Cara Copywriting di Konten Media Sosial beserta Tipsnya

Beranda ยป Cara Copywriting di Konten Media Sosial beserta Tipsnya

Bagi para pebisnis online, promosi di media sosial menjadi kegiatan wajib yang harus dilakukan. Apalagi jumlah pengguna media sosial di Indonesia tergolong besar. Jumlah tersebut didominasi oleh usia remaja dan produktif yang sudah memiliki penghasilan.

Tidak heran jika media sosial kerap menjadi pilihan utama bagi para pebisnis yang ingin mempromosikan bisnis dan produk mereka.

Berbeda dengan iklan di media tradisional seperti televisi yang membutuhkan biaya yang besar, promosi di media sosial relatif lebih terjangkau dan dapat menargetkan konsumen secara lebih spesifik.

Agar promosi di media sosial efektif, tetap diperlukan strategi yang tepat. Sehingga, tidak hanya sekedar berpromosi namun bisa menarik minat pembeli dan membangun brand awareness dari produk yang dijual.

Lalu apa saja hal yang perlu diperhatikan ketika berpromosi di media sosial? Tentu dengan memanfaatkan copywriting yang didukung konten yang berkualitas.

Kriteria dan cara mengelola masing-masing platform media sosial

Sebelum membahas cara melakukan copywriting di media sosial, tentu harus memperhatikan jenis dan kriteria dari masing-masing platform media sosial yang digunakan. Karena setiap platform memiliki kriteria dan cara mengelolanya masing-masing.

1. Memilih platform media sosial yang tepat

Langkah awal dalam mempromosikan brand atau produk di media sosial adalah memilih platform yang sesuai. Lima platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia yaitu WhatsApp, YouTube, Instagram, TikTok, dan Facebook.

Pemilihan platform media sosial tentu tergantung kriteria dan kebiasaan audiens yang menjadi target market bisnis kita. Misalnya, audiens berusia lanjut cenderung lebih nyaman berkomunikasi melalui WhatsApp. Setiap platform memiliki keunikan, kelebihan, dan pengguna yang berbeda-beda.

2. Cari waktu posting yang tepat dan update secara berkala dengan konten yang relevan

Setelah memilih platform yang tepat, langkah selanjutnya adalah memiliki akun di media sosial tersebut. Memiliki akun saja tidak cukup.

Akun tersebut juga harus dikelola dengan baik dengan perencanaan konten dan waktu posting yang tepat. Saat membangun konten di media sosial, penting untuk menentukan topik yang tepat dengan gambar atau video pendukung yang menarik.

Berikan copywriting yang efektif untuk mendukung call to action. Jangan hanya mengandalkan satu elemen saja. Kombinasikan semuanya agar konten lebih menarik dan variatif.

3. Buat copywriting sebagai call to action di masing-masing platform media sosial

Copywriting memiliki tujuan untuk mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Istilah ini dikenal dengan call to action. Perlu diingat, copywriting bukan hanya sekedar tulisan.

Teks tersebut harus bisa memotivasi audiens agar tertarik dan melakukan dari pesan yang disampaikan. Pada prakteknya, banyak akun media sosial bisnis hanya sekedar posting saja. Tanpa mengindahkan copywriting yang baik, tentu tujuan promosi yang dilakukan akan kurang efektif.

Langkah-langkah dan copywriting di media sosial

Jangan hanya fokus pada caption atau gambar yang bagus saja. Perhatikan juga relevansi konten dan kriteria audiens. Hal tersebut berfungsi sebagai guideline kita membuat copy iklan dan berinteraksi dengan audiens. Untuk membuat copywriting yang efektif, ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan:

Buat brand persona

Brand persona adalah karakter yang ingin ditampilkan di media sosial dan harus disesuaikan dengan brand yang dimiliki. Misalnya, jika memiliki produk pakaian bayi, brand persona yang bisa dibangun adalah hangat, peduli, dan ceria. Brand persona akan mempengaruhi gaya copywriting, termasuk penggunaan gaya bahasa. Apakah harus menggunakan gaya bahasa formal atau informal.

Sesuaikan dengan target audience

Target audiens dapat dibedakan berdasarkan demografi, geografi, dan psikografi. Dengan memahami fokus dan kriteria target audiens, tentu memudahkan kita memahami siapa audiensnya, apa kebutuhannya, dan masalah yang dihadapi. Informasi ini berguna dalam menentukan topik, isi konten, dan copywriting yang digunakan.

Sesuaikan dengan Platform Media Sosial

Setelah menentukan hal-hal di atas, selanjutkan sesuaikan copywriting dengan kriteria masing-masing platform. Misalnya, berapa jumlah kata yang dapat di-post, berapa rekomendasi ukuran gambar yang sesuai, dan hastag apa yang akan digunakan.

Tips membuat copy yang efektif di platform media sosial

Berikut ini beberapa cara copywriting di media sosial yang terbilang efektif:

  1. Mulailah dengan memperkenalkan masalah atau kondisi yang dialami audiens dan bagaimana brand atau produk bisa menjadi solusi. Gunakan teknik storytelling untuk menarik perhatian.
  2. Gunakan sapaan personal untuk menciptakan ikatan emosional dengan audiens.
  3. Tampilkan bukti atau testimoni yang mendukung kualitas brand atau produk. Hal ini dapat membangun kredibilitas dan kepercayaan dan calon konsumen.
  4. Buatlah penawaran khusus dengan promo yang terbatas. Tujuannya agar memotivasi dan mendorong audiens segera membeli pembeli. Bisa dengan diskon eksklusif atau bonus pembelian.
  5. Gunakan call to action yang jelas dan meyakinkan. Berikan instruksi yang spesifik, seperti “Beli sekarang” atau “Daftar sekarang”.

Tips mengelola akun media sosial bisnis

Selain itu cara-cara di atas, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan ketika mengelola akun media sosial bisnis.

Konsistensi

Pastikan konten di-update secara konsisten. Gunakan elemen desain, warna, dan gaya yang konsisten agar mudah dikenali oleh audiens.

Buat interaksi dengan Pengikut

Jalin interaksi dengan cara merespons komentar, memberikan like atau membalas pesan. Hal ini bisa membangun hubungan yang kuat dan meningkatkan keterlibatan pengikut dengan akun media sosial kita.

Lakukan analisa

Pantau dan analisa hasil kampanye yang dilakukan di media sosial. Perhatikan matrik dasar seperti jumlah tampilan, jumlah interaksi, dan konversi yang dihasilkan. Dengan melihat data ini, maka proses evaluasi akan lebih terstruktur dan mudah dilakukan.

Mengikuti tren yang sedang populer

Terus ikuti tren dan perkembangan terbaru di media sosial. Platform media sosial dan isu didalamnya akan terus berkembang. Tidak hanya fitur, isu dan tren yang viral juga akan berganti. Dengan mempelajari dan mengikuti perkembangan yang terjadi, maka kita bisa memaksimalkan social media marketing yang dijalankan.

Gunakan konten yang relevan dan copywriting yang baik agar social media marketing yang dilakukan bisa membangun brand awareness, dan meningkatkan konversi penjualan.

Scroll to Top