Apa yang Dimaksud Tempo Lagu? Ini Penjelasannya

Apa yang dimaksud tempo lagu? Setiap lagu memiliki tempo yang digunakan untuk mengukur kecepatan lagu. Tempo juga sering ditafsirkan sebagai ritme.

Untuk detail lebih lanjut, berikut ini penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan tempo lagu.

Apa yang dimaksud dengan tempo lagu?

Secara umum, yang dimaksud dengan tempo lagu adalah kecepatan lagu. Semakin tinggi tempo lagu, maka lagu tersebut akan lebih cepat. Sebaliknya, apabila tempo lagu yang dimainkan lebih rendah maka lagu tersebut akan lebih lambat.

Tempo digunakan untuk mengukur ketukan per menit, seberapa cepat lagu tersebut ketika musik diputar atau dinyanyikan.

Tempo dapat dijelaskan dengan angka atau dengan kata. Jika menggunakan angka, maka hal itu bisa dijelaskan dalam bentuk BPM atau “ketukan per menit”, yang dapat dilihat dengan menggunakan metronom digital. 120 BPM merupakan tempo lagu yang cukup standar. Umumnya, lagu-lagu populer memiliki tempo di kisaran 100-120 bpm.

Sementara itu, dalam musik klasik, tempo biasanya lebih dijelaskan dengan kata-kata daripada angka. Ada satu istilah standar yang digunakan dalam musik klasik. Contohnya, Presto ke Adagio.

Cara menghitung tempo lagu

1. Dengan membacanya

Dalam selembar musik, biasanya tempo dapat ditemukan di kanan atas halaman, tepat di bawah judul. Tempo lagu hampir selalu ditulis dalam bahasa Italia daripada BPM. Namun, sebagian besar metronom bisa membantu menerjemahkan.

2. Dengan mendengarkannya

Cara menghitung tempo lagu bisa dilakukan dengan mendengarkan lagu tersebut. Cukup dengan tepukan atau ketukan kaki, kemudian perhatikan seberapa cepat suara lagu atau alunan musik tersebut. Untuk menerjemahkannya ke dalam BPM, kamu bisa menggunakan aplikasi metronom atau situs web dengan fitur “Ketuk”. Setelah itu, komputer akan menerjemahkannya ke dalam BPM.

Itulah penjelasan mengenai apa yang dimkasud dengan tempo lagu dan bagaimana cara menghitungnya.