Kiat Sukses Bisnis Kosmetik secara Online, Apa Saja Langkahnya?

Beranda ยป Kiat Sukses Bisnis Kosmetik secara Online, Apa Saja Langkahnya?

Jika tertarik memulai bisnis tetapi bingung memilih bidangnya, ada baiknya memulai dengan hal-hal yang menyangkut hobi dan minat terlebih dahulu. Jika Ada memiliki minat di dunia kecantikan, pertimbangkan untuk menjual kosmetik secara online. Mengapa online? Sebagai permulaan, berbisnis online lebih mudah, murah, dan sesuai dengan tren saat ini.

Selain fakta bahwa produk kecantikan adalah kebutuhan sehari-hari, data dari BPS menunjukkan bahwa industri seperti kosmetik dan farmasi mengalami pertumbuhan fantastis di awal tahun 2020.

Penggunaan produk perawatan kulit dan kosmetik juga semakin inklusif. Produk kosmetik dan perawatan kulit yang sebelumnya dianggap hanya untuk perempuan, sekarang dapat digunakan oleh laki-laki. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bintang iklan laki-laki yang muncul dalam iklan di Indonesia belakangan ini. Kondisi ini juga memberikan angin segar bagi industri kosmetik karena segmen pasarnya yang semakin luas.

Selain itu, anggapan bahwa “cantik itu putih” tidak lagi berlaku. Iklan produk perawatan kulit kini pun lebih heterogen dengan banyaknya model-model berkulit eksotis. Tren ini dapat dilihat dari banyaknya merek atau brand yang sudah memproduksi berbagai produk kecantikan untuk berbagai jenis dan warna kulit, misalnya seperti Ponds, Dove, dan Clean & Clear.

6 Langkah sukses bisnis kosmetik secara online

Berikut ini adalah 6 langkah yang bisa dilakukan agar sukses menjual kosmetik secara online. Pahami dan lakukan secara bertahap agar bisnis kosmetik yang dijalankan bisa lebih berkembang kedepannya.

1. Pahami tentang BPOM

Jika ingin sukses menjual kosmetik secara online, penting untuk memahami tentang keamanan produk. Pastikan bahwa produk yang dijual adalah produk kosmetik yang aman.

Tidak semua produk perawatan kulit dan kosmetik aman digunakan, terutama produk yang tidak memiliki izin dari BPOM. Produk ini biasanya menjanjikan pemutihan kulit dalam waktu singkat.

Sebelum memilih produk, periksa status legalitasnya melalui situs web Cek BPOM. Selain itu, perhatikan apakah produk tersebut aman digunakan. Perhatikan juga dari segi warnanya, apakah iklan dan klaimnya berlebihan, dan bagaimana bentuk dan teksturnya.

2. Pahami produk dengan baik

Untuk bisa sukses menjual kosmetik secara online, tentu harus memahami produk yang dijual dengan baik. Mulailah dengan mencari tahu asal-usul produk dan memilih distributor atau pemasok yang terpercaya. Jika perlu, kenali kelebihan produk lebih dalam, seperti bahan aktif yang terkandung di dalamnya, apakah bebas paraben, alkohol, parfum, atau tidak mengandung bahan yang dites pada hewan. Biasanya, merek kosmetik dan perawatan kulit memperkenalkan produk mereka dengan menekankan fungsi dan bahan aktif apa saja yang digunakan.

3. Fokus pada nice yang spesifik

Alih-alih mencoba menargetkan banyak segmen pasar, lebih baik fokus pada satu niche produk. Hal ini akan membuat strategi pemasaran lebih efektif. Membangun merek yang mengkhususkan diri pada niche tertentu akan membuatnya lebih dikenal dan diakui.

Misalnya, Hada Labo, merek perawatan kulit dari Jepang, fokus pada produk-produk yang tidak mengandung bahan tambahan seperti pewangi, pewarna, alkohol, mineral oil, dan paraben.

Dengan mengetahui karakteristik produk, maka akan meningkatkan kredibilitas kita. Hal ini akan membuat mereka tertarik mengetahui lebih banyak tentang merek kita.

4. Kenali segmen pasar

Analisis karakteristik pasar yang ditargetkan agar strategi pemasaran lebih efektif. Misalnya, jika ingin menargetkan segmen pasar remaja, cari tahu apa yang mereka sukai melalui tren di media sosial.

Selain itu, perhatikan juga persaingan di pasar tersebut. Apakah banyak penjual yang menjual produk serupa? Mudahkah menjual lain untuk masuk ke pasar tersebut? Pahami hal-hal ini agar kita mengetahui positioning kita di pasar tersebut.

5. Buat perencanaan keuangan

Jangan lupa untuk membuat perencanaan keuangan dan mencatat semua pengeluaran dan pemasukan dengan lengkap.

Hal ini akan membantu melacak cash flow uang yang dialokasikan. Pastikan juga tetap berpegang pada perencanaan anggaran yang telah ditetapkan.

Pertimbangkan juga biaya pemasaran, biaya pengiriman, dan biaya lainnya yang terkait dengan operasional bisnis. Dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik, maka bisnis bisa berjalan dengan lebih efisien dan menghindari masalah keuangan di masa depan.

6. Gunakan platform online yang tepat

Pilih platform online yang sesuai untuk menjual produk kosmetik. Beberapa platform yang populer di Indonesia termasuk Shopee, Tokopedia, TikTok Shop dan Lazada.
Jika perlu, bisa mempertimbangkan untuk memiliki situs web atau toko online sendiri untuk membangun kredibilitas dan awareness merek.

Pastikan untuk memperhatikan tampilan produk, deskripsi yang menarik, dan foto yang berkualitas HD agar produk terlihat profesional dan menarik bagi calon pembeli.

Selain langkah-langkah tersebut, penting juga untuk memperhatikan pelayanan yang baik, ramah dan fast respon.

Tanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat. Berikan informasi yang jelas tentang pengiriman, kebijakan pengembalian, dan garansi produk.

Dengan memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan, maka kepercayaan akan terbangun dan pelanggan akan lebih loyal.

Ingatlah, menjalankan bisnis online membutuhkan waktu yang panjang dan konsistensi. Lakukan promosi melalui media sosial, berinteraksi dengan pelanggan, dan terus memperbarui pengetahuan tentang tren dan inovasi di industri kosmetik saat ini.

Dengan kesabaran, dedikasi, dan strategi yang tepat, bukan tidak mungkin kita dapat mencapai kesuksesan dan bisnispun terus berkembang.

Scroll to Top