wapt image 704

Apa yang Dimaksud dengan Sejarah sebagai Cerita dan Peristiwa?

Apa yang dimaksud dengan sejarah? Sebenarnya belajar sejarah itu menjadi kewajiban bagi setiap orang. Salah satu contoh seperti mencari tahu bagaimana kita sebagai seorang anak, bagaimana ayah dan ibu pertama, serta cerita di lingkungan kita di masa lalu. Tapi, apakah kamu tahu arti sejarah sebagai cerita dan peristiwa? Pada artikel ini kita akan membahas dua hal tersebut, mari kita lihat beberapa penjelasan apa yang dimaksud dengan sejarah.

Apa yang dimaksud dengan sejarah sebagai cerita dan peristiwa

1. Sejarah sebagai cerita

Sebuah cerita dikatakan sejarah karena cerita tentang peristiwa masa lalu ini busa dibangun kembali. Banyak orang yang mencoba untuk menafsirkan dan juga membangun kembali kenangan dari peristiwa masa lalu. Sejarah gambar masa lalu sebagai individu, serta makhluk sosial.

Peristiwa itu kemudian diwujudkan melalui fakta-fakta ilmiah berdasarkan peristiwa pada waktu itu. Kemudian fakta tersebut ditafsirkan dan dijelaskan secara rinci, sehingga dapat memberikan pengertian kepada kita tentang apa yang terjadi di masa lalu.

Peristiwa ini diperoleh dan disusun dari berbagai sumber untuk interpretasi kembali. Hasil interpretasi diceritakan kembali kepada generasi berikutnya, seperti kita. Banyak cerita dari peristiwa, diceritakan kembali oleh sejarawan dengan interpretasi yang berbeda. Sejarawan memiliki cara sendiri untuk menafsirkan sejarah, biasanya disesuaikan dengan konteks zaman.

Banyak orang yang mengetahui peristiwa sehari-hari sebagai sebuah cerita. Banyak orang yang berbicara tentang sejarah, memiliki kepribadian yang berbeda. Dalam menyusun kisah-kisah sejarah sebagai cerita, mereka berpendapat bahwa cerita-cerita mereka dapat dipercaya dan obyektif.

Pada dasarnya, setiap orang yang menceritakan sejarah, mau tidak mau mereka akan dipengaruhi oleh sifat-sifat mereka sendiri. Secara tidak langsung, setiap cerita yang dibuat, tentu tidak bisa langsung dikatakan memiliki tujuan.

2. Sejarah sebagai peristiwa

Apa sejarah itu sebagai peristiwa? Sejarah adalah fakta yang berasal dari masa lalu, adalah kejadian nyata dan benar-benar terjadi pada saat itu. Sejarah merupakan penggambaran peristiwa masa lalu, pengalaman yang lebih khusus pada diri manusia. Kemudian peristiwa yang disusun secara ilmiah, di mana gambaran tersebut, kemudian diberi interpretasi, kritis, dianalisis sehingga mudah dimengerti dan dipahami.

Peristiwa dalam sejarah itu benar-benar harus terjadi di masa lalu, ya, dan dari sumber-sumber sejarah yang bisa dipercaya. Secara umum, manusia tidak ingat seluruh kejadian dialaminya, dia juga tidak selamanya ingat secara penuh akan sebuah peristiwa. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa banyak peristiwa di masa lalu yang kemudian hilang.

Untuk merekam peristiwa sejarah, menulis menjadi alat yang banyak digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi dan mengekspresikan pikirannya. Melalui tulisan, pikiran-pikiran manusia akan hidup jauh lebih lama, dibandingkan dengan hanya ucapan lisan. Melalui tulisan atau orang dapat mengingat dan meningkatkan pengetahuan mereka. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang ingin merekam peristiwa atau kejadian yang dialami dengan menulis. Dengan demikian, sejarah sebagai sebuah peristiwa dapat diverifikasi, dan meminimalkan kesalahan yang terjadi dari peristiwa sejarah tersebut.

Nah, itulah jawaban dari apa yang dimaksud dengan sejarah baik sejarah sebagai cerita maupun sebagai peristiwa.