Home » Pelajaran » Sosiologi » Apakah yang Dimaksud dengan Kebudayaan? Ini Penjelasan Para Ahli

Apakah yang Dimaksud dengan Kebudayaan? Ini Penjelasan Para Ahli

  • by
apakah yang dimaksud dengan kebudayaan ini penjelasan para ahli 4199 3

Apakah yang dimaksud dengan kebudayaan? – Istilah budaya sering terdengar dalam kehidupan sehari-hari. Kita tentu terbiasa dengan kata budaya karena Indonesia sendiri adalah negara yang kaya akan budaya dari setiap sudut wilayahnya. Lantas, apakah yang dimaksud dengan kebudayaan?

Menurut buku Pengantar Antropologi (1991) karya Koentjaraningrat, budaya adalah seluruh sistem pemikiran, ide, tindakan, dan karya-karya manusia di kehidupan bermasyarakat berdasarkan kerangka berpikir melalui proses belajar. Dapat dipahami, bahwa budaya yang berada di tengah-tengah masyarakat, muncul dari perilaku, dan belajar. Jadi, budaya tidak muncul begitu saja, tetapi muncul karena dipelajari.

Apakah yang dimaksud dengan kebudayaan menurut para ahli

Sebagai masyarakat yang hidup dalam keanekaragaman budaya kita harus memahami pemahaman tentang budaya sehingga kita mencintai budaya yang kita miliki. Kita dapat memahami budaya melalui pemahaman budaya menurut para ahli.

Kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari Buddhi yang berarti pikiran atau alasan. Sedangkan dalam bahasa Latin, yaitu colere yang berarti pemrosesan atau bekerja.

Istilah budaya itu sendiri juga digunakan dalam bahasa Indonesia dengan kata penyerapan “budaya”. Budaya dikaitkan dengan bagian Budi dan Manusia. Budaya adalah pola atau cara hidup yang terus tumbuh oleh sekelompok orang dan diwarisi untuk generasi berikutnya.

Beberapa ahli telah mendefinisikan makna budaya sesuai dengan pemahaman dan pengetahuan masing-masing. Definisi budaya menurut para ahli digunakan sebagai referensi bagi banyak orang yang ingin belajar lebih banyak tentang budaya. Definisi budaya menurut para ahli dapat memudahkan kita untuk memahami makna budaya dan dapat mendefinisikannya sesuai dengan pemahaman kita sendiri.

Pemahaman tentang budaya menurut para ahli ini dapat berupa referensi dalam memahami pemahaman makna kebudayaan.

Sebagian besar ahli ini adalah sosiolog, antropolog, atau psikolog. Berikut adalah pemahaman budaya menurut para ahli dari berbagai sumber.

1. E.B Taylor

Antropolog Inggris bernama E.B Taylor mendefinisikan budaya sebagai hal yang kompleks, mencakup pengetahuan tentang kepercayaan, seni, moral, hukum, dan lainnya yang diperoleh oleh manusia sebagai bagian dari masyarakat

2. Kluckhohn dan Kelly

Definisi budaya menurut Clyde Kluckhohn dan William Henderson Kelly dalam bukunya yang membahas konsep budaya adalah semua desain langsung yang diciptakan secara historis baik secara eksplisit, implisit, rasional, maupun irasional, yang ada pada waktu-waktu tertentu sebagai panduan perilaku manusia.

3. Louise Damen

Louise Damen menuliskan bahwa budaya mempelajari berbagai pola atau model manusia untuk hidup. Seperti halnya juga gaya hidup sehari-hari. Pola dan model ini mencakup semua aspek interaksi sosial manusia. Budaya adalah mekanisme adaptasi utama umat manusia.

4. Geert Hofstede

Menurut Geert Hofstede seorang psikolog sosial Belanda dalam bukunya Budaya Nasional dan Budaya Korporat. Di L.A. Samovar & R.e. Porter (EDS.), Komunikasi antara budaya, kebudayaan adalah pemrograman kolektif pemikiran yang membedakan sekelompok orang dengan kelompok lain.

5.Ralph Linton

Antropolog Amerika pada abad ke-20, Ralph Linton mendefinisikan budaya dalam bukunya latar belakang kepribadian. Menurutnya, budaya adalah perilaku yang diteliti dan hasil perilaku tersebut terdiri dari berbagai elemen. Komponen budaya tersebut dibagi dan ditularkan oleh anggota masyarakat tertentu.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai jawaban apakah yang dimaksud dengan kebudayaan itu.