Cara Daftar Google My Business agar Bisnis Mudah Ditemukan

Beranda ยป Cara Daftar Google My Business agar Bisnis Mudah Ditemukan

Pernah mendengar tentang Google My Business atau Google My Business? Dahulu, platform ini dikenal dengan nama Google Places. Fungsinya hampir sama, yaitu memberikan kesempatan kepada pemilik bisnis untuk memunculkan toko atau tempat usahanya di halaman penelusuran dan Google Maps.

Apa itu Google My Business?

Google My Business adalah alat atau aplikasi dari Google untuk para pengusaha. Dengan mendaftar di Google My Business, Google akan mencantumkan lokasi bisnis di Google Maps dan hasil penelusuran.

Dengan begitu, calon pelanggan dapat dengan mudah mengetahui informasi tentang bisnis. Beberapa informasi yang ditampilkan termasuk nama bisnis, alamat lokasi usaha, alamat email, jam operasional, nomor telepon, alamat website, foto kantor, dan ulasan yang diberikan pelanggan. Selain itu, Google My Business juga merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk memposting tautan ke artikel atau event yang akan diselenggarakan.

Manfaat Google My Business

Selain membantu calon pelanggan mengetahui informasi tentang alamat bisnis, ada beberapa manfaat lain dari mendaftar bisnis di Google My Business, antara lain:

1. Dapat ditemukan di Google Maps

Setelah mendaftar, maka bisnis atau toko akan tampil dan bisa ditemukan di Google Maps. Menurut survei, 77% pengguna internet menggunakan Google Maps, dan traffic akses ke platform ini terbilang tinggi setiap bulannya. Yang berarti jika bisnis kita terdaftar di di Google My Business, maka secara otomatis bisnis kita bisa ditemukan di Google Maps.

Hal ini sangat penting, terutama jika memiliki toko fisik. Konsumen atau calon pelanggan yang penasaran bisa datang langsung ke tempat dengan bantuan penunjuk arah dari Google Maps.

2. Mendapatkan ulasan dari banyak pelanggan

Selain promosi melalui Google Maps, bisnis juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan ulasan dari pelanggan yang telah melakukan transaksi baik secara online maupun di toko fisik. Ulasan dari pelanggan sangat berharga untuk meningkatkan penjualan dan memperkenalkan brand.

Selain itu, pemilik bisnis dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan dengan cara membalas ulasan dan pertanyaan yang mereka berikan.

3. Layanan website gratis

Selain mendapatkan promosi melalui Google Maps, mendaftarkan bisnis di Google My Business juga memudahkan kita memiliki tampilan website sendiri. Jadi, jika belum memiliki website penjualan, dapat menggunakan layanan website gratis dari layanan Google My Business ini.

Cara Mendaftar Google My Business

Untuk bisa mendaftarkan bisnis kita di Google My Business, maka perlu melakukan beberapa hal. Proses ini tidak sulit, hanya perlu mengisi beberapa informasi dan data terkait bisnis. Jika data sudah lengkap, maka tunggu proses verivikasi yang dilakukan Google. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Masuk ke alamat Google My Business

Kunjungi halaman Google My Business di halaman https://www.google.co.id/business/ dan klik “Kelola Sekarang”. Setelah itu masuk ke akun Google yang sudah terdaftar.

Masukan alamat bisnis

Google My Business juga akan meminta alamat lokasi bisnis atau toko berada. Tujuannya agar bisnis muncul di Google Maps, sehingga memudahkan konsumen mengunjungi lokasi bisnis.

Jika bisnis hanya beroperasi secara online dan tidak memiliki toko fisik, tetapi melayani di area tertentu seperti Bekasi, dapat mencantumkan area layanan sebagai gantinya.

Pilih jenis atau kategori bisnis

Setelah selesai, klik “Berikutnya”. Kemudian, Google akan meminta memilih kategori bisnis, misalnya, perusahaan farmasi dengan kategori layanan pengujian obat.
Kategori ini membantu Google mengelompokkan bisnis sesuai dengan kategori yang relevan. Jadi, ketika seseorang mencari perusahaan farmasi di Jakarta di mesin pencari Google, informasi tentang bisnis tersebut akan muncul dalam hasil pencarian.

Isi data pendukung, seperti email, nomor telepon dan alamat website

Kemudian kita akan diminta untuk memasukkan data kontak seperti nomor telepon dan email. Jika memiliki website sendiri maka bisa memasukkan URL website di profil bisnis yang didaftarkan. Jika tidak memiliki website, bisa memilih opsi “Saya tidak butuh website“. Namun, jika ingin membuat website gratis, Google telah menyediakan domain dan template website-nya.

Verifikasi Google My Business

Setelah mengisi semua informasi dengan lengkap dan benar, Google My Business akan meminta verifikasi. Tujuan verifikasi ini sangat penting, yaitu mencegah penyalahgunaan informasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain verifikasi melalui pos, Google My Business juga menyediakan opsi verifikasi melalui telepon atau melalui email. Kita bisa memilih metode verifikasi yang sesuai dan paling mudah.

Kelola dan atur profile Google My Business

Setelah verifikasi selesai, maka bisa langsung mengelola profil bisnis di Google My Business. Kita juga bisa memperbarui informasi, menambahkan foto, memposting artikel atau event bisnis, dan berinteraksi dengan ulasan pelanggan. Pastikan untuk memantau dan merespons ulasan dengan baik, baik itu ulasan positif maupun ulasan negatif.

Penting diingat jika Google My Business dirancang untuk membantu bisnis lokal, terutama bisnis yang memiliki toko, kantor atau lokasi fisik sendiri. Jadi, jika bisnis hanya beroperasi secara online dan tidak memiliki kantor atau toko fisik, mungkin lebih tepat untuk fokus pada strategi pemasaran online, seperti optimasi mesin pencari (SEO) atau iklan online.

Namun, jika memiliki bisnis dengan toko fisik, mendaftar di Google My Business dapat memberikan manfaat dalam hal promosi. Salah satunya meningkatkan visibilitas sehingga calon pelanggan potensial bisa menemukan bisnis kita. Pastikan untuk mengoptimalkan profil dengan informasi yang akurat dan relevan agar calon pelanggan dapat menemukan dan menghubungi bisnis.

Scroll to Top