Cara Mengatasi Lupa User ID Livin Mandiri dengan Metode Sederhana
Daftar Isi
Livin Mandiri adalah aplikasi khusus yang diluncurkan oleh Bank Mandiri untuk nasabahnya. Tujuan aplikasi ini adalah untuk memudahkan segala transaksi keuangan secara online. Agar bisa masuk ke aplikasi ini, maka dibutuhkan user ID yang dibuat oleh nasabah. Lalu, bagaimana jika lupa user ID Livin Mandiri dan tidak bisa masuk ke sistemnya?
Untuk menjawab pertanyaan ini, maka ada beberapa langkah dasar yang bisa diterapkan. Lupa pada user ID sangatlah wajar. Lalu untuk solusinya sendiri, ada sistematika tertentu yang bisa diterapkan. Penasaran bagaimana cara menanggulangi lupa pada user ID ini? Simak urutan caranya secara mendetail berikut ini:
[Iklan]
Masuk ke Aplikasi Livin Mandiri
Langkah paling awal yang harus diterapkan adalah membuka aplikasi Livin Mandiri secara online. Setelah masuk ke halaman utamanya, pastikan untuk menuju tombol “Lupa User ID”. Langsung saja pencet tombolnya agar sistem bisa mengarahkan ke halaman baru untuk mulai menemukan user ID yang lupa.
Masukkan Data yang Diperlukan
Setelah diberikan halaman baru, maka tiap pengguna harus mengisi beberapa data yang diperlukan. Poin data pertama yang harus ada adalah nomor kartu ATM yang dipakai. Nomor ini terdiri dari 16 kombinasi angka. Pastikan untuk melakukan pengisian komponen ini tanpa ada kesalahan agar prosesnya berjalan lancar.
Kemudian, isikan juga komponen valid thru yang ada di kartu ATM. Tambahkan juga tanggal lahir yang dimiliki sesuai dengan yang didaftarkan di bank. Dua komponen ini juga harus diisi dengan baik tanpa ada yang terlewat. Jika satu komponen saja terlewat, maka proses pengurusannya bisa terganggu dan user ID tidak bisa didapat.
Lakukan Verifikasi SMS
Cara menangani lupa user ID Livin Mandiri selanjutnya adalah dengan melakukan verifikasi via SMS. Jika semua data di atas sudah diisikan, maka langkah selanjutnya adalah memencet tombol “Lanjut” yang tersedia. Nantinya, sistem akan membawa pengguna menuju aplikasi SMS yang sudah tertera kombinasi pesan di dalamnya.
Langsung saja kirim kode yang tersedia ke nomor 3355. Langkah ini wajib hukumnya untuk dilakukan. Jika proses verifikasi tidak dilakukan, maka user ID tidak akan bisa diproses. Setelah mengirim pesan ini. maka harus menunggu dulu sampai ada konfirmasi lanjutan dari pihak Mandiri. Proses menunggu ini tidak akan lama asal sinyal stabil.
Masukkan MPIN
langkah lanjutan yang bisa dilakukan adalah memasukkan MPIN. Komponen ini akan diberikan oleh sistem. Ikuti saja panduan yang ada dan masukkan komponen datanya di tempat yang sudah tersedia. Tujuan memasukkan MPIN ini adalah untuk proses otentikasi pihak Bank Mandiri kepada nasabah yang user ID-nya lupa.
Karena komponen ini penting, maka pastikan untuk memasukkannya dengan benar. Jika ada kesalahan, maka sistem akan meminta pengiriman ulang. Namun jika kesalahannya terus berulang, biasanya akan ada konfirmasi lanjutan dari pihak sistem untuk proses lanjutannya. Bisa jadi, pengguna harus menunggu lebih lama untuk hal ini.
Simpan User ID yang Sudah Didapat
Jika proses memasukkan MPIN sudah benar, maka pihak sistem akan memberikan konfirmasi lanjutan. Nantinya, user ID yang dimiliki akan ditampilkan di layar pengguna. Pastikan untuk menyimpan data ini dengan benar agar saat lupa bisa langsung melihatnya. Kalau perlu, catat di tempat tertentu yang mudah untuk ditemukan.
Daftar cara untuk menemukan user ID yang lupa di atas tentunya bisa diikuti dengan baik. Jadi, jika lupa user ID Livin Mandiri langsung saja menerapkan semua metode langkah di atas. Pastikan untuk tidak melewatkan satu langkah pun. Jika ada yang terlewat, maka prosesnya bisa terhambat dan user ID tidak bisa didapat.