Apa yang Dimaksud dengan Pola Lantai?

Apa yang dimaksud dengan pola lantai? – Sebagian dari kamu mungkin masih asing dengan istilah dan peran pola lantai dalam sebuah pertunjukan tarian? Untuk kamu yang belum tahu, berikut ini penjelasan mengenai pola lantai dalam sebuah tarian.

Apa yang dimaksud dengan pola lantai?

Pola lantai adalah garis dengan bentuk tertentu yang dilewatkan oleh penari saat melakukan gerakan tarian. Hal ini akan mempermudah para penari memahami formasi tarian yang mereka bawa. Pola lantai digunakan tidak hanya dalam tarian kelompok, tetapi juga dalam tarian individu.

Dengan kata lain, yang dimaksud dengan pola lantai adalah garis atau pola yang dibentuk sebagai pola bagi penari untuk bergerak, berpindah, atau bergeser ke posisi tertentu saat menampilkan pertunjukan tarian di atas panggung. Garis atau pola yang dimaksud adalah pola garis virtual atau imajiner yang dibuat oleh para penari saat melakukan gerakan tarian.

Pola lantai bisa disebut juga sebagai gerakan untuk membentuk suatu formasi dalam tarian. Biasanya, pola lantai digunakan pada tarian kelompok, atau yang dilakukan oleh banyak orang. Hal ditujukan untuk membuat pertunjukan lebih menarik, di mana pergerakan dan posisi dari para penari lebih tertata. Dengan demikian, pola lantai juga berfungsi meningkatkan estetika dalam pertunjukan tari.

Beberapa jenis pola lantai dalam tarian

Secara umum, ada dua jenis pola lantai dalam tarian, yaitu pola lantai garis lurus dan pola lantai garis lengkung. Selain memiliki bentuk yang berbeda, keduanya juga memiliki makna yang berbeda, yaitu sebagai berikut.

1. Pola lantai garis lurus

Pola lantai garis lurus dibagi menjadi garis lurus horizontal dan garis lurus vertikal. Jika dikembangkan lebih lanjut, garis ini akan menghasilkan pola lain seperti zig zag, diagonal dan sebagainya.

Garis lurus vertikal menunjukkan hubungan dengan Tuhan sebagai Pencipta. Sedangkan garis lurus horizontal menunjukkan hubungan antara manusia. Pola lantai garis lurus, bisa kita lihat pada tarian tradisional, seperti Saman dari Aceh, Bedhaya Jawa Keraton, serta tarian Kecak dari Bali.

Garis lurus yang dibuat oleh penari tidak hanya melambangkan hubungan antara manusia, tetapi juga dengan Sang Pencipta. Garis lurus juga ditafsirkan sebagai bentuk sikap jujur.

2. Pola lantai garis lengkung

Pola lantai garis lengkung dibagi menjadi pola garis lengkung atas, pola garis lengkung bawah, pola garis dalam bentuk lingkaran, pola garis membentuk angka delapan dan lainnya. Pola lantai ini disebut karena para penari akan membentuk garis melingkar, bentuk lengkungan, ataupun pola angka delapan.

Pola ini biasanya digunakan dalam tarian rakyat dan tradisional. Misalnya dalam tarian Kecak di Bali, Randai menari dari Minangkabau, dan tarian Gawi dari Flores yang membentuk lingkaran.

Unsur yang perlu dipertimbangkan dalam membentuk pola lantai

Pola lantai bisa meningkatkan daya tarik atau nilai estetika dari pertunjukan tari. Namun, untuk menentukan pola lantai yang tepat, kamu perlu mempertimbangkan dan memperhatikan unsur-unsur berikut.

1. Kekuatan

Kekuatan penari akan menentukan kecepatan dan akurasi dalam membentuk pola lantai. Oleh karena itu, seringkali penari juga membutuhkan latihan fisik untuk dapat menjaga kekuatan dan ketangkasannya selama pertunjukan.

2. Ukuran ruang pertunjukan

Hal ini penting untuk dipertimbangkan karena akan mempengaruhi kerapatan dan komposisi penari saat pertunjukan berlangsung.

3. Waktu

Dalam sebuah pertunjukan pasti ada durasi untuk setiap segmen atau peserta. Jadi, durasi pembentukan pola lantai dan perpindahan penari juga harus diperhitungkan agar tidak merusak urutan acara atau pertunjukan keseluruhan.

Fungsi pola lantai

  1. Membuat gerakan penari lebih harmonis dan sinkron
  2. Membuat penari tidak saling bertabrakan dengan penari lain, terutama dalam tarian yang dilakukan berkelompok
  3. Sebagai pembeda antara satu tarian dan tarian yang lain
  4. Membuat tarian terlihat lebih menarik
  5. Membuat penari lebih mudah menguasai panggung dan membuatnya terlihat lebih jelas oleh penonton

Itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan pola lantai, serta jenis dan fungsinya.