Cara dan Persyaratan Membuat Kartu Kuning Online

Bagaimana cara dan persyaratan membuat kartu kuning online? Bagi para pencari kerja, pasti sudah tidak asing lagi dengan kartu kuning. Kartu yang juga dikenal dengan sebutan AK-1 ini, memang jarang sekali dimanfaatkan.

Umumnya, kartu ini digunakan jika memang perusahaan mewajibkan para pelamar kerja untuk mencantumkannya dalam surat lamarannya.

Apabila kamu baru lulus sekolah dan ingin mencari pekerjaan, tidak ada salahnya kamu membuat kartu kuning untuk berjaga-jaga. Apalagi, saat ini kartu kuning dapat dibuat secara online. Lantas, bagaimana cara membuat kartu kuning online itu?

Eits, tunggu dulu. Sebelum membahas cara membuat kartu kuning online, kita akan membahas pengertian kartu kuning dan persyaratan membuat kartu kuning online terlebih dahulu.

Pengertian kartu kuning

Pengertian kartu kuning atau yang juga disebut juga dengan AK-1 atau juga yang dikenal dengan kartu tanda pencari kerja ini dahulunya adalah selembar formulir yang dicetak di atas sebuah kertas berwarna kuning. Sebelumnya,  fungsi kartu kuning ini memang hanya sebatas untuk mencari pekerjaan saja. Namun, kini kartu kuning memiliki fungsi sebagai ID yang tercantum sebagai nomor pencari kerja.

Persyaratan membuat kartu kuning online

  1. Fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) atau SIM yang masih dalam masa aktif
  2. Fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir
  3. Softcopy pas foto berwarna ukuran 4×3 sebanyak 2 buah berlatar belakang warna
  4. Untuk pembuatan kartu kuning online, foto akan di-upload.
  5. Usahakan ukurannya tidak lebih dari 100Kb
  6. Fotokopi akta kelahiran dan kartu keluarga

Setelah kita lebih paham tentang pengertian dan persyaratan membuat kartu kuning online, selanjutnya kita akan ke pembahasan cara membuat kartu kuning online. Berikut ini ulasannya:

Cara membuat kartu kuning online

  1. Buka halaman situs resmi Dinas Ketenagakerjaan di http://infokerja.naker.go.id/ lalu cari pilihan menu “Daftar”.
  2. Setelah itu masukan alamat email, nomor telepon, dan kata sandi.
  3. Jika sudah, kamu akan diminta untuk melengkapi data sebanyak 5 form yang meliputi Akun, Data Diri,
  4. Pekerjaan, Keterampilan, serta Pendidikan atau Keahlian.
  5. Dalam form akun tersebut, kamu harus melampirkan atau mengunggah foto yang telah dipersiapkan softcopynya tadi
  6. Pada kolom data diri, kamu dapat mengisi semua data tersebut. Selanjutnya pada kolom Pekerjaan, kamu bisa pula bisa mengisi detail pekerjaan yang diinginkan.
  7. Setelah itu, isi semua kotak pada kolom Pekerjaan, dan kolom Keterampilan.
  8. Terakhir, isi pulsa kolom Pendidikan/Keahlian kamu.
  9. Setelah semua data form terisi, klik tombol Simpan. Selesai, semua data yang kamu masukan sudah berhasil tersimpan di database Dinas Ketenagakerjaan.
  10. Selanjutnya kamu dapat menuju ke kantor Disnaker untuk mencetak kartu kuning yang sudah dilegalisasi tersebut.

Catatan:
Saat mengunggah foto, pastikan foto memiliki ukuran yang benar, yaitu 3 x 4 cm. Usahakan pula ukuran maksimal foto tersebut tidak lebih dari 100 kb.

Bawa pula berkas asli ijazah, KTP, dan foto untuk berjaga-jaga. Ditakutkan, petugas akan meminta berkas tadi untuk dilakukan pencocokkan data.

Manfaat dan kegunaan kartu kuning

Kartu kuning sendiri dikeluarkan oleh dinas tenaga kerja di semua daerah di Indonesia. Kartu ini memuat beberapa informasi penting dari si pemilik, seperti: nomor pendaftaran pencari kerja, nomor induk kependudukan, serta data pribadi seperti tempat dan tanggal lahir, alamat tempat tinggal, agama, serta status perkawinan si pemilik. Selain itu, tertera pula keterangan perihal pendidikan terakhir pencari kerja, serta tahun kelulusan.

Dinas tenaga kerja memang memiliki kewajiban untuk menyalurkan para pencari kerja sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang mereka miliki.

Bisa dikatakan, kartu kuning ini sebagai informasi bagi dinas tenaga kerja agar bisa menyalurkan pekerjaan kepada pencari kerja sesuai keahliannya dan pendidikan masing peserta ke perusahaan atau instansi yang tepat. Hal ini tentu saja untuk mengurangi angka pengangguran di daerah tersebut.

Tinggalkan komentar