Cara Foto Produk untuk Jualan Online agar Terlihat Lebih Menarik

Setelah kamu yakin ingin membuka usaha secara online, hal penting pertama yang harus kamu persiapkan adalah foto produk yang menarik. Mengapa foto menjadi hal yang penting? Berikut ulasannya.

Selain cara pemasaran produk, konten marketing seperti foto produk juga menjadi hal penting. Kenapa? Karena pembeli tidak dapat melihat dan merasakan produk kamu secara langsung, maka fotolah yang akan berbicara.

Seberapa keras promosi yang kamu lakukan, tentu akan sia-sia tanpa didukung foto yang menarik. Itulah mengapa istilah “sebuah gambar dapat berbicara lebih dari seribu kata” menjadi filosofi yang tepat untuk memulai bisnia online kamu.

1. Foto harus bersih dengan pencahayaan yang cukup

Tampilkan foto produk terbaik kamu. Tidak perlu resolusi besar, kamu hanya harus memilih foto yang bersih dan pencahayaan yang cukup. Bila ada, tambahkan pernak-pernik atau kesan yang dapat menunjang tampilan produk kamu.

Pernak-pernik seperti apakah itu? Contoh, jika kamu menjual produk makanan atau cake, kamu dapat menampilkannya dengan plating yang menarik. Atau, jika kamu ingin menjual sepatu bola, kamu dapat mengambil foto di area sekitar lapangan bola.

2. Ambil foto produk kamu dari berbagai angle

Ambillah foto produk kamu dari berbagai sudut. Usahakan untuk mengambil semua sisi gambar produk tersebut. Seiring berjalannya waktu, kamu akan menemukan sisi angle terbaik untuk produk kamu. Jika kamu menjual barang second, tampilkan juga sisi kekurangannya. Tentu kamu tidak ingin reputasi kamu sebagai penjual rusak, karena dituduh menjual barang yang tidak sesuai gambar bukan?

3. Gunakan watermark pada foto

Seberapa penting watermark itu? Tentu penting sekali. Bisa saja foto yang telah kamu ambil dengan susah payah digunakan oleh orang lain atau kompetitor kamu.

4. Menampilkan informasi penjual secara lengkap

Kamu dapat berikan informasi tentang diri kamu sebagai penjual. Seperti nomor telpon toko kamu atau nomor telpon rumah juga. Nomor telpon rumah? bukankah akan berbahaya bila disalah gunakan? Saya rasa saat ini informasi sudah sangat bebas.

Tidak ada jaminan kamu dapat memproteksi sesuatu informasi dengan sempurna. Bagaimana dengan agen asuransi yang tiba-tiba menghubungi kita?

Dari mana dia tahu nama kita, nomor telpon kita, bahkan alamat rumah kita? Kita hanya perlu waspada, namun tidak juga terlalu paranoid.

Sebagai seorang pembeli, saya lebih memilih menghubungi penjual yang mencantumkan nomor telpon rumah atau kantornya di bandingkan nomor seluler.

Itulah beberapa poin bagaimana cara foto produk kamu menjadi lebih menarik di mata konsumen. Hasil yang maksimal, tentu tergantung seberapa besar kreatifitas kamu.

Jadi, buatlah foto produk kamu semenarik mungkin. Sebuah gambar dapat berbicara lebih dari seribu kata, begitu juga foto produk kamu.

Tinggalkan komentar