Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial dan Contohnya

Bentuk-bentuk perubahan sosial dan contohnya – Sebelum membahas mengenai bentuk perubahan sosial dan contohnya, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai pengertian perubahan sosial. Apa sih sebenarnya perubahan sosial itu? Dan, apa saja pengaruhnya untuk masyarakat?

Nah, berikut ini penjelasan singkat mengenai apa itu perubahan sosial.

Pengertian perubahan Sosial

Perubahan Sosial merupakan perubahan yang terjadi pada tatanan keadaan sosial di masyarakat yang bisa terjadi pada aspek kultural dan struktural yang terkadang sulit untuk dihindari.

Menurut Soerjono Soekanto, perubahan sosial bisa diartikan sebagai berikut:

Perubahan sosial merupakan beberapa perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di suatu lingkungan masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, adapun hal itu termasuk nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok masyarakat tersebut.

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian perubahan sosial, lanjut ke pembahasan selanjutnya mengenai bentuk-bentuk perubahan sosial.

Bentuk-bentuk perubahan sosial dan contohnya

1. Bentuk perubahan sosial berdasarkan waktu saat terjadinya

Perubahan sosial yang terjadi dalam tempo waktu yang lambat (evolusi), bentuk perubahan sosial ini adalah perubahan yang berlangsung lama atau lambat. Contohnya: Perubahan mata pencaharian manusia dari berburu menjadi pertanian dan berternak hewan sendiri.

Perubahan sosial Cepat (revolusi), yaitu perubahan sosial yang terjadi dalam waktu yang relatif singkat dan cepat. Contohnya: Kemerdekaan Indonesia dari Jepang.

2. Bentuk perubahan sosial berdasarkan intensitas pengaruhnya

Perubahan sosial kecil, perubahan yang dampaknya tidak terlalu dirasakan langsung oleh masyarakat luas. Contohnya: Perubahan dalam mode rambut dan pakaian.

Perubahan sosial besar, perubahan yang dampaknya dirasakan oleh masyarakat secara luas. Contoh: Penemuan Internet.

3. Perubahan sosial berdasarkan penyebabnya

Perubahan yang diinginkan atau direncanakan, yaitu perubahan yang telah direncanakan sebelumnya untuk tujuan tertentu, sering disebut perubahan yang yang direncanakan. Contohnya: Program Keluarga Berencana.

Perubahan yang tidak diinginkan atau tidak direncanakan, yaitu perubahan yang terjadi tanpa perencanaan atau terjadi secara alami. Contoh: bencana alam seperti gempa bumi.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai bentuk-bentuk perubahan sosial dan contohnya.

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?