Home » Pelajaran » BahasaIndonesia » Cara Membaca Puisi Tanpa Menggunakan Teks Disebut

Cara Membaca Puisi Tanpa Menggunakan Teks Disebut

cara membaca puisi tanpa menggunakan teks disebut 4532 1

Cara membaca puisi tanpa menggunakan teks disebut? – Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam membaca puisi adalah menggunakan seni deklamasi. Ada perbedaan antara deklamasi dan membaca puisi, meskipun kedua merupakan bentuk seni pertunjukan.

Namun dalam deklamasi menggunakan konten tambahan untuk mengekspresikan pesan puisi yaitu tanpa membaca menggunakan teks.

Sedangkan untuk membaca puisi biasa, fokus pelaku pertunjukan yaitu dengan membaca puisi secara baik dan benar. Meski begitu, keduanya tetap harus bisa memikat perhatian dan emosional audiens dengan memaksimalkan tampilan secara suara, intonasi, suasana hati, ekspresi, peringkat, dan keakuratan pengucapan ejaan.

Dengan demikian, cara membaca puisi tanpa teks disebut deklamasi.

Memahami apa itu deklamasi

Deklamasi berasal dari bahasa Latin “Declamare atau Declaim” yang mempunyai makna membaca puisi dengan pergerakan lagu dan badan sebagai pembawaannya.

Menurut kamus bahasa Indonesia (KBBI), deklamasi adalah puisi dengan lagu dan gaya. Lebih lanjut, tujuan deklamasi adalah untuk menuangkan pemikiran dasar yang terdapat dalam puisi yang disertai dengan gaya dan gerak badan untuk menguatkan kesan penampilan. Jadi makna dan nilai-nilai yang tertuang tidak hanya diucapkan dan didengar saja, melainkan gerakan dan mimik wajah.

Singkatnya, jawaban dari cara membaca puisi tanpa menggunakan teks disebut deklamasi.