Apa yang dimaksud teks eksplanasi

Apa yang Dimaksud Teks Eksplanasi? Ini Penjelasan Contohnya

Apa yang dimaksud teks eksplanasi? Nah, apakah kamu pernah membaca teks atau berita tentang bencana alam seperti gempa bumi atau tsunami?

Atau apakah kamu pernah membaca teks dari peristiwa terjadinya demonstrasi di daerah kamu tinggal?

Yap, teks yang berisi informasi itu disebut teks eksplanasi atau teks penjelasan. Jadi, apa yang dimaksud teks eksplanasi?

Apa yang dimaksud teks eksplanasi, ini Pengertiannya

Pengertian teks eksplanasi adalah teks yang menggambarkan terjadinya atau pembentukan fenomena alam atau sosial. Teks eksplanasi juga merupakan gambaran tentang peristiwa atau aktivitas yang muncul karena adanya peristiwa lain sebelumnya dan insiden tersebut mengakibatkan kejadian setelah lainnya.

Contoh teks eksplanasi

Tsunami adalah istilah yang berasal dari Jepang, terdiri dari dua kata yaitu tsu dan nami berarti ‘pelabuhan’ dan ‘gelombang’. Para ilmuwan menafsirkannya sebagai gelombang atau gelombang laut pasang yang diakibatkan oleh peristiwa gempa.

Tsunami adalah gelombang laut yang datang dengan cepat dan tiba-tiba menghantam wilayah pesisir. Gelombang terbentuk sebagai hasil dari aktivitas seismik atau terjadinya letusan gunung berapi di bawah laut.

Jumlah gelombang tsunami menyebabkan banjir dan kerusakan saat menghantam pantai dan daratan.

Tsunami terjadi ketika permukaan dasar laut naik dan turun selama gempa berlangsung. Hal ini mengakibatkan terganggunya keseimbangan air laut.

Sehingga, akan mengakibatkan gelombang besar. Beberapa saat terjadi gempa, air laut akan surut. Setelah air surut, kembali air laut menuju daratan dalam bentuk gelombang besar.

Selain itu, pembentukan tsunami juga disebabkan oleh letusan Gunung Merapi di dasar laut. Letusan menyebabkan pergerakan tinggi air laut atau air di sekitarnya.

Semakin besar tsunami, semakin besar banjir atau kerusakan yang ditimbulkan saat menghantam pantai. Tsunami telah menjadi salah satu bencana yang menyebabkan kerusakan besar untuk manusia.

Kerusakan terbesar terjadi ketika tsunami melanda pusat populasi atau tempat tinggal, sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya. Oleh karena itu, kita harus selalu waspada dan mempersiapkan diri untuk bencana ini.

Untungnya, tidak semua tsunami membentuk gelombang besar. Selain itu, tidak semua letusan gunung berapi atau gempa bumi akan diikuti dengan tsunami.

Struktur teks eksplanasi

Dari contoh teks eksplanasi di atas, kita dapat melihat bahwa struktur teks penjelasan adalah:

1. Pernyataan umum

Berisi penjelasan umum dari fenomena yang akan dibahas, dapat meliputi pengenalan atau penjelasan dari fenomena tersebut. Dalam contoh di atas teks. Penjelasan umum ditulis dalam teks ini dalam bentuk gambaran umum dari tsunami, mengapa tsunami terjadi, dan bagaimana proses kejadian tsunami dapat terjadi.

2. Penjelasan

Berisi penjelasan mengapa tsunami terjadi atau diciptakan, di mana penjelasan ini dapat berisi lebih dari satu paragraf. Deretan penjelasan atau deskripsi ini berfungsi untuk menggambarkan dan merencanakan penyebab dan akibat dari tsunami tersebut.

3. Interpretasi (opsional)

Penutup teks memang bukan keharusan. Penutup teks dalam teks eksplanasi ini dimaksudkan sebagai esensi atau kesimpulan dari pernyataan umum dan penjelasannya.

Kesimpulan ini dapat berupa tanggapan menarik tentang pernyataan dalam teks eksplanasi tersebut.

Dari penjelasan eksplanasi di atas, dapat disimpulkan jika teks eksplanasi adalah peristiwa fakta atau nyata yang benar-benar terjadi dan bukan fiksi.

Jadi, berita bohong atau hoax yang bukan tentang fenomena alam dan sosial tidak termasuk dalam teks eksplanasi. Sudah jelas, bukkan?