Cara Melakukan Content Marketing Menggunakan Blog

Tips content marketing menggunakan blog. Content marketing merupakan jenis content yang memang ditujukan untuk kegiatan marketing.

Membuat content marketing menggunakan blog sebenarnya sama seperti menulis content pada umumnya, yaitu teks yang didukung gambar, audio maupun video. Yang membedakan, content marketing akan berfokus untuk menjaring visitor dan mengconvert-nya hingga menjadi konsumen.

Membuat content marketing tentu bukan hanya sekedar menulis saja, tetapi bagaimana content tersebut mampu menarik dan mempersuasikan minat pembaca pada produk yang akan kamu tawarkan.

Saat ini, content marketing merupakan salah satu cara pemasaran produk secara online yang cukup banyak digunakan.

Jika kamu tertarik, Banyak sekali platform blog yang bisa kamu manfaatkan juga untuk penerapan content marketing, seperti wordpress, Blogspot, Tumblr, bahkan platform baru seperti Medium.
Berikut ini 3 tips content marketing menggunakan blog yang dapat kamu terapkan:

1. Fahami dan fokus pada target market kamu

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda, namun kamu harus tahu siapa target market kamu sesungguhnya. Visitor akan lebih merespon content yang dapat memberi informasi yang berguna bagi mereka saat ini.

Untuk itu, kamu harus terlebih dahulu memahami pertanyaan berikut:

  1. Siapa target market produk kamu?
  2. Apa yang mereka butuhkan?
  3. Bagaimana produk kamu dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut?

Jika kamu sudah mampu menjawab poin-poin tadi, maka kamu akan tahu bagaimana menulis dan cara terbaik menyampaikan content tersebut.

2. Content bukan hanya menarik, tetapi harus kreatif

Bagaimana agar content marketing kamu terlihat menarik dan kreatif? Tentu dengan menyajikan banyak variasi dan format. Ketika kamu menulis blog, biasanya sebagain format yang kamu tampilkan adalah teks. Teks memang menjadi titik tumpu pada blog. Namun, usahakan juga untuk menampilkan berbagai format lainnya. kamu mungkin pernah membaca situs hipwee?

Lihat bagaimana mereka dapat mengkomposisikan tulisan dan gambar menjadi hal yang menarik untuk dibaca. Walaupun tulisan yang disajikan cukup panjang, namun tidak membuat kamu bosan bukan?

Kunci dari content yang mereka sajikan adalah komposisi tulisan dengan beberapa gambar menarik. Komposisi ini tentu dapat kita terapkan juga sebagai tips content marketing pada produk yang kita jual.

3. Jadikan visitor kamu sebagai konsumen

Setelah kamu memiliki banyak pengunjung blog, tahap selanjutnya adalah mengconvert-nya menjadi konsumen. Pastikan kamu telah memberikan konten yang berkualitas dan niche yang tepat, sehingga visitor tetap tertarik dan mengikuti setiap content yang kamu berikan.

Tapi perlu kamu ingat, lakukan dengan soft selling. Sematkan juga kata-kata dan tombol call to action.
Hampir semua perusahaan besar maupun UKM telah menerapkan content marketing menggunakan blog.
Salah satu blog perusahaan yang mampu menampilkan content marketing dengan sangat baik adalah blog Tokopedia.

Mereka mampu menyajikan content dan menyematkan produk mereka secara bersamaan tanpa terkesan menjual. Visitor-pun akan beranggapan produk tersebut sebagai rekomendasi, bukan penawaran produk.
Tertarikkah kamu menerapkan content marketing dengan blog untuk pemasaran online produk kamu?

Tinggalkan komentar