Home » Pelajaran » Olahraga & Kesehatan » Berdiri dengan Kedua Tangan disebut dengan Gerakan?

Berdiri dengan Kedua Tangan disebut dengan Gerakan?

berdiri dengan kedua tangan disebut dengan gerakan 5063

Berdiri dengan kedua tangan disebut dengan gerakan​? Banyak gerakan yang digunakan dalam senam lantai. Salah satu gerakan tersebut adalah berdiri dengan kedua tangan. Meski gerakan ini cukup dikenal, namun banyak juga lho yang tidak tahu istilah gerakan ini.

Nah, untuk kamu yang belum tahu, istilah atau nama gerakan berdiri dengan kedua tangan disebut dengan gerakan handstand

Apa itu gerakan handstand?

Handstand adalah gerakan berdiri terbalik menggunakan kedua tangan. Pose ini adalah gerakan yang dapat berguna untuk melatih kekuatan tubuh. Bagi sebagian orang, gerakan ini terasa menantang.

Handstand sering diremehkan dan kebanyakan orang berpikir mereka bisa melakukannya. Namun nyatanya, tidak semua orang bisa melakukannya.

Meskipun gerakan handstand memiliki banyak manfaat, namun tidak boleh dilakukan secara sembarang. Sekilas, manfaat handstand adalah untuk melatih keseimbangan, meluncurkan sirkulasi peredaran darah dan meningkatkan resistensi tubuh.

Handstand dapat dilakukan secara rutin dan menjadi bagian dari gerakan olahraga sehari-hari di rumah.

Manfaat melakukan gerakan handstand

1 .Merangsang sistem endokrin

Handstand membantu merangsang seluruh sistem endokrin. Setelah tubuh berada dalam posisi terbalik dengan kaki di atas dan kepala berada di bawah, maka hal ini bisa merangsang kelenjar hipofisis di kepala yang membantu titik setel untuk menjaga berat badan yang sehat.

Pembalikan posisi ini bisa membawa darah ke kelenjar tiroid dan membantu mengatur produksi T3 dan T4, yang juga mempengaruhi metabolisme.

2. Membangun kekuatan tubuh bagian atas

Handstand membutuhkan kekuatan tubuh bagian atas khususnya membantu membangun otot-otot besar yang digunakan untuk mempertahankan posisi tersebut.

Otot ini termasuk Pectoralis dada, bagian depan bahu, deltoid anterior, bagian belakang bahu, dan deltoid posterior. Ketika melakukan headstand, tubuh juga membangun kekuatan otot dari otot-otot besar punggung seperti: Latissimus dan Trapezius.

3. Membantu menghilangkan depresi

Handstand membawa darah ke kelenjar adrenal sehingga bisa membantu mengurangi produksi kortisol yang merupakan hormon stres pada tubuh.

Handstand adalah bagian dari gerakan yoga di mana gerakan ini bisa membantu membantu mengurangi depresi ringan. Dengan membawa darah ke kepala, gerakan juga bisa meringankan sakit kepala ringan, dan meningkatkan sistem pencernaan.

4. Membangun kekuatan inti tubuh

Salah satu manfaat terbesar yang dapat diperoleh dari melakukan handstand setiap hari adalah membangun kekuatan inti tubuh. Membalikkan posisi badan dan berdiri dengan tumpuan berat di tangan, maka akan memaksa tubuh memperkuat kekuatan inti tubuh.

Dibutuhkan kekuatan lebih untuk membantu menggerakkan otot-otot perut dan punggung untuk tetap tegak dan seimbang saat melakukan handstand. Gerakan handstand memiliki manfaat yang sama seperti sit-up di mana gerakan tersebut bisa memperkuat otot perut.

5. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Jika pernah mencoba handstand, maka kamu akan dituntut untuk memiliki keterampilan balancing tubuh yang baik sehingga tubuh ka bisa berdiri tegak. Melakukan headstand dapat melatih keseimbangan tubuh yang kuat. Dengan kemampuan menyeimbangkan diri yang baik, otot-otot akan bereaksi secara alami agar bisa menjaga posisi untuk tetap tegak.

6. Membantu kesehatan tulang

Secara teknis hand satan dapat membantumu latihan menahan beban dan memperkuat tulang. Handstand juga berguna melatih dan menjaga tulang belakang tetap tegak dan kuat, seperti juga pada tulang bahu, lengan, dan pergelangan tangan.

Nah, itulah penjelasan mengenai gerakan berdiri dengan kedua tangan atau yang biasa disebut dengan gerakan​ handstand.