Home » Pelajaran » Olahraga & Kesehatan » 12 Buah dan Sayuran yang Mengandung Vitamin C Tinggi

12 Buah dan Sayuran yang Mengandung Vitamin C Tinggi

  • by
12 buah dan sayuran yang mengandung vitamin c tinggi 4145 2

12 Buah dan sayuran yang mengandung vitamin C tinggi – Konsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C tentu dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus atau bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Ketahui beberapa makanan berikut sehingga kamu lebih mengenal beberapa buah dan sayuran sebagai sumber vitamin C alami bagi tubuh. Salah satu manfaat vitamin C untuk kesehatan adalah untuk membantu perbaikan sel dan jaringan dalam tubuh sehingga organ-organ tubuh tetap berfungsi dan bekerja dengan baik. Beberapa manfaat vitamin C antara lain, sebagai berikut:

Manfaat vitamin C

  1. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  2. Bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh
  3. Melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan penyakit berbahaya
  4. Menghasilkan protein tertentu untuk membantu regenerasi kulit
  5. Menjaga kesehatan tendon, ligamen dan pembuluh darah
  6. Membantu mencegah penuaan dini
  7. Menjaga fungsi jaringan dan sel-sel dalam tubuh

Berikut 12 buah dan sayuran yang mengandung vitamin C

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang mudah larut dalam tubuh. Vitamin C dapat ditemukan secara alami dari beberapa buah dan sayuran di bawah ini, apa saja itu?

1. Cabai merah

Setengah secangkir cabai merah cincang atau yang sudah dipotong dadu bisa memberikan 107,8 mg vitamin C bagi tubuh. Selanjutnya, para peneliti dari University of Buffalo menemukan bahwa capsaicin, senyawa yang membuat rasa cabai menimbulkan sensasi pedas, dapat membantu meringankan masalah nyeri dan otot sendi.

2. Paprika merah

Secangkir paprika merah cincang berisi vitamin C hampir tiga kali lebih banyak dari jeruk, yaitu sebanyak 190 mg. Paprika merah juga merupakan sumber vitamin A yang baik, yang juga bisa membantu meningkatkan kesehatan mata.

3. Paprika hijau

Memang, secangkir paprika hijau mengandung lebih sedikit vitamin C daripada yang dihasilkan paprika merah, tetapi dengan 120 mg vitamin C di dalamnya, kandungan vitamin C dalam paprika hijau mampu menyuplai 200% dari jumlah asupan harian yang disarankan. Paprika hijau juga merupakan sumber serat yang baik.

4. Kangkung

Selain kandungan vitamin C cukup tinggi. Jumlah kandungan vitamin lainnya bahkan tujuh kali jumlah vitamin K yang disarankan, satu cangkir kangkung menyediakan 80,4 mg vitamin C. Sumber gizi lain yang cukup besar yaitu kandungan mineral dan asam lemak.

5. Brokoli

Sayur ini menyediakan vitamin C hingga 132 mg dan kaya akan serat, setidaknya 30 kalori per porsi. Penelitian juga menunjukkan brokoli memungkinkan memiliki peran sebagai pencegahan kanker.

6. Pepaya

Buah berwarna oren saat matang ini juga menunjukkan hasil yang menakjubkan. Diyakini jika kamu memakan pepaya secara rutin, hal itu bisa membantu membersihkan sinus, mencerahkan kulit, dan memperkuat tulang. Presentasi satu cangkir buah pepaya diyakini mengandung 88,3 mg vitamin C.

7. Stroberi

Secangkir buah berwarna merah dan rasa asam ini mengandung 84,7 mg vitamin C. Tak hanya itu, kandungan lainnya seperti asam folat sehat dan senyawa lainnya yang terbukti ampuh meningkatkan kesehatan jantung bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin. Selain itu, stroberi juga diyakini bisa membantu memutihkan gigi secara alami.

8. Bunga kol

Siapa sangka, bunga kol ternyata juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Apabila kamu mengkonsumsi kembang kol dalam ukuran kecil, maka diyakini bisa memberikan 127,7 mg vitamin C, serta 5 gram serat dan 5 gram protein.

9. Kubis brussel

Kubis kecil ini mengandung fitonutrien dan serat sebagai pencegahan kanker. Tak hanya itu, sayuran ini juga mengandung 74,8 mg vitamin C. Jika kamu malas mengkonsumsinya karena rasanya yang pahit, maka kamu bisa memunculkan rasa manis alaminya dengan memanggangnya.

10. Nanas

Tak hanya mengandung 78,9 mg vitamin C, nanas juga memiliki kandungan bromelain, yaitu enzim pencernaan yang membantu memecah makanan dan mengurangi masalah kembung. Bromelain juga bertindak sebagai antiinflamasi alami yang dapat membantu memulihkan lebih cepat setelah berolahraga dan menjalani aktifitas fisik yang berat.

11. Kiwi

Mengkonsumsi 2 buah kiwi diyakini akan memberikanmu manfaat vitamin C sebanyak 137,2 mg. Selain itu, buah ini juga kaya akan kalium dan tembaga.

12. Mangga

Buah Tropis ini dapat digunakan untuk meningkatkan vitamin C harian mu. Buah dengan rasa asam ini memiliki kandungan vitamin C hingga 122,3 mg. Mangga juga merupakan sumber vitamin A yang baik. Seperti vitamin C, vitamin A juga berperan penting dalam imunitas dan menjaga kesehatan fungsi mata.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai 12 buah dan sayuran yang mengandung vitamin C tinggi.