambar mata ke 1, 2, dan 4 mata dalam keadaan normal, menggambar mata ke 3 dan 5 adalah mata menghadap ke atas, dan mata untuk mata 6 digunakan untuk mengekspresikan kejutan.

Langkah 3: praktek menggambar kedua mata anime

Setelah cukup lancar menggambar satu mata, maka sudah saatnya kamu menggambar dua pasang mata. kamu harus memilih karakter yang ingin kamu buat, apakah arah mata menghadapi lurus atau sedikit miring.

Cara Menggambar bola mata anime perempuan

Jika posisi kepala lurus, kedua ukuran mata harus sama, tetapi jika posisi kepala miring, buat bagia satu mata sedikit lebih jauh dari sudut pandang.

Langkah 4: menggambar bagian lain wajah anime

Jika kamu senang berlatih membuat mata, langkah berikutnya adalah untuk menggambar bagian-bagian lain dari wajah, seperti mulut dan hidung.

Cara Menggambar wajah anime perempuan

Mata yang sama bisa memiliki arti yang berbeda dengan menggambar mulut. Oleh karena itu pastikan bahwa apa yang kamu ingin gekspresikan diilustrasikan juga oleh mulut.

Jangan lupa untuk menarik garis sehingga wajah gambar anime-mu semakin jelas.

Bagaimana menggambar anime (sketsa tubuh dan kepala)

Bagaimana, sudah fasih menggambar wajah? Saatnya untuk bergerak maju ke tahap berikutnya, yaitu, menggambar sketsa tubuh.

Sketsa ini akan menjadi dasar bagaimana karakter akan bergerak, baik berdiri atau duduk.

Langkah 5 (menggambar tubuh anime)

Oke, jika masalah bagian kepala anime telah selesai, saatnya kita melangkah ke tahap berikutnya, yaitu menggambar tubuh. kamu perlu membuat sketsa pertama, jika ingin karakter gambar kamu terlihat seperti.

Cara Menggambar tubuh anime
Untuk karakter wanita, biasanya memiliki kaki lebih panjang dari ukura normal. Selain itu, posisi bahu juga lebih kecil dan dekat dengan kepala bila dibandingkan dengan laki-laki.

Langkah 6 (menggambar sketsa kepala dan badan anime)

Setelah selesai membuat sketsa tubuh, saatnya untuk mencoba untuk menggambar kepala hasil latihan menggambar bagian kepala aime yang telah dibuat sebelumnya.

Cara Menggambar kepala anime
Tekuk garis untuk membuat dagu. Buat juga menggambar garis melengkung untuk memandu wajah, dari dagu ke atas kepala dan di sekitar wajah dari sisi kiri ke kanan.

Langkah 7 (membuat bagian mata anime dengan sketsa tubuh)

Ini saatnya untuk memulai detail kecil! Menggambar mata memag perlu berlatih berkali-kali, di mulai dari garis lengkung horisontal. Ingat, mata yang jauh dari sudut pandangnya akan digambar dengan cara ditarik tipis.

Cara Menggambar sketsa anime

Langkah 8 (menggambar bagian lain wajah anime)

Tambahkan beberapa detil pada wajah, seperti hidung dan mulut untuk menunjukkan ekspresi apa yang ingin kamu tampilkan.

Cara Menggambar sketsa anime mudah dan cepat

Bagaimana cara menggambar anime (menggambar tubuh dan rambut)

Langkah 9 (menggambar anime lengkap dengan rambut)

Sebelumnya, kesampingkan masalah kepala, sekarang beralih ke bagian tubuh. Dengan menggunakan garis sketsa yang telah dibuat sebelumnya, maka kita aka menggambar sisi tubuhnya.

Cara Menggambar sketsa anime
Untuk karakter wanita dalam contoh ini, pergelangan tangan dan kaki lebih kecil dari karakter laki-laki. Leher dan bahu harus benar agar karakter bukan tampak seperti karakter laki-laki.

Berikutnya adalah pinggang. Karakter wanita anime harus memiliki kurva. Pinggul akan terlihat lebih lebar dari bahu.

Langkah ini termasuk langkah yang paling penting, sehingga kamu harus berhati-hati ketika menggambar.

Langkah 10 (cara menggambar rambut anime)

Oke, kita mulai menambahkan rinciannya lagi. Yang pertama adalah untuk rambut. Dalam beberapa contoh, kita bisa mengambil contoh rambut anime sebagai berikut.

Cara Menggambar rambut anime mudah
Potongan rambut ini adalah potongan rambut di mana rambut jatuh di depan telinga hingga dagu. Buat gambar rambut kepala dengan garis kurva dan menambahkan beberapa poni di atas matanya.

Langkah 11 (menambahkan detil rambut)

Selanjutnya, kamu dapat menarik bagian dari rambut model ekor kudanya. Buat semacam bentuk sanggul di belakang kepala, kemudian juga bagian rambut di samping sebagai efek rambut tertiup angin.


Bagaimana menggambar anime (bagian pakaian dan finishing)
Oke, saatnya untuk memasuki bagian terakhir, yang lebih menekankan detail akhir dan tentu saja juga sekaligus menggambarkan desain pakaian untuk karakter kita.

Langkah 12 (menggambar pakaian anime)

Sekarang saatnya untuk menjadi desainer pakaian. kamu dapat menggambar jenis model baju atau desain baju apapun, tapi di sini kita akan menggunakan seragam sekolah.

Cara Menggambar Anime untuk Pemula
Jenis seragam yang kita akan buat, adalah seragam normal pada umumnya yaitu seragam yang tidak melanggar peraturan sekolah, sehingga harus ada sedikit jarak antara pakaian dan garis-garis sketsa yang telah dibuat. Untuk leher, kita menggunakan desain baju bermodel dengan kerah V.

Langkah 13 (memberikan rincian pada pakaian)

Tambahkan beberapa detail seragam, seperti garis-garis di tepi seragam dan dasi. Ingat, seragam yang dibuat tak hanya tampil dalam bangun bentuk dua dimensi saja, sehingga kamu harus membuatnya tampak lebih nyata.

Cara Menggambar Anime untuk Pemula

Langkah 14 (menggambar rok anime)

Saatnya kita akan menggambar bawahan baju anime yang telah dibuat. Untuk lebih membuat realist, maka kita akan membuat seolah-olah ada hembusan angin, kemudian roknya pun terlihat sedikit bergelembung.


Kamu bisa mulai dengan menggambar gambr rok menjadi lebih simetris. Semakin ke tepi, semakin tinggi pula garis rok yang akan kita gambar.

Langkah 15 (finishing gambar anime)

Karakter kamu hampir selesai! Selanjutnya tinggal melanjutkan menggambar rincian lainnya, seperti kaus kaki, sepatu, dan jari saja.

Cara Menggambar Anime untuk Pemula
Periksa juga wajah, karena model rambut kita seperti demikian maka alis dan telinga tidak dibuat karena seolah tersembunyi di balik poni.

Bagaimana, sulit tidak cara menggambar anime kali ini. Tertarik langsung mencoba tutorial cara menggambar anime untuk pemula di atas? Semoga berhasil, ya!