Cara membuat Iklan Persuasif yang Menarik Minat Calon Pembeli

Bagaimana cara membuat Iklan persuasif? Secara praktis, tugas copywriter adalah membuat iklan persuasif yang bernilai jual. Keberhasilan cara membuat iklan persuasif seorang copywriter akan dilihat dari seberapa besar iklan yang dibuatnya mampu menarik minat pembaca untuk membeli produk tersebut.

Sebelum membahas cara membuat iklan persuasif, kita akan memahami dahulu beberapa faktor penting. Ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan. Faktor meliputi internal dan eksternal dari produk tersebut.

Faktor internal meliputi apa dan bagaimana kualitas produk kamu, sedangkan eksternal meliputi kemampuan kamu memahami siapa dan bagaimana menyampaikannya. Lantas, bagaimana cara membuat iklan persuasif yang menjual itu?

1. Deskripsikan produk seperti apa yang akan kamu jual

Ketika akan membuat iklan persuasif, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami terlebih dahulu kriteria dan jenis produk yang akan kamu jual. Kali ini kita dapat mengambil contoh pemasaran properti atau rumah:

Property yang kamu pasarkan adalah rumah minimalis seharga Rp 200.000.000, berlokasi di Cilandak, Jakarta Selatan. Luas bangunan 32 m2 dan luas tanah 63 m2, dengan 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi dan garasi.

2. Analisis kelebihan dan kekurangan produk

Sebelum menentukan target potensial, sebaiknya lakukan analisis terlebih dahulu. kamu dapat menganalisis produk sesuai dengan metode yang biasa kamu gunakan.

kamu dapat menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats). Untuk meringkasnya, kamu dapat menganalisis dari sisi kelebihan dan kekurangannya saja.

3. Perkirakan siapa khalayak target potensial pasar kamu

Perkirakan target potensial kamu berdasarkan penghasilan, status, profesi dan aspek demografis lainnya. Kamu juga dapat melihat dari aspek produk kamu.

Jika jumlah kamar hanya 2 pintu, tentu status target potensial kamu belum menikah. Bisa sudah menikah, pastinya memiliki tidak lebih dari 1 orang anak.

Adanya fasilitas garasi, bisa jadi target kamu adalah orang yang sudah ataupun berencana memiliki kendaraan roda empat. Kamu juga dapat melihat aspek lain yang berpotensi mendukung analisis kamu.

4. Sesuaikan dengan kalimat iklan yang lebih menarik

“Lokasi rumah di daerah Cilandak, Jakarta Selatan”. Kamu dapat menggantinya dengan kalimat: “Lokasi terstrategis di Jakarta Selatan“.

“Lokasi dekat mall, rumah sakit dan fasilitas umum lainnya”. Kamu dapat menggantinya dengan: “Pusat perbelanjaan dan fasilitas umum mudah dijangkau“.

“Sistem pembayaran mudah dan dapat diangsur”. Kamu juga dapat menggantinya dengan: “Uang muka mulai dari 20 juta Rupiah“, “Dapat diangsur selama 5 tahun“. Kamu dapat mencantumkan kata “mulai” yang diikuti nominal jumlah uang muka terendah.

Pencantuman nominal uang muka terendah bertujuan untuk menarik minat beli calon konsumen. Dengan variasi nominal pembayaran, tentu akan lebih menarik daya beli mereka, dengan catatan, biasanya besaran uang muka juga akan mempengaruhi besar atau kecilnya pembayaran perbulannya.

Untuk lamanya cicilan, kamu dapat tampilkan dengan nominal tahunan. Secara psikis, 5 tahun terlihat lebih kecil dibandingkan 60 bulan, walaupun sebenarnya nilai keduanya sama.

Lakukan juga analisis terhadap kekurangan yang dimiliki produk. Sebagai contoh, ketika jam sibuk, akses sekitar lokasi mengalami traffic kendaraan yang cukup padat.

Untuk menghindari opini negatif, tampilkan lokasi transportasi umum bebas hambatan terdekat, seperti shelter busway atau stasiun kereta. Dengan menampilkan informasi tersebut, secara tidak langsung kamu telah mengganti opini negatif terhadap kemacetan dengan sebuah solusi.

Dengan memberikan pilihan transportasi alternatif, mereka akan berpendapat traffic kendaraan bukan lagi menjadi masalah. Jika memang tidak ada, sebaiknya jangan memaksa untuk menampilkannya.

5. Terakhir, lakukan pengembangan kalimat iklan

Contoh:

– Kami berikan penawaran spesial rumah minimalis untuk kamu dan keluarga. Kamu akan mendapatkan fasilitas 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi di atas bangunan sebesar 32m2 dan luas tanah 63m2. Fasilitas garasi juga kami berikan bagi kamu yang sudah ataupun berencana memiliki kendaraan pribadi.

– Dengan lokasi terstrategis di Jakarta Selatan, kamu dan keluarga dapat menuju pusat perbelanjaan dan fasilitas umum dengan jangkauan yang mudah dan cepat. Stasiun kereta dan shelter busway terdekat kurang lebih hanya 100m saja.

– Menariknya, semua fasilitas ini dapat kamu miliki dengan harga Rp 200.000.000. Kami juga menyediakan kemudahan pembayaran dengan uang muka mulai dari 20 juta Rupiah dan dapat diangsur selama 5 tahun. Segera hubungi kantor pemasaran kami di line telfon 021-000-XXX.

Pemilihan kalimat persuasif yang tepat, tentu lebih menjamin keberhasilan copywriting. Selanjutnya adalah bagaimana mengubah kalimat menjadi semenarik mungkin.

Namun, perlu diperhatikan, pastikan iklan persuasif yang kamu buat sesuai dengan kriteria target pasar kamu. Alternatifnya, kamu dapat mencoba menulis iklan dengan AIDA.

Tinggalkan komentar