Apa yang Dimaksud dengan Presentasi?

Apa yang Dimaksud dengan Presentasi?

Apa yang dimaksud dengan presentasi? Presentasi adalah kegiatan berbicara di depan orang banyak atau salah satu bentuk komunikasi. Presentasi bisa sebagai bentuk penyampaian pengajuan kegiatan, pendapat atau informasi kepada orang lain. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dilakukan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dilakukan dalam bidang bisnis atau akademis.

Pengertian presentasi

Presentasi merupakan kegiatan berbicara di depan banyak audiens. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dilakukan dalam acara formal seperti acara keagamaan dan acara politik, presentasi lebih sering dilakukan dalam lingkup pendidikan dan bisnis.

Tujuan dari presentasi cukup beragam, misalnya, untuk membujuk (biasanya dilakukan oleh seorang tenaga penjualan), untuk memberikan informasi (biasanya oleh seorang ahli), atau untuk meyakinkan (biasanya dilakukan oleh seseorang yang ingin berdebat atau mengutarakan pendapat tertentu).

Agar bisa menyajikan presentasi, orang biasanya belajar dengan konsultan atau profesional dibidang presentasi dan komunikasi. Ada banyak juga pembicara terkenal yang bisa dijadikan panutan oleh orang-orang yang ingin tahu bagaimana cara presentasi atau berbicara di depan umum.

Keterampilan berbicara di depan audiens sangat penting bagi siapa saja yang ingin maju dalam memperebutkan sebuah posisi. Misalkan presiden, manajer, tenaga penjualan, bahkan profesi guru pun harus bisa memiliki keterampilan yang sukses dan presentasinya.

Jenis-jenis presentasi

1. Presentasi Impromptu (mendadak atau langsung)

Presentasi ini adalah jenis presentasi yang dibuat secara tiba-tiba tanpa persiapan. Dalam hal ini, pembicara ditunjuk langsung untuk menyampaikan informasi kepada penonton, tanpa mempersiapkan segala sesuatu, apakah itu naskah pembicaraan, ataupun alat-alat yang digunakan, sehingga presentasi akan dilakukan secara spontan.

Ada beberapa pro dan kontra ketika menggunakan jenis presentasi dadakan seperti ini, seperti:

Keuntungan:

  1. Informasi yang disampaikan sesuai dengan perasaan yang sebenarnya dari pembicara
  2. Kata atau informasi yang keluar adalah hasil dari spontanitas sehingga membuat speaker terus berpikir untuk menyampaikan informasi

Kelemahan:

  1. Informasi yang disampaikan bisa terbata-bata, karena membutuhkan waktu untuk berpikir dan memproses kata-kata
  2. Informasi tidak berurutan / sistematis dalam penyampaiannya, karena memang pembicara akan tidak memiliki persiapkan ketika menyampaikan informasi
  3. Demam panggung bisa terjadi, karena tidak ada persiapan

2. Presentasi dengan naskah

Presentasi naskah adalah jenis presentasi di mana dalam menyampaikan informasi, pembicara melakukannya dengan membaca teks. Tidak sedikit orang dalam mengkomunikasikan informasi menggunakan teks. Setiap kata yang keluar adalah hasil dari script yang sudah dibuat, sehingga speaker kerap melakukan tugas lainnya yaitu membangun kontak mata dengan pendengar. Jadi dapat dikatakan pembicara tidaklah berbicara, namun hanya membaca.

Keuntungan:

  1. Pengiriman kata-kata yang dilakukan secara berurutan / sistematis
  2. Kata-kata yang keluar memiliki bahasa yang baik dan benar sehingga minim kesalahan dalam pengiriman

Kelemahan:

  1. Pendengar akan bosan mendengarkan
  2. Pendengar kurang termotivasi untuk mendengarkan
  3. Tidak semenarik dalam menyampaikan informasi
  4. Terlalu sibuk membaca naskah sehingga tidak melakukan kontak mata dengan penonton

3. Presentasi Menghafal (Memoriter)

Jenis presentasi ini dilakukan dengan menghafal teks-teks yang telah disediakan. Presentasi ini tidak menggunakan script dalam penyampaiannya, pembicara hanya melakukan persiapan dengan menghafal teks di mana isi dari informasi yang akan disampaikan.

Keuntungan dan kerugiannya sekilas mirip dengan naskah. Penyampain bisa saja lupa pada kata-kata script tersebut, maka presentasi yang dibuat bisa mengalami kegagalan.

4. Presentasi ekstempore

Jenis presentasi ini adalah jenis presentasi terbaik daripada jenis lainnya. Speaker mempersiapkan materi dengan memahami inti dari materi yang disampaikan, maka saat presentasi barulah akan dijelaskan secara rinci materi pembahasan yang ingin disampaikannya.

Keuntungan:

  1. Pembicara dapat menyampaikan informasi secara jelas, karena tidak ada persiapan sebelumnya
  2. Dapat menyampaikan secara sistematis / urutan
  3. Pembicara dalam menarik pendengar dengan improvisasi karena tidak dipandu oleh script atau hafalan, tetapi tetap tidak menyimpang dari garis besar materi,
  4. Speaker dapat melakukan kontak mata dengan penonton

Kelemahan:

  1. Pembicara perlu memiliki wawasan yang cukup tentang tema yang akan dibahas, memakan waktu yang lama dalam persiapan
  2. Untuk pemula, sulit dilakukan karena memerlukan keahlian dan pengalaman

Bagaimana membuat presentasi yang sukses?

1. Pahami tema atau informasi yang akan disampaikan

Banyak orang yang melakukan presentasi hanya bertujuan untuk menyampaikan informasi saja. Informasi / pesan yang disampaikan bisa normal, penting bahkan rahasia. Untuk itu, speaker harus menyampaikan informasi sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Dalam hal ini pembicara harus memiliki keahlian dan pengalaman yang sesuai.

2. Meyakinkan pendengar

Presentasi berisi informasi, data dan bukti secara logis sehingga menjadi informasi yang mudah dipahami kepada seseorang atau sekelompok orang agar merasa yakin. Maka penting bagi pembicara untuk bisa meyakinkan, orang / kelompok atau orang mempercayai dari informasi yang diberikan.

3. Pendengar bisa terhibur

Presenter dituntut untuk bisa menyampaikan informasi sekaligus menghibur audiens. Namun tetap relevan dan profesional. Karena memang, audiens bisa saja menjadi bosan jika penyampaian yang disampaikan terkesan monoton.

Tak harus dengan humor-humor ringan, menghibur bisa dengan menunjukan materi atau slide presentasi yang kreatif, sehingga bisa memotivasi dan menginspirasi pendengar saat mendengarkan speaker.

Nah, itulah jawaban dari apa yang dimaksud dengan presentasi beserta jenis-jenisnya.