Home ยป Bagaimana Cara Menghormati Orang Tua dan Guru Jelaskan

Bagaimana Cara Menghormati Orang Tua dan Guru Jelaskan

  • by

Bagaimana cara menghormati orang tua dan guru jelaskan – Kita memang diharuskan untuk menghormati orang tua. Karena jasa mereka yang besar, mulai dari merawat, membesarkan kita hingga kini, membimbing kita dan memberikan kita semua yang terbaik untuk kita, maka kita harus menghormati mereka.

Bagaimana cara menghormati orang tua dan guru jelaskan?

Nah, tak hanya orang tua saja, ibu dan bapak guru di sekolah juga harus kita hormati. Karena mereka adalah orang tua kita di sekolah. Lantas, bagaimana cara menghormati orang tua dan guru jelaskan?
Untuk mempermudah, kita akan membahas terlebih dahulu cara menghormati orang tua.

1. Tidak berkata kasar pada orang tua

Seorang anak tidak boleh berkata kasar kepada orang tua mereka. Orang tua adalah orang yang paling penting dalam hidup kita, maka kita harus berbicara kepada mereka dengan kasih sayang dan rasa hormat.

2. Jangan menaikkan suara berkata kasar ketika berbicara dengan orang tua.

Seperti disebutkan dalam Surat al-Isra ‘ayat 23 dan 24 di atas, kita diperintahkan tidak berkata kedua orang tua dengan kasar bahkan dengan nada keras. Memang sedikit mengatakan ‘ah’ kepada orang tua akan membuat hati mereka terluka. Jadi, kita harus berhati-hati terhadap kata-kata atau kalimat yang keluar dari mulut kita ketika berbicara pada orang tua. Gunakan kata-kata yang lembut dan sopan yang akan meyakinkan mereka.

3. Selalu meminta izin dan persetujuan orang tua

Sebagai seorang anak, kita harus bertanya dan meminta izin atau persetujuan orang tua sebelum melakukan kegiatan. Dengan meminta izin dan semoga hal apapun itu bisa menjadi berkah untuk diri kita. Selain itu doa-doa dari orang tua lebih dijabah oleh Allah. Maka, sebaiknya selalu mencium tangan mereka ketika akan beraktifitas dan meminta restu dari orang tua terlebih dahulu agar dipermudah dan lancar.

4. Mengutamakan orang tua dalam urusan dunia

Kita tidak boleh menempatkan urusan diri kita dari orang tua jika itu berurusan dengan dunia. Misalnya, untuk hanya makan, minum, atau hal-hal duniawi lainnya akan lebih baik jika kita mengutamakan orang tua terlebih dahulu.

Lalu bagaimana bagaimana cara menghormati guru, jelaskan?

1. Selalu mengucapkan salam

Banyak siswa saat ini sulit untuk menyapa saat bertemu dengan guru. Malas atau malu jadi yang dia lakukan adalah tersenyum atau bahkan kabur enggan untuk melihat guru di jalan. Tahu Sikap seperti itu tidak sopan dan tidak menghormati guru. Sebagai murid yang baik, kamu harus menyapa ketika melihat guru di mana pun dan bagaimana keadaan apa pun.

2. Antusias mendengarkan guru ketika mengajar

Antusias atau mendengarkan materi dengan baik yang diajarkan oleh guru adalah bentuk menghormati mereka. Pada waktu belajar, kamu harus mendengarkan dengan seksama. Jangan atau bermain dengan teman sebelah karena itu tidak menghormati guru.

3. Berbicara dengan lembut dan berkata baik

Memang, guru buka orang tua biologis kita, tapi mereka adalah orang tua kamu di sekolah. Mereka yang mendidik kita dengan penuh keikhlasan. Sehingga sebagai seorang siswa kita juga dituntut untuk tidak berkata keras di depan mereka. Sebagai bentuk penghormatan terhadap guru berbicaralah dengan lembut dan sopan. Jangan menjerit dan berteriak.

4. Mendengar nasihat guru

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, guru adalah ibu dan bapak kita saat di sekolah. Maka sebaiknya kita juga senantiasa menerima arahan dan nasihat mereka. Tujuan mereka tentunya ingin kita menjadi orang yang berguna dan lebih baik saat dewasa nanti.

Itulah jawaban dari bagaimana cara menghormati orang tua dan guru, serta penjelasannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *