Home » Pelajaran » BahasaIndonesia » Apa yang Dimaksud Saran?

Apa yang Dimaksud Saran?

apa yang dimaksud saran 5177 1

Apa yang dimaksud dengan saran? Setiap orang pasti membutuhkan saran atau masukan dari orang lain untuk membantunya memecahkan masalah yang dihadapinya. Tak hanya membantu mencarikan solusi, saran juga bisa menjadi sarana membangun kepribadian atau hal-hal lainnya sehingga menjadi lebih baik. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan saran?

Saran merupakan solusi yang ditujukan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang dihadapi seseorang. Tak hanya sekedar mencari solusi, saran harus bersifat membangun, mendidik, dan secara objektif sesuai dengan topik atau masalah yang dihadapinya tanpa harus memunculkan masalah baru atau masalah lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), saran adalah pendapat (saran, opini, atau harapan) yang disampaikan untuk dipertimbangkan sebagai solusi dari masalah yang dihadapi. Saran sendiri merupakan kalimat yang diungkapkan oleh pemberi saran kepada penerima saran yang berisi pendapat dan harapan sehingga situasi dapat menjadi lebih baik.

Memberikan saran dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak melihat usia atau jenis kelamin, baik anak-anak ke orang tua, siswa untuk guru, guru kepada siswa, sesama teman, sesama kolega, tetangga dan lainnya. Tetapi dalam memberikan saran haruslah dengan cara yang baik, ada hal-hal yang harus dilakukan, salah satunya tidak menggunakan kata-kata yang menyinggung penerima saran.

Berikut ini tips yang dapat dilakukan dalam memberikan kalimat saran yang baik:
Buat kalimat yang memotivasi dengan bahasa yang sopan
Berikan saran yang berisi solusi untuk penerima saran sehingga masalah yang dihadapinya bisa terselesaikan.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai saran dan pembahasan mengenai apa yang dimaksud saran.